Jenis-Jenis Bahan Kain Untuk Gamis Wanita Paling Digemari

09.12 Ivonie Zahra 39 Comments



     Jenis-Jenis Bahan Kain Untuk Gamis Wanita Paling Digemari. Saat ini baju gamis, bukan lagi seperti beberapa puluh tahun lalu, yang mana model dan bahannya cuma itu-itu saja. Perkembangan dunia fashion terutama baju gamis kian berkembang pesat. Di pasaran muncul beragam model dan bahan gamis yang bagus. Sehingga menambah kesan cantik, anggun dan syar’i. 



     Berbicara mengenai baju gamis, tak hanya soal harga dan model saja yang jadi pertimbangan. Melainkan bahan baju gamis pun menjadi pertimbangan utama dalam memutuskan membelinya.  Saya sendiri kalau hendak membeli baju gamis baik di toko langsung maupun online, mesti memperhatikan dengan seksama bahannya. Karena bahan baju gamis akan memperngaruhi kenyamanan saat dipakai. Apakah bahannya dipakai terasa adem atau panas. Kainnya termasuk tebal atau tipis. Di pasaran terdapat beragam jenis bahan baju gamis wanita. 


     Untuk itu, kita perlu mengenali jenis bahan yang digunakan untuk baju gamis wanita. Kalau dulu mungkin hanya satu atau dua jenis bahan yang sering digunakan. Berikut beberapa bahan baju gamis yang perlu kalian tahu. 

Katun





Jenis bahan katun biasanya lebih sering dan banyak digunakan untuk gamis wanita. Di pasaran pun ada beragam jenis bahan katun yang berbeda, baik dari segi harga maupun kualitasnya. Bahan katun banyak dipilih untuk gamis wanita karena jenis kain yang adem, halus dan enak dipakai. Apalagi cuaca di Indonesia yang termasuk negara tropis dan cenderung panas, sehingga memilih bahan dari katun tidak bikin gerah dan berkeringat. Selain itu bahan katun sifatnya kuat dan tahan lama. Perawatannya pun lebih mudah ketimbang bahan lainnya. Bahan katun ada beberapa macam, diantaranya katun biasa, katun rayon, katun Bangkok, katun silk sutra, katun satin jepang, katun paris, katun ima dll. 

Woolpeach atau Wolfis







Jenis bahan woolpeach, belakangan ini sering dipakai untuk gamis wanita selain katun. Bahan kain woolpeach merupakan bahan kain yang terbuat dari campuran katun, sutra dan tambahan serat sintetis. Kain woolpeach ini cenderung tipis dan ringan namun tidak menerawang, sehingga banyak muslimah yang menyukai dan mencari baju gamis dari bahan ini. Tekstur kainnya halus dan ringan. Sementara untuk penyebutannya lebih familiar dengan nama wolfis. 

Baloteli 



Jenis bahan baju gamis ini sebenarnya  masuk dalam kategori kain katun, hanya saja memiliki sifat dan perbedaan tersendiri sehingga lebih populer dengan nama baloteli saja. Bahan kain baloteli teksturnya memiliki garis-garis pada seratnya sehingga kalau diraba agak kasar. Namun bahan ini pun sering digunakan untuk pembuatan gamis wanita karena bahan ini serat kainnya rapat, tidak menerawang, sifat kainnya jatuh lemas, tebal namun ringan sehingga mudah dibawa-bawa dan adem dipakainya. 

Jersey 






Selain sering digunakan untuk bahan kaos bola, bahan jersey pun juga banyak digunakan untuk baju gamis. Namun bahan jersey pun beragam jenis, kualitas dan juga harganya. Tinggal kita mau memilih yang mana, apakah dari segi kualitas atau harganya. bahan jersey ini jenis tekstil rajutan yang terdiri dari serat katun secara keseluruhan maupun yang dicampur dengan serat sintetis. Sifatnya strech, halus, dan tebal. Namun, kalau hendak digunakan untuk baju gamis wanita perlu diperhatikan ukurannya. Karena bahan jersey ini kalau digunakan sesuai ukuran tubuh maka akan terlihat lekuk tubuh. Sehingga disarankan untuk membuat dengan ukuran lebih besar dari ukuran badan. Dulu kain jersey cenderung banyak polosnya, namun belakangan banyak beredar di pasaran jersey dengan motif yang beragam dan bagus. Sehingga banyak digemari oleh para muslimah, termasuk saya hehehe.

