7 Poin Resolusi Di Tahun 2017

08.57 Ivonie Zahra 37 Comments


Akhir tahun 2016 sudah berlalu dan sekarang sudah memasuki hari kedua di tahun 2017. Banyak suka dan duka yang dilalui sepanjang tahun tersebut. Ada banyak hal yang ingin saya perbaiki di tahun ini. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, saya tidak pernah lagi menyusun resolusi sejak platform Multiplay hangus. Seperti halnya beberapa teman yang membuat resolusi di tahun 2017, saya pun mencoba demikian. 


Saya pikir perlu agar saya bisa mengevaluasinya di akhir tahun. Entah semua bakal berjalan mulus dan terwujud ataupun tidaknya, saya bisa melihat pencapaian apa yang sudah saya lakukan dan dapatkan nantinya di tahun 2017 ini. Berikut beberapa hal resolusi saya di tahun 2017.


1.      Meningkatkan Kualitas Ibadah Agar Lebih Baik dan Rajin

Saya akui, tahun kemarin perkembangan ibadah saya makin merosot tajam. Sehingga di tahun ini harus lebih diperbaiki. Bukankah bila ibadah kita baik, selanjutnya akan mengikuti baik pula. Terutama untuk Sholat Subuh, semoga bisa tepat waktu. Selain itu, ingin memperbaiki rutinitas bacaan Al Qur’an.agar saya pun bisa mendidik dan mengajarkan langsung anak-anak mengaji dengan emaknya.


2.      Konsisten Menabung

Perihal ini yang dari tahun ke tahun belum ada peningkatan. Apalagi tahun kemarin, pengelolaan keuangan kacau banget. Meskipun mendapat penghasilan tambahan, tetap saja susah menyisihkan untuk menabung. Untuk itulah, tahun ini harus konsisten untuk menabung, mengingat Mas Aiman tahun ajaran ini mau sekolah TK. Bisa dipastikan butuh dana yang tidak sedikit. Karena saya berencana memasukkannya ke sekolah yang membuatnya nyaman dan fasilitas seimbang, antara pendidikan formal maupun agamanya. Masa sebagai lulusan SMK akuntansi saya tidak bisa mengatur keuangan keluarga? Hihihi.
Selain untuk biaya sekolah Mas Aiman, saya pun menyiapkan beberapa pos tabungan, seperti persiapan untuk umroh, biaya travelling, perbaikan rumah dan sedekah.

3.      Fokus Tumbuh Kembang Anak-Anak

Hal ini lah yang membuat saya vakum dalam dunia bisnis kuliner tahu lalu. Sejak hamil sampai melahirkan saya tidak lagi berjualan atau menerima pesanan kue atau masakan. Keseharian saya sibuk dengan mengurus Mas Aiman dan Baby Aira. Apalagi setelah Mas Aiman menjalani terapi, membutuhkan perhatian yang extra. Sementara Baby Aira sudah mulai banyak aktifitasnya sejak bisa membola-balikkan badan. Bahkan sudah mulai merangkak dan ngesot kemana-mana, mama-nya meleng sedikit bisa-bisa sudah sampai dapur deh hehe.
Setidaknya dengan fokus pada tumbuh kembang anak, saya bisa menjadi mama yang lebih sabar ke depannya. Mampu mengendalikan emosi apabila menghadapi tingkah Mas Aiman yang luar biasa. Mengurangi kesalahan dalam pola asuh terhadap Mas Aiman, seperti mencubit atau berbicara dengan nada tinggi, kalau istilah suami mblayer hehehe

4.      Lebih Rajin Membaca Buku

Aktifitas membaca buku saya sudah terbilang parah, dalam rentang waktu satu tahun tak ada satupun buku yang bisa saya selesaikan. Padahal sebelum menikah dan sewaktu hamil, saya rajin banget membaca buku. Sebulan minimal sanggup membaca lima judul buku. Biasanya di akhir tahun, saya bikin catatan judul buku apa saja yang sudah say abaca beserta sedikit ulasan tentang buku tersebut. Untuk itulah tahun ini bertekad supaya bisa lebih banyak membaca buku. Apalagi banyak judul buku yang belum saya baca, sejauh ini hanya sering membelinya.

