COCOFEST AWARD 2018 Surabaya : Spirit of Millennials Tribute to Heroes

01.08 Ivonie Zahra 18 Comments



Di era millennial sekarang ini, berita maupun konten yang beredar di dunia maya sangatlah cepat. Namun sisi buruknya terkadang sebuah berita atau konten itu di telan mentah-mentah, padahal belum pasti dari mana asal sumbernya sehingga banyak bermunculan berita maupun konten hoax.

Berawal dari situlah Kementrian BUMN melalui Bank Mandiri mengelar acara yang berkaitan dengan proses kreatifitas anak muda Indonesia. gelaran tersebut bertajuk Content Creation Festival atau lebih disingkat Coco Festival Indonesia 2018. Tujuan dari gelaran festival ini merupakan mengajak para generasi millennial untuk menjadi pahlawan masa kini dengan membuat berbagai konten positif dan kreatif melalui media sosial yang dimiliki.


Sebagai puncak dari acara Cocofest 2018, saya mendapat kesempatan untuk jadi bagian dalam pengumuman sekaligus penyerahan hadiah bagi para pemenang. Acara tersebut diadakan pada tanggal 10 November 2018, bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan Nasional. Acara diadakan di Parkir Timur Delta Plaza dan Monumen Kapal Selam Surabaya. Mengusung tema Spirit of Millenials ; Tribute to Heroes acara digelar mulai siang hingga malam.

Rangkaian Acara Cocofest Award 2018 Di Surabaya


Acara Cocofest itu sendiri sudah berlangsung sejak bulan Oktober 2018, rangkaian kegiatannya pun banyak mulai dari kegiatan Flashmob di Stasiun Kereta Api Bandung dan Museum Fatahillah Jakarta. Dalam kompetisi festival ini dibagi dalam empat kategori yaitu Cocofest Nature, Cocofest Transportasi, Cocofest Infrastruktur dan Cocofest Lifestyle.


Lokasi tempat acara yang berada di dua tempat yaitu Parkiran Timur Delta Plaza Surabaya dan Monumen Kapal Selam. Area gerbang masuk berada di pintu masuk Monumen Kapal Selam yang nantinya terhubung oleh gerbang menuju tempat parkir timur Delta Plaza yang mana terdapat panggung utama acara.

Dalam puncak perayaan ini terdapat beberapa kegiatan, seperti Showcase & Workshop tentang industri kreatif. Ada beberapa booth yang menampilkan dan memajang hasil karya para UMKM, kita bisa melihat secara langsung produk-produk mereka dan bisa dibeli untuk dibawa pulang sesuai kebutuhan. Mulai dari produk aromatherapy seperti The Essential Oil dan Econic Soap, Arjuna Copper hingga produk home living seperti sepaket sarung bantal maupun rajutan.







Sedangkan di sesi Keynote Speech dan Idea Talks menampilkn Aries Lukman dan Inijie. Keduanya merupakan content creator yang karya-karya sungguh amazing dan menginspirasi banyak orang. Kalau Inijie mah memang saya udah gak asing lagi, karya konten food photography-nya memang kece banget.  Selain kedua narasumber yang sudah disebutkan, acarapun makin seru oleh penampilan dari Bottle Smoker dan The Soulful sambil menanti kedatangan Ibu Rini Sumarno selaku Menteri BUMN.

Acara ini semakin terasa atmosfir kepahlawanannya karena dress code yang dipakai mengusung tema pahlwan seperti baju model tentara, pejuang hingga dokter. Para BUMN Millenials begitu antusias dengan acara ini. Ya, merekalah kelak yang akan menjadi pejuang penerus menjaga dan mengembangkan asset BUMN untuk masa mendatang. Tak hanya dihadiri oleh millenials Bank Mandiri tetapi juga oleh anggota BUMN lainnya seperti Bank BRI, Bank BNI maupun para undangan BUMN lainnya.


Akhirnya hingga malam yang ditunggu-tunggu pun tiba, Ibu Rini Sumarno selaku Menteri BUMN tiba dilokasi acara yang sebelumnya disambut dengan teaterikal perjuangan di depan pintu masuk Monkasel Surabaya. Selanjutnya digiring ke tempat yang sudah disiapkan dekat dengan panggung utama diikuti oleh bebrbagai pihak tamu undangan di belakangnya.

Begitu sampai di lokasi, sebelum acara dimulai dan dibuka oleh Ibu Rini, mengajak berdoa dan mengheningkan cipta sejenak guna mendoakan para pejuang maupun pahlawan di masa lalu dan juga mendoakan para korban bencana yang terjadi di Indonesia.

Tentu saja sesi yang ditunggu-tunggu adalah pengumuman pemenang conten creator yang dilakukan secara online dan telah diikuti oleh ribuan content creator dalam empat kategori. Saat nominasi ditampilkan, memang patut diacungi jempol karena karya-karya mereka bagus-bagus dan kreatif. Yang lebih membanggakan, penyerahan hadiah kompetisi ini langsung dilakukan oleh Menteri BUMN Ibu Rini Sumarno dan juga Direktur Utama Bank Mandiri Bapak Kartika Wirjoatmodjo.



Usai penyerahan hadiah kepada para pemenang, yang juga ditandai dengan permainan kembang api di langit kota Surabaya malam itu,  Ibu Rini sempat memberikan sambutan penyemangat untuk para millenials BUMN agar lebih giat berinovasi guna kemajuan BUMN ke depannya. Bahkan Ibu Rini juga bakal sering menemui mereka untuk memberikan ide-ide segar yang nantinya para millennial BUMN yang akan mewujudkannya karena faktor usia.



