Belajar Memaksimalkan Pendapatan Iklan Bareng KEB & Props Indonesia Di Yogyakarta

07.28 aurabiru 13 Comments



Pertengahan  bulan lalu saya memutuskan untuk pergi ke Yogya. Kepergian kali ini bukan buat jalan-jalan doang, tetapi mencari ilmu yang masih ada kaitannya dengan blog. Ya, saya secara mendadak mengambil keputusan ikut acara yang diadakan oleh Kumpulan Emak Blogger (KEB). Acaranya sendiri gratis untuk member KEB dengan mendaftar terlebih dahulu dan bekerjasama dengan Props Indonesia. Apa sih Props Indonesia? Simak terus cerita saya ya.

Sebelum mendaftar tentunya saya meminta izin dulu dengan suami ya. Selain mencari ilmu mengenai blog, saya berdalih pengen me time gitu hehe. Padahal awal bulan Januari udah jalan ke Jakarta sih, masa masih kurang me time-nya. Lha lain dong ya, kalau itu sih family time hehe. Bersyukur diizinkan juga sih, pastinya suami udah mikir dan pempertimbangkan keinginan saya ini. Kebetulan acaranya pas weekend, sehingga anak-anak ada yang menjaga.

diantar suami sampai stasiun Malang Kota Baru

Beruntungnya lagi saya lolos seleksi pendaftaran, begitu dengar berita tersebut saya langsung ngubek-ngubek travel agent online buat pessan tiket kereta api dan hotel menginap. Saya sengaja memilih berangkat Jum’at malam dan sampai Yogya pagi dini hari agar waktunya tidak keteteran ke lokasi acara. Tiket kereta pulang pergi dan hotel menginap pun sudah beres tinggal menunggu hari keberangkatan.

Singgah ke Rumah Sahabat Rasa Saudara


Berhubung kereta sampai di stasiun Tugu Yogya dini hari, sementara acara akan berlangsung pukul 11.00 siang rencananya saya menunggu waktu tersebut di stasiun saja atau menitipkan barang ke hotel tempat saya menginap. Tapi seorang sabahat rasa saudara yaitu mbak Ima yang sudah beberapa kali bertemu, menawarkan apa saya mau singgah dulu di rumahnya dan nanti berangkat bersama ke lokasi acara. Tentu saja saya mau asalkan Mbak Ima gak keberatan saya bangunkan subuh-subuh hehe.
Collabs Video 

Saya pun singgah ke rumah Mbak Ima menggunakan transportasi online Go Car. Memang jaraknya lumayan dari stasiun tapi saya punya kesempatan untuk istirahat dan numpang mandi dong hehe. Jelasnya gak cuma rehat dan numpang mandi, tapi bisa haha hihi cerita kabar masing-masing serta sharing soal dunia perlenongan dan sempat bikin collab video juga lho. Ending-nya pun saya dapat gembolan make up dong hahhaha, makasiih banyak ya mbak....besok-besok lagi ya hahhaha.

Menuju Lokasi Kunena Eatery Yogyakarta


Menuju Kunena Eatery

Usai kelar bikin collab video make up, saya dan Mbak Ima pun meluncur ke lokasi acara diantar oleh suami mbak Ima, Mas Elton. Kalau dilihat dari akun instagram Kunena Eatery, interiornya cakep gitu dan dari luar terlihat nuansa biru. Saya pun happy dong ntar bisa sekalian foto-foto OOTD.

Blogger Surabaya Mbak Vicky & Ika 

Oh iya, saya bukan satu-satunya peserta dari luar kota ya, banyak blogger lain yang dari luar kota Yogyakarta, seperti dari Surabaya, Solo dll. Blogger dari Surabaya yang saya tahu ada mbak Vicky dan Ika Hilda. Banyak yang tertarik ikut acara ini karena temanya yang bagus dan blogger bisa pelajari mendapat penghasilan selain dari job pekerjaan yang sudah ada selama ini.

Sampai di lokasi sudah cukup ramai blogger yang datang, saya menyapa beberapa blogger yang sudah saya kenal sebelumnya di dunia maya dan berkenalan dengan blogger yang baru berjumpa saat itu. Tempat acara berada di lantai 2 Kunena Eatery yang beralamat di Komisaris Polisi Bambang Suprato No.4 Baciro, Gondokusuman, Yogyakarta.

Mengenal Props Indonesia dan Sharing Memaksimalkan Pendapatan Iklan

Mas Andre Perwakilan Props Indonesia

Saat para peserta sudah banyak yang datang, acara pun dibuka oleh MC Aji Sukma yang tak lain seorang blogger juga. MC menyapa para peserta dan menanyakan kabar serta asal para peserta. Selanjutnya, sebelum ke inti acara Mak Sumarti Saelan selaku ketua KEB menyampaikan sepatah dua patah kata yang berkaitan dengan acara siang itu. #KEBelajar kali ini bekerjasama dengan Props Indonesia.