5.      Travelling Ke Lombok
Sebenarnya ini menjadi harapan saya di tahun lalu, sayang tak bisa mewujudkannya. Untuk itulah, saya masih berharap tahun ini bisa travelling ke sana. mengingat kalau ke sana bareng keluarga mesti butuh budget yang tidak sedikit, makanya saya ingin membuat pos tabungan tersendiri. Semoga ada rezeki lebih untuk itu. Sepupu saya pun sedang stay di sana, kalau travelling jauh hingga luar pulau kalau ada teman akrab atau saudara kan lebih asyik. Selain daripada alasan itu, saya ingin sekali mengajak Mas Aiman bisa merasakan naik pesawat. Kalau kedua orang tuanya sudah pernah, apalagi Mas Aiman nyaris semua alat transportasinya sudah pernah dicobanya hanya pesawat yang belum. Klise ya? Tapi begitulah harapan saya kenapa memilih Lombok selain karena tempat wisatanya sangat keren dan menarik.

6.      Lebih Rajin Ngeblog dan Memposting Artikel

Begitu menemukan ritme menulis kembali, saya memantapkan hati untuk lebih rajin menulis dan mempostingnya di blog. Minimal sehari satu postingan dengan isi tulisan yang agak panjang, kalau menurut suami sih, minimal 300 kata ya untuk blog. Kalau saya bisa lebih, kenapa tidak? Sebisa mungkin harus lebih baik dari tahun lalu, yang dalam setahun saya hanya mampu menulis 35 postinga hihi. Iya sih, menulis masih mengandalkan mood. Insya Allah, tahun ini mesti diperbaiki, bersyukur banyak ide pula yang ingin saya tuangkan dalam blog ini.

7.      Membeli Sofa

Rasanya pengen ketawa saja saat memasukkan hal ini dalam daftar resolusi tahun ini. Iya, karena sejak pindah dan hampir menempati rumah selama dua tahun, saya dan suami belum juga membeli sofa. Kadang kalau ada tamu sampai bingung sendiri, apalagi kalau tamunya banyak ujung-unjungnya gelar tikar deh haha. Sampa teman akrab saya hafal kalau main ke rumah langsung njujug depan TV. Selain alasan itu, agar rumah bisa lebih tertata dilihatnya.

Mungkin itu dulu poin-poin resolusi saya tahun ini, lebih baik sedikit tetapi bisa menjalankannya dari pada banyak-banyak hihi. Yah, setidaknya menyesuaikan denga angka belakang tahunnya yaitu 7. Maksa banget yak? Hahaha biarin deh. Semoga dari sekian poin itu bisa terwujud salah satunya, syukur-syukur kalau bisa semuanya. Semoga saya dan suami diberi kesehatan, rezeki yang lancar dan umur yang barokah aamiin.
Sudahkan teman-teman membuat resolusi tahun ini?



37 komentar:

  1. Wah banyak juga ya, keren. Salut sama ibu yang satu ini, tetap bisa membagi waktu antara mengurus anak, ngeblog dan travelling :)

    Semoga resolusi di tahun ini bisa terwujud satu persatu ya mba.. Aamiin..

    Btw, follback my blog mba.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, Alhamdulillah semoga stahun ke depan bisa lebih baik dari tahun kemarin sebagai istri, ibu dan juga blogger.
      sudah kufolbek ya :)

      Hapus
    2. Terimakasih mba ivonie zahra :)

      Hapus
  2. 1,2,3,4 Toss...
    Semoga bisa terwujud semua ya Von. Aamiin...

    BalasHapus
    Balasan
    1. AAmiin, iya mbak. saling mendoakan ya. Mbak dian mah udah pernah ya ke Lombok, aku pengen banget nih, udah 6 tahun gak pergi ke luar pulau Jawa wkwkkww

      Hapus
  3. Mbakku pernah pesen tart buah ke mbak Ivon katanya, yg nganter mbak Ivon sama mas Ihwan sendiri. Udah lama sih, tahun 2015 :D

    Aku pun pengen ke Lombok, rumahku di sana.. Alif juga belum pernah naik pesawat tapi tiket pesawat ke Lombok sekarang mahal-mahal amat, padahal jaman kuliah dulu bisa dapet harga 150 ribuan (tahun berapaa itu?? Haha). Dan rumahku pun belum ada sofanya tapi gak pernah ada tamu sih, wong jauh dari siapa-siapa, wkwk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lho, iya tha mbak ? Nama mbaknya siapa ya? iya, sejak hamil aku vaum jualan mbak hehehe
      Sekarang tiket pesawat kemarin intip2 kisaran 400 sekian mbak hihi.
      Masalahnya rumah gak ada sofanya berasa gak ada rapinya mbak wkwkwkw

