[ Review ] Film Sanam Teri Kasam, Demi Sumpah Janjimu, Sayang...

02.11 Ivonie Zahra 38 Comments

sumber : Pinterest

Pemain : Mawra Hocane, Harshvardhan Rane, Vijay Raaz, Manish Chaudhary
Sutradara : Radhika Rao & Vinay Sapru
Genre : Romance
Produser : Deepak Mukut
Rilis : 5 Februari 2016
Rating : 3,5/5 


Kapan terakhir menonton ke bioskop? Kalau saya sewaktu mengajak Mas Aiman menonton film terbaru Cars. Bisa dibilang saya dan suami jarang bisa menonton di bioskop. Pertimbangan pertama bukanlah masalah harga tiket, akan tetapi waktunya yang gak mungkin meninggalkan anak-anak terlalu sering cuma buat nonton ke bioskop. Mengingat di keluarga suami, gak ada tuh agenda nonton bioskop. Sehingga saya berusaha tahu diri lah.


Sehingga satu-satunya kesempatan bisa nonton film ya, beli kaset dvd dan menonton di rumah. Begitupun masih terbilang jarang bisa menonton film terbaru sehingga waktunya nonton sudah gak up to date lagi. Seperti yang terjadi beberapa waktu lalu, sewaktu pergi ke Cirebon saya dan teman menginap di rumah salah satu sahabat teman saya itu. Berhubung kami gak kemana-mana, sahabat teman saya menawarkan sebuah film India untuk ditonton.

Saya pun setuju, sudah lama gak menonton film India, palingan serial India di salah satu stasiun televisi yang sering menayangkan, namun sudah lama gak menonton pula. Judul filmnya Sanam Teri Kasam, menurut sahabat teman saya ceritanya bagus dan bikin menangis. Berikut review setelah saya menonton film tersebut. Sampai review ini saya tulis, sudah menonton film ini sampai 5 x hahaha.

Sanam Teri Kasam ( Demi Sumpah Janjimu, Sayang...)

Saat mau menikah. Sumber : Pinterest

Saraswati Parthasarthy atau biasa disapa Saru ( Mawra Hocane)  oleh orang tuanya merupakan perempuan berpenampilan biasa, berkacamata dan suka membaca buku sehingga sering dianggap kolot. Dia berusaha dicarikan jodoh oleh ayahnya dengan lelaki yang tidak sembarangan. Ayahnya, Jayram Pasrtasarthy ( Manish Chaudhary ) memiliki watak keras dan menjunjung adat istiadat. Baginya, pantang menikahkan Kavery anak bungsunya sebelum Saru menikah lebih dulu.

Di suatu pagi, Jayram menerima telepon dari seseorang yang akan memperkenalkan anaknya untuk dijodohkan dengan Saru, sayangnya kunjungan tersebut dibatalkan. Dia meminta istrinya untuk menyiapkan bekal makan siang Saru dan dirinya. Padahal dia sudah memutuskan cuti. Baginya, setelah gagalnya kunjungan tersebut tak ada lagi istilah cuti.

Sementara dipihak lain, Kavery mengomel pada ibu dan kakak perempuannya kenapa sampai keluarga si lelaki membatalkan. Kavery sempat marah pada Saru dan mengungkapkan kata-kata yang membuat Saru terpojok.  Saru pun berangkat ke Perpustakaan bersama Ayahnya, di saat hendak menaiki lift, justru liftnya tertahan sehingga mereka memutuskan untuk menurunin tangga.

Ternyata di lantai bawah apartemen, ada adegan Inder Parihar ( Harshvardhan Rane ), tetangga satu gedung apartemen Saru sedang bercumbu mesra di depan pintu apartemennya yang bikin Jayram marah dan kesal. Namun tidak halnya dengan Inder, saat Saru berlalu dihadapannya saat itulah Inder jatuh cinta pada pandangan pertama.

Tatapan Jatuh Cinta Inder. Sumber : Pinterest

Hingga permasalahan muncul saat Kavery bertengkar dengan pacarnya hingga memohon agar jangan diputus yang diketahui Saru hingga membuatnya tertekan. Saru berusaha menemui Inder di suatu pagi buta, untuk meminta Inder membuatkan janji dengan pacarnya yang datang setiap Senin guna merubah penampilannya.

