Kopdar Komunitas Mozilla Indonesia Di Cafe Golden Heritage Malang

08.08 Ivonie Zahra 8 Comments



Apa yang ada di benak anda ketika mendengar nama Mozilla ? Firefox ? Yes, sama dengan saya kalau jawabannya itu. Tetapi ternyata anggapan saya salah lho. Beruntung saya diundang dalam acara MozKopdar Malang di Cafe Golden Heritage pada Sabtu, 14 Januari 2017 yang diadakan oleh Mozilla Indonesia.



Dalam acara tersebut saya diundang bersama teman-teman Malang Citizen. Jadwal acara dimulai pukul 19.00 WIB, tetapi kami datang lebih awal dan ngumpul bareng terlebih dahulu sambil ngobrol santai. Juga belajar motret dengan Pak Asaifi memanfaatkan pesenan teman lainnya.  Sebelum acara dimulai, kami sempatkan sholat Magrib terlebih dahulu di masjid terdekat. Usai sholat, kami langsung menuju lantai 2 tempat acara diadakan. Berhubung konsep acaranya adalah kopdar, makanya dibuat santai dan tak ada stage untuk pembicara. Sehingga narasumber bisa langsung membaur dengan para undangan.


Acara dibuka oleh Rizki Kelimutu yang merupakan perwakilan Mozilla Indonesia dari Jakarta. Memaparkan program dan fitur terbaru dari Mozilla. Meskipun saya kurang tahu tentang program semacam itu, namun menarik juga ulasannya setidaknya sambil belajar.


1.       Electrolysis (e10s) & Project Quantum
Sebuah multi-proses pengalaman browsing pengguna. Quantum memiliki sejumlah komponen yang sebagian diadopsi dari proyek servo. Sistem yang memberikan pengalaman pengguna browser jadi lebih cepat dan ringan. Proyek Quantum adalah tentang mengembangkan generasi mesin yang akan memenuhi tuntutan web besok dengan mengambil keuntungan penuh dari semua kekuatan pemrosesan dalam perangkat modern Anda.

2.       Firefox Test Pilot
Kumpulan fitur yang terdapat pada firefox. Dari sekian fitur salah satunya MinVid, fitur yang fungsinya untuk meringkas tampilan video Youtube, namun kita masih bisa melakukan aktifitas online lain sambil menonton video. Jadi, ini fitur yang menguntungkan buat saya, sambil ngeblog bisa nonton drakor dong. Eaaa...


3.       Container Tab


Angin segar bagi yang punya banyak akun medsos nih. Biasanya butuh banyak browser untuk masing-masing akun, tetapi sekarang gak perlu lagi.fitur yang bisa digunakan double aktifasi. Dengan adanya Container Tab cukup satu browser bisa langsung digunakan 4 akun berbeda.

4.       Rust Language
Sebuah fitur untuk para Programer, yaitu bahasa pemrograman system yang berjalan cepat, mencegah dan menjamin keamanan tread yang dikembangkan Mozilla.

5.       WebVR

Fitur untuk memungkinkan akses konten VR.

6.       Mozilla New Branding

Mozilla sedang melakukan Open Design yang melibatkan volunteer dan sudah ada empat kandidat logo yang terpilih. Saya kira, logo di Firefox merupakan logonya Mozilla dan ternyata bukan. Firefox merupakan produknya Mozilla, bukan logo perusahaan.



Bahasanya berat ya? Iya sih, buat saya yang buta soal progam dan fitur browser. Tetapi karena disampaikannya dengan ngobrol santai berasa ringan. Saya pun menyimak sampai selesai.  Selain Mbak Rizki, ada juga Diky Arga dan Risky Ariestyansah mengulas lebih banyak tentang Virtual Reality, bahkan saya bisa langsung bereksperimen contoh hasil karyanya di SMK Telkom yang keren. Saya sampai takjub dan keasyikan loh, eh gak Cuma saya doang sih, suami dan teman-teman lain pun sempat mencoba juga.


Pembahasan tersebut sambil diselingi dengan acara makan malam yang agak telat hehehe. Serta pembagian beberapa doorprice bagi yang berhasil menjawab pertanyaan pemateri. Di sesi terakhir ditutup dengan acara foto bersama dong pastinya.


8 komentar:

  1. Lihat post blog ini sering sekali ikut kopdar gitu ya mba. Keren (y)
    Tempatnya bagus juga, dan itu makannya bikin lapar deh.. hehe
    Meskipun tidak ikut secara langsung tapi jadi tahu. Dan yang membautku salut meskipun sudah menikah tidak ada halangan untuk ngeblog, kopdar dll ya mba. Bisa dicontoh nih :)

    BalasHapus
  2. AKu juga langsung kepikirnya mengarah ke firefox hahaha.

    BalasHapus
  3. Udah lama pake mozilla, sejauh ini browser paling oke yang pernah kupakai.

    BalasHapus
  4. Banyak fitur mozzila yang saya enggak tahu dan nggak bisa pakainya, padahal bermanfaat seklai yaa

    BalasHapus
  5. belakangan ini, saya lebih sering pakai Chrome. Tapi masih pakai juga Mozilla sih, tapi memang taak seserig dulu

    BalasHapus
  6. Kalau saya mikirnya mozila untuk buka internet hehehe
    Untung ya dapat ilmu baru asik
    Dapat makan malam dan foto2 juga seruuuu

    BalasHapus
  7. wih keren ada web vr nya
    btw menu di kafe itu juara deh

    BalasHapus
  8. mantep mbak e, ane juga tahunya Mozilla itu Firefox hehe

    BalasHapus