Colatta SweeToday 4 Surabaya, Launching Colatta Fineza & Workshop Food Photography By Puji Rahayu

05.38 Ivonie Zahra 6 Comments



Sejak saya menekuni dunia baking empat tahun yang lalu, jadi lebih banyak tahu mengenai bahan-bahan untuk membuat sebuah cake dan hidangan lainnya. Sebelum itu, mana saya tahu cokelat yang bagus dan enak itu merk apa saja.


Begitu saya terjun di dunia baking, saya berkenalan dengan beragam merk cokelat di pasaran salah satunya ya, Colatta. Sehingga saya tak asing lagi dengan merk coklat yang banyak digunakan oleh sesame baker rumahan seperti saya. Saya tidak hanya belajar bikin kue buat dikonsumsi sendiri bersama keluarga, tetapi juga untuk diijual. Yup, saya pun pernah berkecimpung di dunia usaha kuliner. Yang mana sering bersinggungan dengan belanja bahan untuk pesanan kue dan lainnya.

Beruntungnya, pada Bulan September lalu saya mendapat kesempatan hadir dalam rangkaian acara yang diadakan oleh perusahaan yang memproduksi Colatta. Mengambil tema, SweeToday 4 Sharing of Delight.

Colatta SweeToday Surabaya, Sharing of Delight


SweeToday merupakan gathering bersama fans yang aktif di social media dan dipertemukan dalam suatu kegiatan gua bertukar ilmu seputar baking yang sedang viral. Salah satu tujuannya acara ini ialah saling bertukar ilmu baking, informasi seputar dunia wirausaha dibidang kuliner dan sebagai wadah berkumpulnya pecinta pastry dan bakery.


Acara tersebut diadakan tepatnya pada 9 September 2017, bertempat di Wok & Tok Yello Hotel Jemursari, Surabaya. Dihadiri oleh kurang lebih 60 peserta yang beruntung dan terpilih dari ratusan peserta yang mendaftar dan berassal dari Surabaya dan sekitarnya.

Saat saya bersama suami dan anak-anak datang ke lokasi sudah banyak peserta yang mengambil tempat duduk, namun acara belum dimulai karena diawali lebih dulu dengan makan siang.  Saya pun tak melewatkan kesempatan tersebut serta menemui teman yang juga berasal dari Malang dan Blogger Surabaya. Menu makan siang yang disajikan cukup beragam dan semuanya enak plus mengenyangkan.




Usai makan siang, acara belum juga dimulai saya mengambil kesempatan untuk foto-foto di sekitar tempat acara. Seperti aneka deretan kue dan puding di  samping panggung. Kue dan puding tersebut tentu saja menggunakan bahan produksi dari PT. Gandum Mas Kencana. Mulai dari tepung premix hingga coklatnya. Selain itu sekalian aja selfi-selfi sama kuenya hihihi.



Workshop Food Photography with Smartphone By Puji Rahayu “Nandangwuyung”


Usai sesi foto-foto saya pun kembali ke tempat duduk yang berada di depan stage pas yang disiapkan khusus. Acara pun dibuka oleh MC dengan sapaan yang hangat nan ceria. Untuk sesi pertama ialah Workshop Food Photography With Smartphone yang akan disampaikan oleh Puji Rahayu yang mana adalah teman saya sendiri dari Malang. Bisa dibilang ilmu tentang fotografi dia sudah banyak menguasai, bahkan hasilnya bisa diintip di instagram maupun blog masakannya.

Meskipun seorang ibu rumah tangga yang memiliki dua anak aktif,semangat baking maupun memotretnya gak surut. Hal tersebut bisa dibuktikan dengan deretan penghargaan yang diraihnya lewat lomba baking, cooking sekaligus photography. Salah satunya pemenang Lomba Kreasi Resep Colatta Tahun 2016.

Menurutnya, untuk bisa memotret terutama dengan smartphone yang paling penting adalah cahaya. Cahaya yang cukup akan membuat objek terlihat menarik saat dipotret. Kalau cahaya kurang, hasilnya kurang bagus dan menarik. selain itu cahaya ada dua macam, cahaya alami yang berasal dari sinar matahari dan bulan. Sedangkan satunya yaitu cahaya buatan dari sinar lampu atau cahaya yang dipantulkan oleh reflector.


Selain itu Mbak Puji juga berbagi tips memotret dengan smartphone. Untuk menghasilkan gambar yang bagus, tidak hanya dari aspek cahaya melainkan sebuah foto tersebut gimana caranya makanan terlihat enak dan lezat, terlihat menarik dan memiliki sebuah cerita.

