Ramadhan Ekstra : Tips Cerdas Belanja Online Di Tokopedia

02.36 Ivonie Zahra 4 Comments

Sumber : Pixabay


Saat ini waktu berasa cepat sekali berlalu, padahal baru kemarin awal tahun sekarang sudah mau memasuki  Bulan Ramadhan saja. Biasanya nih ya, kalau menyambut Bulan Ramadhan antara senang dan sedih, senang karena  masih mendapat kesempatan meraih berkahnya dengan ibadah sehingga jadi Ramadhan ekstra. Sedihnya, kalau masih ada hutang puasa yang belum lunas serta godaan lainnya seperti agenda belanja ye kan? Hahaha...


Ramadhan tahun ini masih sama seperti tahun sebelumnya, saya bakal menjalaninya sambil menyusui Aira. Padahal nih ya, pas ramadhan tahun ini dia genap berusia 2 tahun. Sampai sekarang saya masih sounding untuk masuk tahap menyapih. Pengennya pas puasa udah bisa disapih dan ternyata belum berhasil saudara-saudara hahaha...semoga nanti bisa kuat puasa sehaian sambil menyusui ya, doain dong hehehehe


Ngomongin soal Bulan Ramadhan rasanya bakal ada kurang kalau gak bahas soal belanja. ya iyalah kegiatan yang menarik nih bagi saya. Secara belum masuk bulan Ramadhan ada di beberapa pusat perbelanjaan udah bertumpuk-tumpuk tuh bahan makanan dan lain sebagainya. Malah kadang bikin pusiang lihatnya hiks.


Kalau biasanya lebih suka belanja ke pusat perbelanjaan, kayaknya tahun ini bisa banget deh belanja online. Apalagi ada kebutuhan yang memang kepengen beli secara online saja. Mengingat beberapa marketplace online mulai menebarkan godaan diskon dan sebagainya, salah satunya di Tokopedia. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan bila hendak belanja secara online. Berikut ini beberapa tips dari saya yang bisa dijadikan pertimbangan.

1.     Bandingkan Harga Di Setiap Toko Online Di Tokopedia
Kalau biasanya belanja di toko offline saja saya suka membandingkan harga terlebih dahulu, kenapa gak dilakukan di toko online juga. Secara memiliki toko online yang banyak dan berkualitas. Di Tokopedia sangat memungkinkan saya untuk membandingkan harga antar toko online dengan mudah dan cepat. Saya cukup mencari produk yang dibutuhkan selama bulan Ramadhan maupun menjelang lebaran sehingga belanja online lebih hemat. Paastikan memilih produk yang harganya tepat dan sesuai dengan spesifikasi yang pas.

2.     Memilih Produk Berkualitas Dari Produsen Lokal
Meski dibilang Ramadhan Ekstra tapi soal memilih produk gak harus melulu produk dari brand luar negeri. Banyak juga brand produksi lokal yang dari segi kualitas gak kalah bagus. selain itu bisa menghemat budget yang sudah disiapkan. Di Tokopedia banyak sekali produk berkualitas baik branded maupun lokal yang bisa jadi pilihan.


3.     Pastikan Barang Asli
Biasanya kalau saya belanja online dan memilih barang yang branded, terlebih dahulu memastikan mengenai produk tersebut. apakah itu produk asli atau kw, jangan sampai niatnya beli barang online yang asli namun yang diterima kw. Hal ini bikin pembeli kapok belanja di toko online. emang ada barang kw dibilang asli? Ada, beberapa teman saya pernah mengalaminya.

4.     Cari Toko Online Terdekat
Biasanya nih, kalau belanja online selain harga yang jadi pertimbangan tentu saja ongkos kirim. Makanya kalau saya belanja online lebih suka cari toko online yang terdekat dengan tempat tinggal terlebih dahulu. Jadi gak ada ceritanya gak mau belanja online cuma karena kepentok ongkos kirim yang mahal karena toko online-nya jauh.

5.     Pilih Cara Pembayaran Yang Tepat

Kenapa suka belanja online di Tokopedia? Salah satunya ya kemudahan dalam hal pembayaran. Marketplace ini memiliki banyak metode pembayaran yang dapat digunakan, seperti halnya saldo Tokopedia, transfer bank dengan pilihan berbagai bank ternama, kartu kredit cicilan hingga pembayaran yang bisa dilakukan melalui minimarket waralaba.


6.     Pilih Metode Pengiriman Paling Efisien
Hal yang perlu diperhatikan dalam belanja online, yaitu mengenai proses pengiriman barangnya. Di Tokopedia sendiri ada banyak metode dan jasa pengiriman yang bisa lebih efisien. Atau pun bisa juga menggunakan  kurir instan melalui jasa driver transportasi online. selain itu sebelum menentukan hendak menggunakan metode pengiriman, bisa membandingkan terlebih dahulu biaya kirim antar jasa pengiriman sehingga motedenya pas dan bisa lebih hemat.


7.     Manfaatkan Promo dan Diskon
Terakhir tips yang paling dinanti tentu saja memanfaatkan promo dan diskon. Orang mana coba yang gak suka dengan urusan promo dan diskon kalau mau belanja online? secara adanya promo maupun diskon nantinya bakal lebih menghemat pengeluaran. Di bulan Ramadhan, Tokopedia menberikan solusi dan kesempatan bagi para pembeli dalam menikmti bulan Ramadhan. Rangkaian promonya bakal bikin Ramadhan makin ekstra, terutamanya ekstra berbagi ke saudara yang membutuhkan keperluan selama Ramadhan dan menjelang lebaran.


Nah, itulah beberapa tips cerdas belanja online di Tokopedia yang sering saya lakukan. Terkadang belanja online itu emang diperlukan karena mengehemat waktu dan energi.
Ternyataaa, gak cuma itu lho, bakal ada kejutan lagi di tanggal 25 Mei dari Tokopedia yang akan membuat Ramadhan Ekstra menjadi lebih ekstra! Seperti layaknya festival belanja online “Black Friday”

Hmm kira-kira bakal ngasih kejutan apa ya Tokopedia? Kalian jadi penasaran gak sih terutama yang biasa mantengin website maupun applikasinya Tokopedia? Kalau saya sih iya, lumayan kan belanja di bulan Ramadhan maupun jelang lebaran bakal lebih hemat. Apalagi di tanggal segitu uang makan dan THR suami udah cair nih hahahha. Saya kan jadi makin semangat belanjanya.



4 komentar:

  1. Setuju banget nih. Ketimbang belanja di mal atau swalayan, lebih enak beli online saja karena lebih banyak pilihan model dan harga, juga biasanya banyak sekali promo yang ditawarkan e-commerce. Misalnya di Tokopedia ya yang menggelar promo Ramadan Ekstra. Jadi, ibadah selama Ramadan tidak terganggu oleh acara belanja-belanji deh. :)

    BalasHapus
  2. Belanja online memang mudah tapi tetap harus cerdas ya dalam berbelanjanya

    BalasHapus
  3. Tokopedia mah, opsi pertama banget kalo lagi pengen beli apa apa :)

    BalasHapus
  4. ramadhan ekstra... mau ahh

    BalasHapus