Saat Saru menemui Inder, rupanya Ruby Malhotra datang ke apartemen dalam keadaan mabuk dan memegang sebuah botol. Ruby yang melihat keberadaan Saru jadi salah paham dan mengira Inder sedang bercumbu dengan Saru. Puncaknya sebelum pergi karena diusir oleh Inder, Ruby melemparkan botol yang dipegangnya kea rah saru, namun Inder berusaha menlindungi sehingga punggungnya terluka terkena pecahan beling.

Inder pergi  menuju apotik dan menyuruh Saru pulang, sehingga hal itu diketahui penjaga apartemen. Dari sini pula kesalahpaham terjadi, penjaga apartemen mengadu pada Jayram. Jayram bersama pemuka agama setempat menuju kamar Inder dan terkejut melihat Inder dan Saru bersama di atas ranjang. Jayram marah besar dan mengambil keputusan yang terburu-buru dengan menelepon istrinya untuk mempersiapkan ritual kematian Saru.

Usai dianggap mati dan tak diakui anak, Saru tinggal di sebuah rumah kontrakan yang dicarikan Inder. Kedekatan keduanya dimulai sebagai teman. Inder berusaha membantu segala keperluan Saru, termasuk merubah penampilan Saru pada seorang raja penata rias,  Musthakeen Bhai  ( Vijay Raaz )hingga perihal jodoh yang sesuai kriteria ayahnya. Lelaki bertitle IIT IIM, Brahmana dan bermagra Sashtri.

Berkat penampilan barunya, lelaki bernama Abhimanyu yang selama ini disukai Saru diam-diam jadi jatuh hati dan mengajaknya menikah. Sampai di sini Inder selalu membantu dan mendampingi Saru. Menemaninya memilih kain sari untuk pernikahan Saru dan Abhimanyu. Namun di saat Saru menunggu Abhimanyu di kantor penghulu dia tidak datang. Saru ditemani Inder pergi mencari tahu ke rumah Abhimanyu dan ternyata orang tuanya tidak setuju dengan pernikahan tersebut.

Saru sedih, menangis dan hatinya hancur lalu pergi menuju hotel yang sudah dipesan untuk berbulan madu. Lantas apa yang terjadi? Tonton saja ya filmnya. Akibat setelah kejadian di hotel, Inder merasa cemburu dan balik ke apartemennya. Ibu Saru datang menemui hendak meminta tolong untuk menyerahkan undangan pernikahan Kavery pada Saru.

Tadinya Inder hendak menolak, namun akhirnya bersedia membantu memberikan pada Saru. Di saat itulah dia tak bisa menemukan Saru, Inder panic sampai akhirnya berhasil menemukan di sebuah hutan belantara di daerah pinggiran gunung. Apa yang terjadi? Saru pingsan dan hidungnya keluar darah. Inder membawanya ke rumah sakit setelah melihat tanda kartu pengenal rumah sakit yang mengalung di leher.

Inder terkejut saat tahu Saru menderita tumor di otaknya dan tak mungkin lagi untuk dioperasi atau kemotrapi. Bagaimana kisah akhir dari film ini? Yang jelas bakal bikin termehek-mehek larut dalam ceritanya.

A Love Story Sealed With A Curse

Meskipun alur ceritanya flash back, namun tetap asyik ditonton dan bikin penasaran. Sanam teri Kasam mengusung kisah cerita cinta yang kental akan budaya dan adat istiadat di India. Sama sepertihalnya sebagian di masyarakat kita, konon seorang kakak pamali dilangkahi dalam urusan pernikahan.  Serta berpengaruhnya sebuah kutukan, seperti sikap Jayram yang menganggap Saru sudah mati padahal masih hidup. Bagi kepercayaan orang India, perkataan orang tua memiliki dua makna, antara doa dan kutukan.