Titanium Satin



Jenis bahan baju gamis satu ini tergolong agak mewah sih dibandingkan dengan jenis bahan lainnya. Kain satin merupakan kain yang ditenun dari serat buatan seperti polyster, nilon dan rayon. Memiliki ciri khas permukaan kainnya licin dan mengkilat, namun dibagian belakangnya tidak mengkilat. Selain itu sifat bahannya halus dan lembut. Karena kesannya mewah, seringnya yang saya tahu digunakan untuk gamis wanita ke acara tertentu, misalnya pernikahan. 

Maxmara


Jenis bahan kain ini hampir sama dengan satin, namun tekstur kain maxmara lebih halus. Sehingga sempat mencuri perhatian para desainer maupun para muslimah yang gemar memakai gamis. Jenis kain yang licin, ringan dan tidak menerawang. Selain itu sifatnya halus dan terasa lembut saat diraba. Kalau diperhatikan secara detail, serat kainnya lebih rapi ketimbang satin. Tidak hanya itu, kain maxmara tergolong berkilau namun kesannya lebih doff dan tidak glossy. Pantas saja jadi incaran banyak muslimah sebagai gamis wanita. 

     Itulah beberapa jenis bahan kain yang saya ketahui dan amati dari berbagai toko, baik offline maupun online. Biasanya sebelum saya memutuskan untuk beli gamis wanita tertutama online, terlebih dulu menanyakan jenis bahannya kepada penjual maupun membaca secara detail keterangan produknya. Kalau beli offline, kan bisa  meraba dan memperhatikan langsung bahannya selain menanyakan pada penjualnya. 


     Dari sekian jenis bahan kain gamis wanita, saya memiliki lima jenis diantaranya namun yang paling favorit tentu saja jenis bahan kain katun, terutama katun jepang. Harga dengan kualitas kainnya tentu bisa dibilang seimbang lah. Selain itu buat saya pribadi bahannya lebih enak dan nyaman dipakai dalam suasana apapun. 


     Semoga sedikit hal yang saya tahu mengenai jenis bahan kain gamis wanita, semoga bermanfaat, sekiranya ada kesalahan dengan senang hati untuk mengoreksinya dan akan saya perbaiki. Nah, gamis yang kalian miliki termasuk jenis bahan kain yang mana nih? Boleh dong disharing dalam kolom komentar. 

39 komentar:

  1. Paling suka bahan katun akrena adem dan nyerap keringat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, itu paling digemri, makanya kutaruh urutan pertama hehehe

      Hapus
  2. Aku masih gagap kalau ngomongin jenis kain 😃

    Yang satin itu tampaknya bagus. Ada kesan mewahnya. Bener ga ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, soalnya mengkilap jadi terkesan mewah

      Hapus
  3. Terima kasih untuk infonya ya mbak, bisa jadi referensi nanti pas saya mau bikin gamis nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mbak. Apalagi bentar lagi lebaran yak, mulai nyicil persiapan belanja kain nih hehehe

      Hapus
  4. Wah iya aku suka banget katun sama maxmara, makasih infonya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mbak, daku belum punya yg bahannya maxmara, cuma pernah megang hahaha

      Hapus
  5. Ooh ternyata banyak jenisnya ya bahan gamis itu, paling enak emang katun karena nyaman dan nyerap keringat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyaak, ini baru sebagiannya aja wkwkwkwk

      Hapus
  6. Paling suka sama Jersey soalnya nggak perlu disetrika terus cepet keringnya. Pernah pakai gamis bahan jersey terus kehujanan, beberapa jam kemudian langsung kering lagi doong. Rata-rata bawahan aku atau gamis bahannya jersey ya karena alasan ini sih. Hehehe

    BalasHapus
  7. waaah mbak e kirain dagang kain...

