KRAFT Crolette Menu Praktis Bernutrisi dan Bergizi untuk Berbuka Maupun Sahur

 


Hai sahabat Aura, apakabar puasanya? Masih tetap semangat kan, sekarang sudah ada di pertengahan bulan Ramadan ya, ibu-ibu masih tetap semangat kan menyiapkan menu berbuka maupun sahur? Apalagi kalau ada anaknya yang mulai belajar puasa pastinya lebih rajin lagi dalam membuat kreasi menu berbuka maupun sahur.

Membuat menu yang berbeda dan unik bisa jadi pilihan, kalau biasanya cuma makan ayam goreng atau telur dadar yang itu-itu saja, bisa banget lho dikreasikan supaya anak-anak maupun keluarga jadi tertarik dengan menu yang berbeda dari biasanya. Salah satunya menu KRAFT Crolette. Akan tetapi sebelum kita membahas mengenai menu tersebut, kita mengenal lebih dekat mengenai keju yuk.

Mengenai Lebih Dekat Keju Ceddar

Sejak saya belajar bikin kue saya jadi mengenal beberapa brand keju salah satunya Keju KRAFT. Banyak teman saya yang menyarankan keju ini sebagai salah satu bahan baku kue dan sekarang pun bisa dikreasikan dengan masakan. Selain itu ada beragam jenis keju di pasaran, kalau keju yang sering saya pakai jenisnya keju KRAFT Ceddar.

Keju Ceddar merupakan keju yang relatif keras, berwarna kuning pucat hingga putih gading. Serta kadang-kadang memiliki rasa yang kuat, gurih dan enak. Keju ini berasal dari desa Ceddar di Somerset, Inggris. Akan tetapi keju ceddar merupakan salah satu keju yang paling umum tersedia dan digunakan di Indonesia selain keju Mozarella dan keju Edam ( keju tua). Bahkan untuk jenis keju KRAFT Ceddar bisa didapatkan di minimarket dekat rumah. Kalau kemasan besar biasa saya membelinya di toko bahan kue yang ada di Malang.

Kandungan Keju KRAFT Ceddar




Setahu saya keju KRAFT Ceddar dilengkapi  nutrisi dengan kandungan Calcimilk yang terdapat kalsium, protein dan Vitamin D. Tentu saja ketiga kandungan tersebut baik untuk menjaga kesehatan karena memiliki manfaat untuk tubuh kita.

Kalsium

Kalsium atau zat kapur merupakan mineral dalam tubuh dengan kebutuhan harian yang tidak terlalu banyak, biasanya untuk kebutuhan kesehatan tulang maupun gigi. Produk yang banyak mengandung kalsium ialah susu. Kandungan yang tinggi dapat membantu memperkuat tulang dan gigi. Keju KRAFT mengandung 141mg kalsium persajian sehingga tak heran kalau berbahan baku keju ceddar #KejuAsliCheck

 

Protein

Protein merupakan salah satu komponen esensial dalam pertumbuhan dan perkembangan anak. Protein yang berbahan dasar susu memiliki manfaat dalam membantu pembentukan sel otot, membentuk dan menguatkan sel jaringan baru. Mendukung metabolisme tubuh serta meningkatkan kekebalan tubuh.

 

Vitamin D

Vitamin D sangat terkenal dalam kesehatan tulang dan otak, bahkan sering dijuluki dengan vitamin sinar matahari. Vitamin D sangat penting bagi kesehatan tubuh terutama yang mengandung susu karena memiliki banyak manfaat. Beberapa manfaat Vitamin D untuk kesehatan tulang, mendukung sistem kekebalan tubuh hingga meningkatkan kesehatan jantung.

 

Kemasan Keju KRAFT Ceddar

Keju KRAFT Ceddar setahu saya memiliki beberapa ukuran ya.

Ada ukuran 30 gr yang dikemas dalam plastik sachet. Ini praktik banget kalau kita butuh keju tidak terlalu banyak atau sesuai dengan kebutuhan.

Ada Ukuran 70 gr yang di kemas dalam plastik sachet yang agak besar. Ini termasuk ukuran sedang. Ukuran yang butuh tidak terlalu banyak, juga tidak terlalu sedikit.

Ada ukuran 160 gr yang di kemas dalam kotak kardus yang dalamnya dilapisi dengan alumunium foil. Biasanya ukuran segini digunakan untuk campuran kue atau masakan dengan jumlah agak banyak.

