Ibu Hamil Konsumsi Daun Jambu Biji untuk Atasi Diare, Amankah?

23.58 aurabiru 25 Comments

 

Ibu Hamil Konsumsi Daun Jambu Biji untuk Atasi Diare, Amankah?

 


Di masa kehamilan, seseorang biasanya akan mengalami beberapa keluhan, termasuk sering terkena diare. Diare merupakan kondisi dimana tekstur feses menjadi cair dan memiliki frekuensi buang air besar lebih dari tiga kali sehari.

 

Diare pada ibu hamil umumnya sering terjadi. Hal ini dapat disebabkan oleh tubuh ibu yang belum siap menerima adanya hormon kehamilan sehingga muncul respon diare. Selain itu, rahim yang membesar dan menekan usus juga membuat proses cerna menjadi lambat yang akhirnya berujung dengan diare.

 

Selain itu, diare yang dialami ibu hamil dapat disebabkan oleh beberapa hal lain. Seperti misalnya intoleransi terhadap kandungan makanan atau minuman tertentu seperti susu, keju, dan produk turunan susu lainnya. Dapat juga dipicu oleh adanya infeksi yang diakibatkan oleh bakteri, virus ataupun spora, terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas, dan lain sebagainya.

 

Ketika diare terjadi pada ibu hamil, sebisa mungkin harus segera ditangani. Sebab, diare yang tidak ditangani dengan baik dapat memicu terjadinya dehidrasi pada ibu hamil. Dehidrasi berat dapat menimbulkan komplikasi pada organ-organ penting dalam tubuh, salah satunya adalah ginjal. Untuk mencegah hal ini terjadi, ibu hamil disarankan untuk tetap menjaga cairan tubuhnya selama masa pengobatan dan pemulihan diare.

 

Ketika sedang hamil, seseorang menjadi takut untuk mengkonsumsi obat-obatan kimia. Biasanya, obat-obatan herbal menjadi solusi yang dipercaya minim akan efek samping. Seperti halnya daun jambu biji yang dipercaya ampuh untuk mengatasi diare. Namun, amankah ibu hamil mengkonsumsi daun jambu biji untuk mengatasi diare?

Manfaat Daun Jambu Biji

Selain buahnya yang manis serta kaya akan vitamin C, daun jambu biji pun tidak kalah bermanfaat. Memiliki aroma yang khas, daun jambu biji sering disajikan dalam bentuk teh. Mungkin Anda masih jarang menemui teh daun jambu biji di Indonesia. Namun, teh tersebut sebenarnya memiliki manfaat sebagai antioksidan serta kaya akan vitamin C.

 

Di beberapa penelitian ilmiah pun tercatat bahwa daun jambu biji memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Diantaranya adalah menjaga kadar kolesterol, mencegah diabetes, mencegah obesitas, serta mengatasi diare.

 

 

Kandungan Apa yang terdapat di Daun Jambu Biji sehingga Bisa Mengatasi Diare?

 

Di dalam Journal of Smooth Muscle Research tahun 2008, dituliskan hasil penelitian mengenai daun jambu biji yang dilakukan terhadap tikus sebagai objek studi. Penelitian tersebut menunjukkan hasil bahwa ekstrak jambu biji dinyatakan dapat mengatasi diare. Kamu bisa mengkonsumsi rebusan air jambu biji ketika mulai timbul gejala diare, saat diare sudah terjadi, bahkan mengurangi tingkat keparahan diare.

 

Hal ini karena daun jambu biji memiliki kandungan attapulgite yang juga terdapat pada obat diare seperti entrostop. Kandungannya yang satu ini dapat membuat feses menjadi padat sehingga diare teratasi.

Amankah Ibu Hamil Mengkonsumsi Daun Jambu Biji?

Meskipun telah terbukti dapat mengatasi diare pada hewan percobaan, namun ibu lebih baik mengkonsumsi buah atau tanaman lain yang memiliki kemungkinan kecil terkait paparan pestisida. Sebab daun jambu biji kemungkinan besar telah terpapar pestisida yang digunakan ketika masa perawatan tanaman.

 

Pestisida memiliki dampak yang buruk bagi ibu hamil sehingga jika memutuskan untuk tetap mengkonsumsi daun jambu biji, cucilah dengan bersih untuk mencegah paparan. Selain itu, para ahli menilai bahwa perlu penelitian lanjutan terkait manfaat daun jambu biji terhadap diare. Jadi, menghubungi dokter adalah satu-satunya cara yang tepat untuk mengatasi diare pada ibu hamil.

 

 

 

25 komentar:

  1. Assalamualaikum...Singgah blogwalking...Mbak Ivon

    Saya setuju mbak, pemilihan obat untuk terapi pada ibu hamil, memang tak boleh sembarangan. Secara umum, dalam menangani diare, yang terpenting adalah menghentikan diarenya, sedangkan untuk mengatasi penyebabnya adalah second-line.

    Mantab..artikelnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. walaikumsalam, terima kasih untuk kunjungannya. iya bener nih pak, gak bisa sembarangan ya konsumsi obat

      Hapus
  2. lho udah nambah meneh mbak? duh terkabul tenan doane ihwan.