Cantik kan? :D Sumber : Pinterest

Sepanjang cerita emosi saya serasa diaduk-aduk dengan akting keduanya. Chemistry-nya dapat banget, padahal film ini termasuk debut pertama keduanya di kancah film Bollywood. Mawra Hocane yang merupakan aktris asal Pakistan pertama kalinya berani beradegan ciuman di layar kaca. Karena di negara asalnya, tidak diperbolehkan adanya adegan ciuman.  Sementara bagi Harshvardan, yang merupakan actor Telugu, film ini jadi pembuktian aktingnya.

Sempat excited saat penampilan Saru dirubah, makin kelihatan cantik khas perempuan Pakistan. Ya iyalah, wong dia juga profesinya sebagai model sebelum terjun menjadi aktris. Langsing dan berkulit putih, sementara Harshvardhan Rane bergaya cool, badannya sixpack dan bertato dan tatapan ekspresinya dalam boo hahaha.

Body dan Gayanya, bikin termehek-mehek fans-nya. Sumber : Pinterest

Film ini selain ditunjang oleh aktris dan actor-nya yang kece, juga soundtrack lagunya asyik, memperkuat kesan dramatis ceritanya. Bahkan saya ikut berdendang walaupun pengucapannya belepotan hahhaa. Bisa dibilang ini Film India kedua yang tak pernah bosen ditonton dan selalu bikin termehek-mehek setelah film Kuch Kuch Hota Hai.

Sayangnya, untuk lokasi syuting tak banyak mempertontonkan keindahan alam India. Justru malah memberikan kesan India kumuh, seperti lokasi yang dipilih saat Saru menonton acara pernikahan Kavery lewat layar TV yang sudah dipersiapkan oleh Inder. Atau kondisi ruangan apartemen Inder sendiri yang berantakan, tapi ini emang mengesankan keadaan rumah lelaki yang berandalan dan dianggap penjahat karena pernah di penjara. Namun tak mengurangi esensi jalan ceritanya sih. Justru saya penasaran dengan hotel yang dekat dengan laut, kalau di film bagian scene di laut seperti di skip, sementara di video klip soundtrack ada dan cakep gitu pantainya.

 Ih, kok suka sih film dan lagu India? Lha dari kecil saya suka nonton film India yang dibintangi SRK dan lawan mainnya. Gak seperti kebanyakan emak-emak yang menggilai drama korea. Sebenarnya menonton Film India gak ada ruginya kok, palingan yang ada gengsi, hayo ngaku? Apa pasal, saya jadi tahu kebudayaan negara India yang beragam. Banyaknya festival-festival yang diperingati serta tata cara budaya mereka saat pernikahan. Belum lagi tentang sejarah negara india itu sendiri. So, film ini layak masuk daftar tontonan bagi kalian pecinta film Bollywood atau negara India. Oh iya, jangan lupa siapin kotak tisu kalau mau nonton yak ahahaha...

Selamat Menonton...

Ivonie Zahra



38 komentar:

  1. aq baru tau ini pemainnya, ganteng dan cantiknyaaaaa yaa
    mirip banget sama jhon abraham
    akto2 india sekarang yg muda2 ganteng2 ya hahahahahay
    makasih review nya saya jadi pengen nyari filmnya euy
    lagu2nya juga hahahah

    salam kenal ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setelah nonton filmnya saya langsung dong browsing2 para pemainnya mbak hahahaha
      Iya, gestur tubuhnya juga cakeplah ahahahaha.
      Bangeet :D
      Salam kenal juga mbak :)

      Hapus
  2. Oahhh pilem Indiaaa 😆😆😆
    -bukanbocahbiasa(dot)com-

    BalasHapus
  3. aku pas kecil juga sering nonton india, zamannya tuan takur dan inspektur singh hahaha... sekarang film india sudah modern, lebih enak dilihat dan jalan ceritanya tidak selalu mudah untuk ditebak. yang bikin jarang nonton cuma waktu aja sih, kadang kalo ngelonin anak ikut bablas juga hihihi...betewe itu roti sobek apa perut sih kok kotak-kotak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama dong mbak, nama tuan takur sdh mendarah daging ya. Film India dulu ya gitu deh, dulu pokoknya bisa nonton udah seneng. Lain kalau sekarang bisa milih tema yang disukai dan makin beragam filmnya :)
      Roti sobeeeeeek mbak hahahahaha