Ada ukuran 2 kg, yang dikemas dengan kotak kardus memanjang yang dilengkapi juga dengan alumunium foil. Biasanya ini digunakan untuk orang-orang yang memiliki usaha , misal penjualan kue kering, martabak dll sehingga butuh kapasitas yang lebih besar.

 

Keunggulan Keju KRAFT Ceddar

Kenapa saya memilih keju ini tentunya memiliki alasan dan keunggulannya dong. Seperti yang sempat saya singgung di awal kalau keju ini banyak direkomendasikan teman-teman saya terutama mereka yang jualan kue kering maupun menu yang menggunakan keju ceddar

 

1.       Bahan baku utama keju ceddar yang #KejuAsliCheck

2.       Memiliki beberapa ukuran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan

3.       Memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh

4.       Kemasan berlapis plastik sachet, kotak kardus dan alumunium foil

5.       Mudah di dapatkan bahkan di minimarket terdekat

6.       Rasa dan Kualitas yang tidak diragukan lagi


 

Recook KRAFT Crolette



Pasti penasaran kan apa sih menu KRAFT Crolette? Ini itu Crown Omelette, menu simple, praktis dan bernutrisi serta kaya gizi. Biar gak pensaran saya bagi resepnya ya.

 

Bahan :

2 butir telur ayam

1 bungkus keju KRAFT Ceddar Mini 30 gr

¼ sdt garam

¼ sdt lada putih

¼ sdt kaldu ayam.

 

Cara membuat :




1.       Siapkan mangkok, kocok telur bersama bumbunya hingga rata.

2.       Siapkan wajan anti lengket, beri minyak sedikit lalu tuang kocokan telur.

3.       Gulung secara perlahan hingga membentuk omelette, lalu sisihkan.

4.       Siapkan wajan anti lengket, parut keju KRAFT Ceddar Mini secara merata di dalam wajan, nyalakan api.

5.       Letakkan omelette di atas keju lalu tutup, tunggu hingga beberapa menit sampai keju terlihat mulai kecoklatan ( bukan gosong ya)

6.       Angkat dan letakkan dalam piring secara terbalik.

Jadi deh KRAFT Crolette yang nikmat karena perpaduan telur dan keju yang gurih dan crunchy dari crown yang terbentuk dari keju ceddar tadi. Mudah kan bikinnya, kalian juga bisa lho mencobanya di rumah dan sajikan untuk keluarga tercinta, karena gak Cuma anak-anak yang suka, orang tuanya juga doyan kok.

 

 

Yuk, Ketahui Dampak Perubahan Iklim dan Solusinya

 

dampak perubahan iklim

Banyak perubahan yang terjadi di setiap negara di dunia. Setiap perubahan yang ada juga dikarenakan berbagai macam hal yang terjadi. Salah satu penyebabnya ada pada perubahan iklim di negara Indonesia. Seperti yang kita ketahui, ada berbagai macam penyebab dari terjadinya perubahan ini.  Hal ini juga menyebabkan berbagai dampak perubahan iklim dan solusinya.

Ada beberapa orang yang masih merasa bingung terkait dengan perubahan iklim. Hal ini wajar terjadi mengingat manusia tidak memperhatikan lingkungan sekitar. Jadi, perubahan iklim merupakan suatu kondisi dimana ada perubahan suhu dan juga pola cuaca. Tentunya, untuk waktu yang lama sehingga menyebabkan banyak kerusakan. Yuk, simak lebih lanjut akan perubahan iklim!

Melawan Stigma Kusta Untuk Dunia yang Setara

 

Lawan Stigma Kusta

Dih!

Takut ah deket-deket dia!

Kulitmu kenapa? Sereem!

Beberapa tanggapan ini adalah stigma negatif bagi pasien kusta. Di era internet seperti ini, saya merasa sedih karena ada bullying ke mereka yang kena kusta. Padahal siapa juga yang mau sakit?

BTW, teman-teman pernah tahu tentang kusta? Penyakit ini menyerang kulit dan peyebabnya adalah bakteri mycrobacterium leprae. Namun jangan khawatir jika ada yang kena kusta. Sekarang pengobatannya sudah canggih banget dan bisa sembuh asal telaten dan saba dalam minum obat. 

Mirisnya, masyarakat masih ada saja yang belum melek tentang kusta. Mereka mengucilkan pasien kusta dan malah ada yang menganggapnya kutukan. Padahal ini adalah murni penyakit karena serangan bakteri, bukan karena karma atau efek black magic.

