Pucuk Coolinary Festival Sukses Hadirkan Tiga Citarasa Kuliner Di Kota Malang

01.06 Ivonie Zahra 3 Comments



Kota Malang tak hanya dikenal sebagai kota pendidikan, nyatanya perkembangan kulinernya pun kian berkembang. Maka tak salah kalau Teh Pucuk Harum memilih kota Malang sebagai kota pembuka gelaran festival. Bisa dibilang festival kuliner ini yang pertama dan terbesar di Malang, dengan tajuk Pucuk Coolinary Festival.


Saya sebagai foodie tentu saja tak ingin melewatkan momen penting dan menarik ini. Pada hari Sabtu, 1 September 2018, saya, suami dan beberapa blogger Malang dan luar kota hadir di awal pembukaan Pucuk Coolinary Festival yang berlokasi di Lapangan Rampal Malang. Di sana juga hadir beberapa media yang ada di Malang, baik media cetak maupun online turut menyaksikan jalannya pembukaan festival ini. Bahkan saya sempat melihat beberapa crew dari salah satu televisi swasta turut hadir meliput.

Pembukaan Pucuk Coolinary Festival Di Lapangan Rampal


Pucuk Coolinary Festival ini dibuka oleh Pelaksana Tugas ( PLT ) Walikota Malang, Bapak H. Sutiaji, Kepala Dinas Pariwisata & Kebudayaan Kota Malang, Ibu Ida Ayu serta Sekretaris Daerah sebagai bentuk apresiasi terhadap penyelenggaraan festival kuliner ini.  Bahkan pada sesi sambutannya, bapak Walikota menantang pihak Pucuk harum dan Malang Post untuk mengadakan event kuliner skala nasional di Malang. Tak hanya itu, dengan adanya festival kuliner seperti ini bisa membantu para UMKM mengembangkan usaha mereka.




Dalam kesempatan tersebut juga hadir Bapak Erick Harijanto selaku Marketing Manager RTD Tea & Juice dari PT. Mayora Indah Tbk yang menaungi produk Teh Pucuk Harum. Pucuk Coolinary Festival ini  merupakan persembahan dari teh Pucuk Harum dengan menghadirkan lebih dari 100 tenant kuliner. Tujuan dari acara ini, Teh Pucuk Harum ingin memberikan pengalaman wisata kuliner yang mana para foodies bisa bebas menikmati kuliner favorit di kota Malang sehingga dapat menemukan rasa favorit bersama Teh Pucuk Harum. Acara bakal berlangsung selama dua hari berturut-turut yaitu tanggal 1-2 September 2018.

Bapak Erick Haijanto juga menyampaikan,” Sudah bukan rahasia lagi bahwa Malang adalah salah satu destinasi wisata kuliner yang paling banyak dikunjungi. Berbagai kuliner Malang tentu selalu dinanti oleh para foodies dari berbagai kota di Indonesia. ratusan tenant kuliner di Pucuk Coolinary Festival selama dua hari siap memanjakan lidah dan perut para foodies dengan harga yang pas dan sesuai porsi. Selain itu tidak perlu khawatir bosan dengan rasa kuliner yang itu-itu saja, karena tenant kuliner di Pucuk Coolinary Festival bakal terbagi dalam 3 zona rasa favorit, yaitu Manis, Pedas dan Gurih”, ujarnya.

Pucuk Coolinary Terbagi 3 Zona Citarasa, Asin, Gurih dan Pedas


Usai acara pembukaan yang dilakukan bapak wali kota, saya pun mulai masuk gerbang  menuju tenant kuliner. Pintu gerbang besar terbuat dari balon bertulisan Pucuk Coolinary Festival siap menyambut saya dan para foodies lainnya. Masyarakat pun langsung menyerbu masuk guna menemukan rasa favorit kuliner mereka.

Setiap zona dipisahkan oleh gerbang balon raksasa sesuai dengan zona masing-masing. Awal massuk, saya disuguhi bagian zona citarasa manis. Kebetulan saya memeng kebagian mengulas bagian Zona Manis. Ada banyak tenant kuliner yang menyajikan makanan manis, mulai dari salad buah, cake, hingga gelato. Menu kuliner legendaries hingga kekinian yang bercitarasa manis.

Dari sekian banyak tenant, ada beberapa yang sempat saya kunjungi diantaranya;


-          Dapur Unni
Dapur Unni yang saya tahu, tenant kuliner yang nyajikan pizza dan salad, namun di Pucuk Coolinary Festival ini menyajikan salad buah yang fresh dan healthy dengan varian rasa suasnya. Pengunjung bisa request ingin saus original. Strawberry, blueberry, melon, mangga hingga leci.
Siang yang panas ditemani dengan salad buah menjadikan pengalaman kuliner saya tersegarkan. Potongan buah yang besar-besar, saus strawberry yang yummy dan taburan keju yang melimpah menjadikan kuliner ini terasa manis dan komplit.
Maka tak heran kabar yang saya terima, Dapur Unni selama dua hari mengikuti festival berhasil menyajikan sebanyak 983 mangkok salad buah. Sebuah pencapaian yang luar biasa bukan? Oh iya, salad buahnya terbagi dalam 2 varian, yaitu small dan medium yang dibandrol seharga 10 ribu dan 15 ribu, terjangkau banget bukan?

