Perbandingan Antara Smartphone Android Dengan Windows Phone yang Harus Diketahui

19.42 Ivonie Zahra 13 Comments



Aneka Smartphone (sumber gambar: http://www.technologianews.com)

Belakangan ini Smartphone Android menjadi salah satu benda yang paling populer di masyarakat. Bukan hanya di kalangan dewasa muda yang bekerja, bahkan di kalangan remaja dan anak-anak sekalipun semua sudah menggunakan ponsel pintar sebagai alat komunikasi mereka masing-masing. Konon, ponsel dengan sistem operasi Android ini bisa mempermudah berbagai aktivitas harian, dari mulai menulis tugas, browsing, mengambil foto yang bagus, merekam video, menonton film streaming dan lain sebagainya. Berkat ponsel  berbasis android, hal-hal yang tak diketahui bisa cepat ditemukan jawabannya karena bisa mengakses internet dengan lebih cepat.

Benarkah Smartphone Android adalah smartphone yang terbaik? Tetapi ada Windows Phone yang digadang-gadang memiliki kemampuan yang lebih kompleks daripada ponsel android. Bahkan masih banyak kelebihan ponsel Windows jika dibandingkan dengan smartphone android. Apa saja perbedaannya? Mari disimak berikut ini :
-               Daya Tahan Baterai. Bukan rahasia lagi jika Smartphone Android sangat boros baterai, itu karena banyak sekali aplikasi yang berjalan bersama dalam satu waktu. Sementara itu Windows Phone hanya sedikit aplikasinya, sehingga lebih awet baterainya. Tips, selalu bawa powerbank untuk mengatasi krisis baterai saat bepergian jauh.
-               Aman. Untuk urusan keamanan, Windows phone jauh lebih unggul dibandingkan android karena setiap aplikasi yang ada dalam ponsel windows berbayar alih-alih gratisan seperti android, sehingga memperkecil masuknya malware.
-               Dimiliki Perusahaan Besar. Kita semua tahu jika android adalah produk Google sementara Windows phone adalah miliki Microsoft. Keduanya adalah perusahaan raksasa yang memiliki peranan besar dalam dunia modern.
-               Tampilan Mudah Dipelajari. Untuk anak-anak dan remaja yang daya tangkapnya masih tinggi dan cepat belajar, pastinya tampilan android tidak terlalu bikin pusing, tetapi untuk yang sudah dewasa dan sudah disibukkan dengan pekerjaan, tentunya malas harus mempelajari tampilan android. Maka karena itu, pilihannya adalah Windows phone yang tampilannya lebih mudah dimengerti.
-               Aplikasi Beragam. Jika bicara urusan aplikasi, sudah tentu Android jauh lebih unggul, berbagai aplikasi tersedia dan bisa langsung didapatkan di Play Store tanpa perlu membayar. Tetapi  Windows Phone aplikasinya terbatas, itu pun harus berbayar alias mengeluarkan uang.
-               Koneksi dan Penjelajah Informasi. Untuk ponsel Windows, systemnya 3G yang setara dengan komputer yang kecepatannya tinggi, tapi kurangnya tak ada bluetooth membuat ponsel pintar ini susah berbagi data. Sementara itu android lengkap dengan bluetooth dan penjelajah datanya pun cepat, tetapi butuh banyak kuota yang digunakan.
Dari beberapa perbandingan yang telah disebutkan di atas, kita bisa melihat bahwa keduanya memiliki kekurangan dan kelebihan sendiri, kita juga bisa memilih ponsel dengan sistem operasi apa yang akan kita gunakan sehari-hari. Bagi para pekerja, menggunakan window phone adalah pilihan yang paling baik, tetapi jika ingin pakai android pun tak ada salahnya karena banyak juga HP Android yang punya spesifikasi mumpuni dan mendukung pekerjaan di kantor.
Sementara itu untuk remaja, memilih Smartphone Android jadi keutamaan karena memiliki banyak aplikasi yang sesuai dengan usia mereka, dari mulai aplikasi edit foto, berbagai game yang bisa dimainkan offline maupun online, bahkan aplikasi-aplikasi hiburan yang tak seberapa penting pun bisa dipasang di android. Satu tips yang penting adalah jangan lupa mengunduh aplikasi cleanser data, supaya semua sampah sisa aplikasi bisa dihapus dengan cepat dan tidak membuat ponsel jadi hang atau ngelag karena RAM yang penuh sampah aplikasi.

13 komentar:

  1. Sayangnya si windows sudah gak ngembangin lagi platformnya di mobile dan di gantikan dengan windows 8 dan 10. Sekarang android juga lumayan irit pake banget mbak untuk urusan baterai. para produsen mengakalinya dengan kapasitas baterai yang digedein... :3 jadi pengen android baru :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, sayang banget ya. tetapi emang kebanyakan lebih nyaman pakai Android, akrena windows phone applikasinya sedikit. sepupu suami punya windows phone dijual pasarannya jatuh banget

      Hapus
    2. udah pake iph*ne dah :3 hehehe

      Hapus
  2. Sekarang dari bocah sampe kakek nenek pakenya android. Aku kadang2 masih suka kepleset nih jempolnya sama touchscreen gini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, perkembangan zaman juga berpengaruh ya. Aku masih punya lho hp jadul yg pakai os java xixixi

      Hapus
  3. Dulu saya punya windows phone. Pengen banget punya Lumia yang canggih itu. Make Windows kesannya gengsi. Etapi.... support aplikasinya dikit. Yasudah, saya balik lagi pake Android

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, merk itu dulu kan hits banget.
      Kalah saing ya dengan os android

      Hapus
  4. Sempat kepincut sama wimdows phone. Sayangny banyak aplikasi yg gak ada karna emang udah gak dikembangin lagi yak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, kemarin pas jual windows phone jatuhnya muraah. Akhirnya gak jd dijual deh

      Hapus
  5. dulu windows mobile cukup hits, banyak juga aplikasinya yg mirip PC.. namun seiring perkembangan teknologi kayaknya android merupakan pilihan yang tepat..

    BalasHapus
  6. Yg tk bisa dielakkan pd smartphone ialah penggunaan baterai yg sngt boros

    BalasHapus
  7. Wah, jadi tahu ni mama Ivone. Selama ini familiar dengan Android. TFS ya.

    BalasHapus
  8. Untuk Android phone aplikasinya lebih banyak karena open source :)

    BalasHapus