Selain itu juga berpesan pada generasi muda Indonesia agar membuat dan menyampaikan konten-konten yang positif di dunia maya guna memerangi konten Hoax yang merajalela akhir-akhir ini yang cukup meresahkan masyarakat. Bahkan usai menyampaikan pesan tersebut sempat ada teaterikal Stop Hoax berupa zombie-zombie yang mana sebagai perwijudan hoax merangsek ke depan panggung dan langsung ditumpas oleh Ibu Rini.

Selanjutnya diisi dengan pembacaan Deklarasi Sinergi Muda untuk Indonesia oleh beberapa perwakilan anak muda di atas panggung. Kemudian sebelum Ibu Rini turun dari panggung sempat melakukan flash mop bersama seluruh hadirin yang datang malam itu yang menambah semarak acara meski waktu kian beranjak larut.

Sebagai penampilan terakhir, ada Rini Wulandari yang bakal menghibur para millenials BUMN yang masih di tempat acara. Rini Wulandari membawakan beberapa lagu yang asyik banget sekaligus nostalgia yang juga membuat para hadirin ikut menggerakan tubuh bergoyang seirama music serta bernyanyi bersama. Termasuk juga dengan saya, boleh saya akui, suara Rini Wulandari ini memang bagus dan asyik didengar.


Penampilan Rini Wulandari juga didukung dengan permainan music yang ditampilkan oleh Kenny Gabriel yang gak kalah serunya. Saking asyiknya rasanya tak ingin lekas beranjak dari depan panggung walau waktu udah makin malam sekaligus hawanya yang cukup gerah. Beruntung hari itu gak turun hujan sih, karena beberapa hari sebelumnya di Surabaya sempat turun hujan.

Dirasa sudah cukup menikmati hiburan dari Rini Wulan dari dan Kenny Gabriel, karena Rini pun sudah masuk ke belakang stage. Saya menemui suami, iya selama acara berlangsung saya dan suami lebih sering terpisah walau awalnya saja yang bareng.

Itulah rangkaian cerita keseruan COCOFEST AWARD 2018 di Surabaya. Harapannya ke depan bakal ada acara-acara semacam ini yang lebih menarik guna memberikan wadah maupun apresiasi bagi anak muda Indonesia dalam menciptakan konten positif maupun kreatifitas lainnya. Karena bangsa yang maju itu ada di tangan generasi selanjutnya. Mau dibawa kemana negeri ini kalau para millennial-nya tidak aktif mengembangkan kreatifitas positif mereka. Untuk itulah tetap semangat berkarya untuk negeri ini para generasi millennial Indonesia.

Jadikan semangat para pejuang dahulu yang membawa negeri ini hingga merdeka seperti sekarang. Kini giliran para generasi millennial yang semangat memajukan negeri ini agar tidak makin tertinggal dengan negara lain.






18 komentar:

  1. dari tulisanmu berasa sekali keseruan acaranya mba

    BalasHapus
  2. ACaranya KUEREEENNN ya mba
    Kindly visit my blog: bukanbocahbiasa(dot)com

    BalasHapus
  3. Cocofest bukan hanya keren acaranya. Maknanya untuk menghormati perjuangan para pahlawan, baik yang dulu maupun pahlawan milenial sekarang. semoga makin banyak acara keren yang bisa meningkatkan semangat berkarya seperti ini di kota lainnya ya

    BalasHapus
  4. Menciptakan pahlawan millenial . . . . ini kreatifitas yang patut kita apresiasi

    BalasHapus
  5. Aku gagal fokus sama aksesorisnya mba, cantik-cantik banget ya

    BalasHapus
  6. Mb,kamu org Surabaya ya?
    Hipe nya berasa sekali mba. Area Delta situ wkt aku masih stay di sby sering dipakai buat event.

    BalasHapus
  7. Keren banget siy acaranya jadi pengen main ke Surabaya, *eeh...

    BalasHapus
  8. Menanti cocofest di Jakarta.. eaaa.. mau juga dong warga Jakarta seseruan bareng seperti di Surabaya.. ajang kumpul seru para millennial.. dan semoga tujuan dari pelaksanaan event ini dapat tercapai dan semoga tahun depan bisa di Jakartta.. aamiin (tetep yee)

    BalasHapus
  9. Tujuan acaranya bagus banget ini. Biar gak sembarangan berita nyebar sana sini. Swmoga ada di Jakarta

    BalasHapus
  10. Acara Cocofest ini seru banget ya, apalagi ada booth-booth yang bisa disambangi dan memanjakan mata juga.

    BalasHapus
  11. Acaranya meriah ya..
    Bagus banget nih ajang kreatifitas untuk para generasi milenial. Semoga programnya terus berlanjut dan semakin banyak wadah menuangkan kreatifitas yg inspiratif

    BalasHapus
  12. seru neh... aku cuma kebagian buzzernya aja wkkwkw

    BalasHapus
  13. Hepi amaaaattt siihh. Seru deh acaranya.

    BalasHapus
  14. Wahh cocofest ini ternyata powered by bank mandiri yah..
    Udah ketebak, karena acaranya gede dan meriah banget keliatannya :)
    kereeen.

    BalasHapus
  15. BUMN sekarang lagi sering ngadain acara yaaaa... dalam upaya nya menggaet milenial

    BalasHapus
  16. wah acara cocofest yang surabaya keren banget. Aku juga iki acara cocofest waktu di kota tua kak

    BalasHapus
  17. Wah asyik banget pastinya kalau datang ke acara seru kayak gini.

    BalasHapus