Queen Apple & Ini Keripik


Siapa sih yang gak tahu Farah Quinn? Yup, beliau adalah sang pencetus cake kekinian Queen Apple. Meskipun termasuk cake kekinian, namun Queen Apple kuliner yang mewakili kota Malang karena bahan baku pembuatan cake ini benar-benar berasal dari Malang. Yaitu buah Apel terbaik yang berada di Malang.
Saya sudah beberapa kali mencobanya, namun waktu Pucuk Coolinary Festival sempat mencicipi menu Apple Strudel yang isiannya gak bikin eneg. Manisnya pas, meskipun yang saya cicipin varian keju. Selain itu juga sempat mencicipi produk Ini Keripik varian terbaru yaitu Tempe Cryspy Salted Egg.

Kue Cubit Yummie
Dari dulu saya selalu penasaran dengan kuliner kue cubit ini dan pas banget di Pucuk Coolinary kuliner ini dijajakan. Saya pun mampir ke tenant Kue Cubit Yummie dan memilih varian green tea. Malam harinya suami dan keponakan sempat mencicipi varian coklat topping marsmallow dan meses.
Rasanya manis enak, lumer dimulut hampir mirip kue bikang kalau kata suami hahaha. sampai rumah anak sulung saya rebut minta dibikinin lagi karena sudah habis.
Serta masih banyak tenant kuliner lainnya yang bercitarasa manis, seperti Ketan Legend, Bgvil Gelato, Koono Gelato, Martabak Fatmawati, Oh My Getuk dll.

Selanjutnya saya meneruskan keliling tenant ke zona gurih, sempat mampir ke tenant Burger Shot. Burger favorit yang kebetulan ownernya teman satu grup kuliner di Malang. Selalu suka       “dengan roti burgernya yang lembut dan citarasa dagingnya yang enak gurih berasa bumbunya.  

Sementara dibagian zona Pedas, saya sempat mampir dan mencicipi tenant Bakso Bakar SS dan Korean Corner. Sebenarnya sebagai pecinta kuliner pedas, banyak banget tenant yang menggoda buat dicicipin, tapi kondisi gak memungkinkan.

Pucuk Coolinary Festival Bertabur Hadiah


Pucuk Coolinary Festival tak hanya menyajikan kuliner terbaik di Malang, juga diisi dengan kegiatan seru lainnya, seperti Spicy King Noddle Contest dimana pengunjung  akan ditantang untuk lomba menyantap mie jumbo pedas dalam waktu dan level yang sudah ditentukan. Tak lupa hadiahnya pun amat menggiurkan.

Selain itu ada juga sesi “Happy Hour” yang mana di jam-jam tertentu pengunjung bisa menikmati kuliner dengan harga spesial. Acara ini juga diisi dengan rangkaian acara lain seperti penampilan music dari musisi lokal Malang yaitu Band D’Synthetic yang mana sebagai pemenang Pucuk Cool Jam 2018 serta Lomba Mewarnai di pagi hari.

Foodies tak hanya dapat menikmati aneka kuliner di Pucuk Coolinary Festival. Karena setiap harinya ada grand prize 1 unit sepeda motor Yamaha NMAX. Di hari kedua acara festival ini, Lapangan Rampal penuh banget, dipadati para foodies yang hendak berburu kuliner sekaligus acara penutupan festival ini. Tercatat dari info yang saya dapatkan lebih dari lima puluh ribu orang selama dua hari meramaikan acara festival ini.

Respon yang sangat luar biasa dari para pecinta kuliner ini seakan membangkitkan optimisme para pebisnis kuliner yang berpartisipasi dalam Pucuk Coolinary Festival sebagai Sahabat Kuliner Teh Pucuk Harum. Di hari dua saat malam penutupan acara  diumumkan pemenang ’Tenant Kuliner Favorit’ dengan 3 kategori Zona Pedas, Gurih, dan Manis yang mana  dipilih berdasarkan voting dari para pecinta kuliner. Hadiah uang tunai senilai 15,000,000 rupiah diberikan masing-masing kepada Bos Pentol dari Zona Pedas, Roti John Legend dari Zona Gurih, dan Bakpao Sayang dari Zona Manis sebagai apresiasi Teh Pucuk Harum agar kedepannya bisa mengembangkan bisnis kuliner tersebut. Ketiga kuliner tersebut berhasil menjadi tenant terfavorit dengan sajian kulinernya yang lezat dengan totalitas rasa pedas, gurih, dan manis yang mampu memanjakan lidah dan perut para pecinta kuliner yang hadir.

Harapan saya sih, acara ini bisa diadakan setiap tahun dan durasai waktunya ditambah supaya penumpukan pengunjung separah seperti di hari kedua acara. Bahkan venue parkir dalam tak sanggup menampung sepeda motor pengunjung. Gang tempat tinggal warga sekitar jadi parkir bayangan namun disisi lain mereka juga kecipratan rezeki acara festival ini ya.

Nantikan terus update terbaru dari Pucuk Coolinary Festival yang akan segera kembali digelar tepatnya di Kota Bandung melalui website www.tehpucukharum.com dan like Facebook Teh Pucuk Harum di @pucukharumid, follow akun Twitter di @pucukharumid, YouTube Channel Pucuk Harum, dan Instagram di @pucukharumid
 


                 

3 komentar:

  1. Kapan ya ada event keren kaya gini lagi

    BalasHapus
  2. Kemarin asalnya mau ke sini, tapi tetiba bentrok sama acara di Bogor duhh

    BalasHapus
  3. Kalau ke event gini aku tuh suka kalap 🤣 Kalau bisa semua stand dicobain hahaha

    BalasHapus