Saya paham tentang perasaan pasien kusta setelah menyimak live streaming bertema Melawan Stigma untuk Dunia yang Setara, tanggal 30 maret 2022 jam 9-10 pagi. Narasumbernya adalah Uswatun Khasanah yang akrab dipanggil Uswa. Dia adalah orang yang pernah mengalami kusta (OPYMK) tapi alhamdulillah sudah sembuh. 





Enggak cuma Uswa, juga ada dokter Oom Komariah, M.Kes sebagai narasumber kedua. Beliau juga pernah kena stigma negatif karena anaknya ada yang down syndrome. Saat ini beliau jadi Ketua POTADS (persatuan orang tua anak dengan down syndrome).

Acara yang dipandu oleh MC Ines Nirmala ini berlangsung dengan gayeng. Giliran pertama adalah Uswa yang saat ini berusa 25 tahun dan kena kusta saat berusia 14 tahun. Ia bercerita dulu kena kusta dan saraf di kulitnya yang kena. Untung saja untuk berobat bisa hanya dengan ke Puskesmas.

Meski harus melakukan pengobatan kusta selama 12 bulan karena termasuk jenis kusta basah, tetapi Uswa bersyukur bisa sembuh. Awalnya ia merasa sedih mengapa sampai kena kusta? Namun orang tuanya mendukung penuh baik dalam pengobatan maupun secara psikis.

Uswa bercerita bahwa ia sempat kena stigma negatif karena kusta. Penyakit itu dianggap sebagai sesuatu yang berbahaya dan adalah kutukan. Padahal bisa ditangani secara medis. Semoga saat ini masyarakat makin paham tentang kusta sehingga tidak lagi menjauhi dan mengucilkan para pasien kusta.



Narasumber kedua adalah dokter Oom Komariah, M.Kes. Beliau selain jadi dokter, juga jadi ketua POTADS (persatuan orang tua anak dengan  down syndrome). Dokter Oom bercerita walau sudah paham down  syndrome itu apa, tetapi ia tetap shock saat tahu anaknya didiagnosis down  syndrome.

Dokter Oom merasa bersalah dan  sempat mengalami fase sedih. Setelah itu akhirnya ia bisa menerima dan  mencari komunitas, dan  akhirnya terbentuklah POTADS.

Stigma negatif juga pernah didapat oleh dokter Oom. Masyarakat heran  mengapa sang anak adalah down  syndrome sedangkan  ibunya dokter?

 Namun  dokter Oom tetap tegar. Beliau berpesan  kepada semua orang tua yang anaknya didiagnosis down syndrom jangan diam saja, tetapi bawa langsung ke dokter anak. Karena anak down syndrome biasanya memiliki penyakit bawaan seperti jantung, mata, dll. Makin cepat bertemu dokter maka makin cepat tertangani.

Selain itu, anak down syndrome juga relatif lebih lambat pertumbuhannya, sehingga harus distimulasi (di klinik tumbuh kembang). Dengan stimulasi yang tepat maka akan terkejar dan ia bisa berjalan dengan normal. Jadi orang tuanya tidak boleh membiarkan saja, tetapi harus proaktif.

Dari mana orang tua tahu alamat klinik tumbuh kembang dan penanganan anak down syndrome yang tepat? Beliau menyarankan untuk cari komunitas seperti POTADS sehingga bisa sharing dan tahu cara mendidik anak down syndrome seperti apa.

POTADS sudah ada 10 cabang di daerah dan ada rumah ceria sebagai tempat pelatihan  anak down  syndrome. Mereka diajak berolahraga, latihan martial art, dan belajar berbagai keterampilan  hidup. Bila masyarakat atau para orang tua yang memerlukan informasi terkair POTADS bisa melalui nomor kontak admin POTADS di 08129637423.

Setelah menyimak live streaming saya makin paham bahwa stigma negatif tak boleh diberikan, baik ke pasien  kusta maupun  orang tua dengan  anak down  syndrome. Kita semua setara dan  tidak boleh saling mengejek.

Tips Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut dengan Obat Kumur Betadine

 

betadine

“ Lebih baik sakit hati daripada sakit gigi.”

Pernah dengar ungkapan seperti itu? Padahal kenyataan justru terbalik lho, kalau sudah kena sakit gigi, sakitnya itu melebihi sakit hati yang masih bisa ditahan. Lain dengan serangan sakit gigi bikin gak enak makan, gak nyenyak tidur karena pengalaman saya berkali-kali kambuh sakit gigi ini.

Seringnya kambuh sakit gigi berawal dari gigi saya banyak yang berlubang sehingga menganggu kesehatan gigi dan mulut. Konon katanya gigi yang berlubang bila tidak dicabut akan mengakibatkan bau mulut yang tak sedap selain sakit itu tadi.