      Hapus
  4. Amin.. mba Ivon, semoga tercapai resolusi nya tahun ini yaa.. Selamat Tahun baru dan makin sukses ya ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, terima kasih doanya. doa yang sama untuk mbak Sari juga ya :)

      Hapus
  5. Aaaaa! Mirip banget resolusinya, terutama nomor 7! Saya pun pengen punya sofa.. Selama ini kalau ada tamu, langsung pasang puzzle-puzzlenya anak buat jadi alas duduk. Haha :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lho, kalau puzzel itu aku taruh ruang tengah mbak. Eh, sekarang malah sudah aku simpan di dapur wkwkwkw

      Hapus
  6. Hanya bisa mengaminkan, semoga bisa terwujud segera

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih mbak sudah turut mengamiinkan ya

      Hapus
  7. Semoga semua resolusinya dikabulkan sama Allah ya Ma, mari kita berusaha mewujudkannya, aamiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, mari saling menguatkan dan bekerjasama yang baik ya :)

      Hapus
  8. semoga terkabul semua harapannya ya, aamiin..
    saya 12 tahun menikah juga ruang tamu selalu lesehan kok hihihi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, makasih mak farida.
      Wah lumayan lama juga ya hehe.
      pengen punya biar rumah kelihatan rapi gitu lho mak xixixi

      Hapus
  9. Halo Mbak Ivonie, salam kenal ya ;)
    Aku senang baca resolusinya, semoga terlaksana semua. Aku juga pengin konsisten seperti no 1 dan 2 mb, cuma kalau nabung susah susah gampang hiks

    Semangaaat ya mb, spy bisa fokus trs sama anak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mbak Mei, salam kenal balik ya :)
      Aamiin, teria kasih mbak, semoga kita bisa mewujudkannya ya

      Hapus
  10. Aku pengen ikut diajak ke Lombok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah apa gak keliru Koh, aku dong mau diajak ke Palembang hehehe

      Hapus
  11. Lombok itu list yang belum berani aku agendakan, karena 2x mimpi pengen ke lombok udah planning sana sini ternyata hamil...jadi duitnya di save dulu deh buat persiapan lahiran...huahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, udah ngelish dua kali ya? xixixixi
      Aku pun demikian, pengennya tahun kemarin tapi gagal hahaha

      Hapus
  12. semoga tercapai semua mimpi Mbak Ivon.. saya juga pingin ke Lombok lagi.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, terima kasih mbak.
      Wah udah pernah ke sana ya

      Hapus
  13. Wah. Semoga tercapai Mbk, kami sofa juga belum ada, dulu malah ditinggal di kampung saat pindahan. Sampai sekarang enggak beli dulu xixixi.... Masih ngemper.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima Kasih mbak, semoga resolusi mbak juga.
      Kalau saya sementara pakai kursi-nya meja makan mbak hehehe

      Hapus
  14. Amin..semoga terwujud semua
    Wah al qur'an nya biru juga :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima Kasih telah ikut mengaminkan.
      Iya, kepincut pas pameran buku di Skodam hehehe

      Hapus
  15. Bagus Al-Qur'an birunya ��
    Btw, saya juga punya mimpi ke Lombok taun ini. Kalau bareng keluarga biru keknya seru

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima Kasih, itu beli sewaktu ada pameran buku hehehe
      Iya kali ya, asal waktunya cocok yuk barengan

      Hapus
  16. Resolusi itu penting, apalagi menyambut tahun 2017 yang penuh kejutan. Semoga resolusi para blogger ditanah air bisa terkabul semua.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin.
      Iya, saya baru mulai menuliskan lagi nih,sebelumnya gak pernah

      Hapus
  17. Pengen juga travelling ke Lombok. Ayo bareng2. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naik kapal laut murah, perjalanan 21 jam dan bisa sewa kamar pribadi lho

      Hapus
  18. Semoga resolusinya terwujud ya mba, semangat menabungnya juga ya.

    BalasHapus
  19. Semoga resolusinya tercapai, terutama yang nabung buat umroh. Mudah-mudahan malah gak perlu nabung lama2 dah bisa umroh karena menang lomba blog. Aamiin.

    BalasHapus