    Eh iya lho ak kalo biyen diare dikon maem daun jambu biji dicampur uyah

    BalasHapus
    Balasan
    1. daun jambu bijine sing enom yo biasane

      Hapus
  3. Kalau pun tetap menggunakan daun jambu biji ambil yang di pekarangan rumah saja ya Mbak. Atau yang ditanam dalam pot. Nah jambu biji yang dipelihara sendiri kan biasanya gak disiram pestisidah. Emang sih selama kehamilan para ibu wajib banget menjaga asupan bahan makanan atau obat ke dalam tubuh ya...Semoga kehamilannya selalu lancar dan sehat Mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, di depan rumah bumer ada pohon jambu biji

      Hapus
  4. Enstrostop andalanku sejak dulu nih, haha. Eniwe, kalau pakai daun jambu biji bisa ambil yang di rumah aja kali ya. InsyaAllah aman dari pestisida soalnya. Atau dicuci maksimal

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya itu juga andalan, tapi buat penanganan pertama bisa pakai daun jambu biji

      Hapus
  5. Penggunaan obat untuk ibu hamil memang tidak boleh sembarangan Alhamdulillah masih ada bahan alam iuntuk mengatasi diare ya, Mbak

    BalasHapus
  6. Pada kondisi bayi, ibu hamil, juga ibu menyusui emang gak boleh asal konsumsi ya mbak. Soalnya rentan banget. Dan sebaiknya yaa konsultasi dulu para ahli.

    BalasHapus
  7. Berarti kalau ambil dari pekarangan sendiri, gapapa, ya? Kan aman dari pestisida.
    Tapi mengobati diare dengan daun jambu biji butuh kesabaran. tidak langsung mampat. Meski begitu, saya dua kali melakukannya saat hamil.

    BalasHapus
  8. Bumilnya kok ayuuuu tenan!

    Setuju ama pak dokter tuh yang komen di bw pertama, mengkonsumsi obat obatan di saat hamil tricky banget dan harusnya dibatasi banget

    BalasHapus
  9. Mbak Ivon aku baru tahu kalau kamu hamil ini anak ke berapa ya mbak ini...aku baru tau soalnya...dan sehat selalu ya mbak ya dan jaga kesehatan buat sama debay nya

    BalasHapus
  10. Sebenarnya pada dasarnya aman ya Mbak Ivone, asal kita yakin tak terpaoar pestisida.

    BalasHapus
  11. Daun jambu biji kalo di lingkunganku memang ampuh atasi diare. Ternyata juga harus hati2 ya pemilihannya jangan sampe terpapar pestisida. Kalo mau cepat dan praktis aku juga minum enstrostop

    BalasHapus
  12. Wah iya nih kalau hamil janganlah minum ramuan DIY sembarangan, kudu dipastikan bahannya aman ya? Kalau bingung mending pakai obat aja dengan pengawasan dokter.
    Eh kalau entrostop berarti aman bua bumil?

    BalasHapus
  13. Aku punya dua pohon jambu biji, satu di halaman satu di luar pagar. Tapi ga pernah pakai daunnya saat diare. Lebih pilih minum entrostop saja, yang lebih aman pastinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe sama mbak, dari dulu klo diare aq juga langsung cari entrostop

      Hapus
  14. Baca artikel ini jadi ingat waktu hamil pertama kali. Saya kena diare dan hampir masuk rumah sakit, untungnya singgah di Puskesmas dulu. Oleh dokter di Puskesmas saya disarankan periksa kencing. Kok aneh yah si dokter, masa sih orang diare yg diperiksa kencingnya. Tapi saya nurut saja, Masya Allah hasilnya saya positif hamil.
    Lalu diare saya perlahan berhenti. Mungkin saya kegirangan maka berdampak pada rasa bahagia yg membuat diare malas ganggu. Hehehe...apa sih.
    Btw, daun jambu adalah obat diare yg sejak dahulu digunakan oleh keluarga saya mbak tapi ambil daunnya di pohon jambu dekat rumah yg dijamin tidak kena pestisida. Sejauh ini aman sih.

    BalasHapus
  15. Iya sebaiknya kita obati dulu dengan yang alami ya kalau sakit agar meminimalisir efek negatif obat kimia..

    BalasHapus
  16. When we are pregnant, we have to be extremely careful with everything we take, particularly medication. I think it’s good to try some herbal medication as long as it is safe for pregnant women

    BalasHapus
  17. Aku pernah diare saat hamil. Ga berani minum obat apapun, akhirnya berakhir di rawat inap hehe

    BalasHapus
  18. Jadi ingat dulu waktu kecil kalau diare suka dibuatkan air rebusan daun jambu biji oleh ibu. Alhamdulillah sembuh. Ternyata memang itu beneran obat ya sampai digunakan pihak farmasi.

    BalasHapus
  19. Jadi memang masih beresiko ya ternyata mengonsumsi daun jambu biji, rawan terhadap paparan pestisida. Harus hati-hati ya memilih sarana untuk penanganan diare pada ibu hamil.

    BalasHapus