Berawal dari pengalaman tersebut saya jadi lebih rajin untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Ada tips menjaga kesehatan gigi dan mulut yang bisa saya bagikan berdasarkan pengalaman saya ya sebagai berikut :

1.       Jangan sikat gigi terlalu keras

Menyikat gigi tujuannya kan supaya bersih dari plak, namun perlu diingat jangan menyikat gigi terlalu keras ya karena akan berakibat gesekan pada gusi dan merusak atau mengikis enamel gigi yang relatif tipis. Menyikat gigi secara lembut dengan gerakan yang benar yaitu memutar dan sedikit memijat gigi dengan durasi waktu selama 2 menit saja sudah cukup.

 

2.       Sikat gigi secara rutin dan rajin

Membiasakan rajin sikat gigi minimal dua kali dalam sehari. Sikat gigi yang rajin bermanfaat membersihkan sisa makanan yang mungkin masih terselip di sela-sela gigi. Atau bisa juga jadi plak gigi yang bisa mengandung bakteri di dalamnya.

 

3.       Menggunakan pasta gigi berfluorida

Memilih pasta gigi juga tidak bisa sembarangan ya, usahakan pasta giginya mengandung fluorida. Fluorida merupakan unsur alami yang membangun gigi dalam menguatkan enamel gigi.

 

4.       Scaling atau pembersihan karang gigi

Apabila sudah terlanjur terdapat plak gigi yang bisa dilakukan ya dengan rajin scaling. Scaling merupakan upaya non prosedur non-operasi yang dilakukan untuk membersihkan dan menghilangkan plak dan karang pada gigi seperti yang sudah saya lakukan beberapa waktu lalu. Upaya tersebut untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut. Sementara plak merupakan lapisan tipis berwarna putih atau kuning yang menempel pada gigi. Hal tersebut sungguh sangat mengganggu sekali. selain bisa jadi sarang bakteri pula.

 

5.       Menggunakan obat kumur


betadine


Saat sakit gigi dan saya periksa dokter, selain meresepkan obat untuk di minum saya disarankan untuk menggunakan obat kumur anti septik. Saya pun menuruti saran dokter gigi tersebut dan pilihan obat kumur anti septik pada Betadine Mouthwas and Gargle.

Obat kumur selain dapat mengusir bau mulut juga disinyalir obat kumur dapat mencegah sakit gigi.

Kandungan yang terdapat dalam obat kumur mampu mengontrol pertumbuhan bakteri serta dapat mengurangi plak yang menempel di gigi. Seperti halnya obat kumur antiseptik Betadine untuk rongga mulut seperti gusi bengkak, sakit tenggorokan, sariawan, bau ,mulut dan nafas yang tak segar. Itu salah satu upaya untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Betadine Mouthwash and Gargle ini mengandung povidone iodine 1%. Cara penggunaannya juga cukup mudah, tuangkan Betadine obat kumur antiseptik kurang lebih 15 ml ke tutup botol kemudian berkumur selama kurang lebih 30 – 60 detik. Obat kumur ini bisa digunakan 3-5 kali sehari ya. namun tidak disarankan untuk orang yang hipersensitif terhadap iodium, penderita penyakit tiroid, wanita hamil maupun menyusui.

betadine


Betadine obat kumur antiseptik ini hanya boleh buat berkumur ya, tidak boleh ditelan. Untuk ukuran produknya terdapat dua, satunya berukuran 190 ml dan 100 ml, untuk harga yang 190 ml sekitar Rp.38.100,- sedangkan untuk ukuran yang 100 ml harganya Rp. 25.000,-

Begitulah pengalaman sekaligus tips dari saya untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut, salah satunya dengan obat kumur antiseptik Betadine Mouthwash and Gargle. Buat yang ingin tahu lebih detail produ Betadine bisa langsung ke sini ya https://betadine.co.id/

 

 

Menjaga Kesehatan Pasca Covid

 

isolasi covid 19

Pandemi yang masih belum berakhir sampai sekarang, menyisakan kenangan tersendiri bagi saya sekeluarga. Siapa saja memang bisa terjangkit virus Corona, termasuk keluarga kami. Suami saya yang sudah menjalani vaksin Covid dosis 1 akhirnya disapa juga oleh virus ini pada bulan Agustus 2021. Entah suami (Papa Ihwan) tertular virus Covid dimana, padahal selama 2 minggu ke belakang kami tidak ada agenda keluar kota. Bahkan dia juga menjalani WFH sehingga kami sempat bingung dan heran kok bisa tertular.