Usai menyampaikan teori, Mbak Puji pun mengajak peserta untuk praktek langsung ke spot yang sudah disediakan berupa deretan kue dan puding yang saya potret sebelum acara dimulai tadi. Sekaligus sebagai challenge, karena hasil yang terbaik bakalan dapat hadiah dari PT. Gandum Mas Kencana. Peserta satu per satu mengambil angle terbaik. Pemenangnya akan diumumkan di akhir acara nantinya.

Launching Produk Colatta Terbaru,  Colatta Fineza


Tak hanya workshop food photography saja, sesi acara selanjutnya diisi oleh PT. Gandum Mas Kencana yang melaunching varian varu produk Colatta yaitu Colatta Fineza. Sejak 1985, PT. Gandum Mas Kencana telah menunjukkan eksistensinya di bidang industry makanan, khususnya cokelat dengan brand Colatta serta produk berbahan dasar powder dengan brand Haan dan Bendico.

Meski berawal dari perusahaan privat yang khususnya menyediakan kebutuhan baking skala rumahan, namun PT. Gandum Mas Kencana telah berkembang menjadi salah satu pemain utama dalam industry cokelat. Bahkan kini PT. Gandum Mas Kencana telah menjadi pengekspor cokelat yang sukses merambah negara di Asia, Afrika dan Eropa.

Guna memenuhi kebutuhan pasar yang terus berkembang dari berbagai ide dan tren, PT. Gandum Mas Kencana berussaha memahami setiap konsumen yang membutuhkan produk yang lebih spesifik. Untuk itulah hadir Colatta Fineza. Colatta Fineza termasuk cokelat compound yang memiliki rasa lebih creamy. Proses untuk dilelehkan semakin mudah dengan hasil yang lembut dan mengkilat. Sehingga mudah diaplikasikan ke berbagai jenis kue maupun puding. Baik untuk dekorasi kue, campuran kue bahkan praline yang bisa langsung dimakan.


Launching Colatta di Surabaya diwakili oleh ibu Sri Utami selaku Marketing Manager PT. Gandum Mas Kencana. Sehingga dengan ini produk Colatta Fineza diperkenalkan kepada para pecinta cokelat maupun para baker yang berdomisili di Jawa Timur, khususnya di Surabaya.

Demo Baking Aneka Resep Produk PT. Gandum Mas Kencana

Nah, sesi terakhir diisi dengan demo baking aneka resep kue yang menggunakan bahan dari produk PT. Gandum Mas Kencana. Dua diantaranya adalah Clay Pound dan Coconut Hokaido Chiffon yang disampaikan oleh Technical Advisor dari PT. Gandum Mas Kencana yaitu Chef Dino dan Chef Deny Sualang.



Saya menyimak beberapa tios yang disampaikan mereka mengenai dua resep yang dipraktekkan. Terutama pembuatan Clay Pound, nama keren dari kue tradisional Klepon hehehe. Usai mempraktekkan, hasil jadinya dibagi ke peserta untuk dicicipin dan menurut saya memang enak. Ah, bisa jadi camilan buat anak-anak dan suami di rumah nih. Proses pembuatan dan bahannya pun mudah. Setidaknya setelah mengikuti acara ini, saya pun jadi tergerak buat rajin baking lagi, syukur-syukur bisa jualan alias menerima pesanan kue seperti sebelum hamil anak kedua.


Well, itulah rangkaian acara SweeToday 4 yang diadakan di Surabaya. Bisa dibilang cukup meriah dan seru. Banyak hal yang saya dapatkan dari acara tersebut,termasuk bertemu teman baru yang tergabung dalam komunitas pecinta baking dan cooking yaitu LE Bonita. Sebuah komunitas yang tersebar di seluruh Indonesia. Besar harapan dari PT. Gandum Mas Kencana dapat mengedepankan misinya, “ Menyenangkan dan Memuaskan orang melalui produk makanan dan minuman serta layanan terkait, sesuai kebutuhan setiap pelanggan.”

Nah, kalian sudah pernah memakai atau makan cokelat Colatta belum nih? Atau punya pengalaman dengan produk Colatta Fineza? Sharing ya di kolom komentar, terima kasih.

Ivonie Zahra








6 komentar:

  1. Kue-kuenya bikin ngilerrr.. Psling suka acara kayak gini, banyak makanan yg bisa diicip-icip.. Hehehe

    BalasHapus
  2. aku belum pernah makan collata, hehe. anyway claypone nya diisi cokelat gitu dan isian lain ya?

    BalasHapus
  3. Huwaaaaa itu kue2nya bikin ngiler
    Dan seperti biasa jepretan Ivon mah juaraaaaaa

    BalasHapus
  4. Kapan neh Ma bikinin Clay Pound pake Colatta? :D

    BalasHapus
  5. Pantesan mama ivon semakin cakep aja food fotografinya, lha rajin sih dateng ke acara beginian, saluuut

    BalasHapus
  6. waaah collata

    aku suka celupin strawberry di collata cair

    BalasHapus