      Hapus
  4. wah suak film india? Aku mah gak suak , eh tapi saat antv suka nyetel india, sekali nonton , ada sukanya juga, suak lihat baju2nya, cerah dan meriah, jadi pingin pakai sarinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya suka nonton India dari kecil mbak hihi.
      Iya, model sari-nya cakep2 ya mbak, apalagi aksesorisnya :D

      Hapus
  5. Udah jarang banget nih bollywood bikin film romance kayak gini. Kebanyakan thriller

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, bahkan yang terbaru pemainnya yang pernah diundang ke ANTV juga thriller ternyata :D

      Hapus
  6. Mbak Ivon masih aja suka lihat India yaa, aku juga kangen nih nonton Icha sama Taphki tapi dah lama nggak mantengin sinetron India lagi, ada yg bagus nggak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Suka banget mbak. Kalau sekarang udah lama gak nonton sinetron India mbak, kayaknya di ANTV udah jarang deh ditayangin :D

      Hapus
  7. Wah wah, rame nih kayaknya. Saya salah satu Penggemar film India. Kudu nyari nih. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asyik, nambah temennya yang suka nonton film India :D

      Hapus
  8. Wuaaaaa kayaknya bagus nih filmnya
    Dijamin bikin hati termehek-mehek ya
    Walaupun aku bukan pecinta film India, tapi kalau udah kadung nonton biasanya penasaran dan gak beranjak sebelum tuntas hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perlu nonton mbak, buat refresh hubungan cihuy juga lho hahahha

      Hapus
  9. Terakhir nonton bioskop pas jaman masih lajang, berarti udah sekitar sepuluh tahun yang lalu.
    Wah sudah nonton film ini 5 kali mbak? Sepertinya saya harus coba nonton juga nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah lama juga ya mbak :D
      Sudaaah, dan saya kepengen nonton lagi deh habis balasin komen ini hahahaha

      Hapus
  10. akhir-akhir ini film india semakin bagus ya... di bioskop juga film india mulai laku.. harus nonton nih.. hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, duh saya jadinya pengen nonton film India di bioskop deh
      cari info ah :D

      Hapus
  11. Nonton ah. Lama nggak nonton film India. :D

    BalasHapus
  12. ahaha baca artikel ini jd mikir, kapan ya trakhir ke bioskop..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Agendakan mbak, banyak film bagus kayaknya akhir tahun ini :)

      Hapus
  13. aku baru tahu mbak ivon hobi india he :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lho udah dari dulu koh, cuma baru sekarang bisa nulis review India hahahaha

      Hapus
  14. aduh lama banget ga nonton film india, jadi kangen nangis bombay krn film india. hehw. masukin list ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau nonton film ini, jangan lupa siapin tisu ya mbak hahaha

      Hapus
  15. Udah lama gak nonton film India. Aku takut nonton film India, takut susa move on dari cerita dan adegan2nya 😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lha aku habis nonton film ini pun sussah move on kok mbak hahaha

      Hapus
  16. Hahaha Ivon keliatan nulisnya ini pasti semangat banget. Soale detail hampir nyepoiler wkwkwkwk :D
    Hoowalah ini ceritanya semacam bad boy dapat cewek alim gtu ya, kalau baca2 hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahahha, iya. udah kutahan2 lho. kalau detail gempor ngetiknya :))
      Yah, kurang lebih gitulah plus ada unsur adat sana :D

      Hapus
  17. Balasan
    1. Pemeran perempuannya? Iya mbak, aktris Pakistan :)

      Hapus
  18. Aku tuh suka galau kalo mau nonton india. Sebenernya suka, tp ga pengen nonton yg bisa bikin nangis hahahaha... Pgnnya yg lucu ato drama yg happy ending :p. Suami bisa ngegodain ampe ga bosen2 itu kalo ngeliat aku nangis gara2 film :D.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama dong mbak kebiasaan suaminya, suamiku juga gitu kalau au nonton film India dan sampai kebawa nangis suka diledekin mulu :))

      Hapus
  19. Udah lama ga nonton film Indiahe, kangen juga nih hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo nonton mbak, cari film terbaru :D

      Hapus