    BalasHapus
  8. Kainpun ada ilmunya keren

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, kalau salah pilih kain dipakai malah gak nyaman hehehe

      Hapus
  9. aku suka bahan satin, terlihat hidup warnanya. emang sih harus rajin gosoknya. kalau perlu sampe licin biar kelihatan bersih dan glamor.

    BalasHapus
  10. Bahan katun paling nyaman digunakan di hawa tropis.

    BalasHapus
  11. Gak perlu takut untuk terbatas dalam tampil syar'i ya ka. Sudah banyak trend fashion yg juga turut memikirkan tampilan pakaian yg sesuai syariat Islam.. mantab. Tetap nyaman, aman dan sesuai aturan.

    BalasHapus
  12. jadi tau jenis-jenis kain :D

    BalasHapus
  13. bahan kain pun aku pertimbangkan juga kalo pas nyari baju, entah buat acara maupun kerja
    bermanfaat nih info tentang jenis kainnya, mbak ivon :)

    BalasHapus
  14. Makasih infonya kakak, aku juga suka bahan katun karena menyerap keringat dan adem kalau untuk hijab aku suka maxmara

    BalasHapus
  15. aku suka katun sik... adem... tapi yang lain juga bagus...

    BalasHapus
  16. Aku sampai sekarang belum pernah pakai gamis... Haha. Tapi kalau soal bahan, katun paling favorit :D

    BalasHapus
  17. Aku baru tahu kalau ada bahan maxmara, bukannya itu perancang busana ya, eh atau rumah mode. Terima kasih Mba, aku jadi punya pengetahuan baru tentang jenis kain.

    BalasHapus
  18. Banyak juga jenis kain yang dipakai buat gamis. Meskipun aku ga pakai gamis, tapi bisa jadi rekomendasi buat hari lebaran nanti.

    BalasHapus
  19. Kalau aku paling suka katun. Krn enak dan gampang nyerap keringat. Trus kl dipakai juga gak membentuk bodi

    BalasHapus
  20. Wah, jadi lebih tahu bahan kain untuk gamis, meski katun is the best buat aku ya...

    BalasHapus
  21. Wolfis, maxamara aku suka, tapi kalo ada chiffon juga boleh.. Lebih adem hehje

    BalasHapus
  22. lengkap banget kaka, jd tau bahan bahan :D

    BalasHapus
  23. siap masukanya kak.. aku coba aah buat nanti calon istri

    BalasHapus
  24. setuju mba.. aku juga suka bahan katun jepang klo buat baju.. adem

    BalasHapus
  25. Wah mbak...informasinya bermanfaat banget, kebetulan saya kurang mengerti ttg jenis2 kain. Makasih ya mbak.

    BalasHapus
  26. Saya suka sama balotelli, wolfis. Agak tebal dan dipakai ke badan nggak melepet

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mbaak, dan rata-rata yang saya tulis jenis kain yang tak pakai hehehe

      Hapus
  27. wihh lengkap banget infonya mba, makasih yaaa...

    BalasHapus
  28. Sampe sekarang bahan favoritku masih katun...walaupun bahan lain seperti satin juga oke untuk baju pesta...habisnya kalo katun gampang ngrawatnya...hahhah..ketok lek males Yaaa..hahaha

    BalasHapus
  29. Aku cuma punya gamis berbahan katun doang hahaha, lebih suka kain maxmara buat hijab dibanding gamis

    BalasHapus
  30. favorite aku baloteli sama katun.
    kalo beli gamis yang udah jadi pasti harus dikecilin, ukurannya sering kebesaran.

    BalasHapus