Props Indonesia merupakan Pakar manajemen iklan dan Mitra Saluran Google terkemuka untuk penerbit. Tim kami bersertifikat penuh di semua set Platform Monetisasi Google. Kami berhasil membawa ProPS untuk memenangkan Penghargaan Inventaris Sehat Google 1 Terbaik 2018 di Asia Tenggara. Begitulah profil mengenai Props Indonesia yang saya tahu dari websitenya. Usai Mak Sumarti Saelan menyampaikan sambutan, selanjutnya langsung ke acara intiyang akan disampaikan oleh mbak Ilona Juwita.

Ilona Juwita


Ada beberapa hal yang disampaikan diantaranya :
-          Monetisasi ala Blogger
-          Masalah Utama Terkait Monetisasi Iklan
-          Platform Monetisasi Iklan & Cara Optimalisasi
-          Peluang Besar Kedepan

Keempat topic tersebut juga dijelaskan secara rinci. Apa saja monetisasi ala blogger seperti, content marketing ( artikel, video atau sponsored post), Social Influencer ( sosial media post, endorser, speaker, consultant, trainer), Affiliate Link, Iklan dan Berjualan Produk Digital. Selain hal itu juga dijelaskan semuanya secara rinci, masalah apa saja yang terkain dengan monetisasi iklan. Apa saja platform untuk monetisasi iklan dan mengoptimalkannya, dibahas mulai dari aspek trafik, penempatan iklan, ukuran iklan hingga berbagai tipe iklan. Serta peluang besar apa saja kedepannya.

Usai materi kelar disampaikan oleh mbak Ilona, acara selanjutnya dijeda dengan makan siang bersama. Menu yang disediakan oleh Kunena Eatery lumayan komplit ya, dari menu pembuka, utama hingga penutup tersedia dan enak semuanya. Kelar makan acaranya selesai? Belum dong. Karena masih ada sesi sharing bareng Mbak Carolina Ratri.

Sharing Bareng Carolina Ratri Mengenai Seluk Beluk Blog 

Carolina Ratri & Aji Sukma

Mbak Carolina Ratri menjelaskan mengenai faktor apa saja yang membuat sebuah blog mendapatkan trafik. Mulai soal keyword hingga pilar post. Apa sih pilar post? Pilar post merupakan artikel yang menjadi penyangga blog tetap eksis di Serp atau pencarian Google. Sementara cirri utama pilar post mengenai Practical ( guides, how-to’s, tips, checklist, resource roundup). Hal yang terpenting untuk jadi pilar post ialah menjadi referensi atau rujukan dan hasilkan  trafik yang stabil.

Pada kempatan tersebut juga diadakan sesi tanya jawab. Dibagian ini saya tidak bertanya karena sebagian besar pertanyaannya sudah diwakili teman-teman yang terlebih dahulu bertanya. Dari peertanyaan mereka saya mendapat banyak masukan dan ilmu lagi selain materi yang sduah disampaikan pemateri.






Sebelum acara berakhir, sempat dilakukan penyerahan kenang-kenangan dari KEB buat para pemateri dan pengumuman pemenang lomba IG dan Live Tweet. Kemudian dilanjutkan dengan foto bersama dengan semua peserta. Senang rasanya mengikuti acara ini, saya jadi punya semangat untuk memperbaiki blog agar trafik maupun dari segi yang lain jadi lebih baik lagi.

Mbak Wiwied

Indah Julia Sibarani atau Mak Ijul

Sumarti Saelan, Ketua KEB




Di acara ini pun saya pertama kalinya bertemu dengan banyak blogger dari luar kota, seperti Mbak Wiwid yang tadinya cuma say hello di grup karena kami satu project dan Mbak Wiwid datang dari Sukaharjo, Solo lho. Pertama kalinya pula saya bertemu dengan Mak Indah Julia atau yang biasa disapa mak Ijul dan Mak Sumarti saelan atau Mak Icoel. Berharap nantinya saya bisa ikut acara serupa dengan materi lainnya.




13 komentar:

  1. Wahhh thanks banget nih mbak udah sharing ilmu yang bermanfaat. Hihihi

    BalasHapus
  2. Wah kalah deh bapak2 blogger sama emak2

    BalasHapus
  3. Asyik ceritanya bermanfanfaat banget. Thanks mbak. Semoga saya bisa memperbaiki blog saya biar tambah keceh.

    BalasHapus
  4. Asek banget bisa kopdar, khusus ema-emak itu ya? materinya sungguh luar biasa tu. Saya hampir mengenal semua itu para blogger keren.

    BalasHapus
  5. Widiiih, KEB emang top markotop!
    Yuk yuk, mba Ivone bikin KEB Malang dooong
    Ntar bikin workshop semacam ini jugak
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  6. Asik bgt mbk bs hadir acara bgnian, nambah sodara dan silaturahmi yah mbk. Aku liat lho vlog collabs nya hehe mantabb

    BalasHapus
  7. Hadudududuh seru banget ya bisa ikut acara blogger ke luar kota gini. Apalagi ke jogja. Jadi semangat nih ngeblognya biar bisa dpt undangan ke luar kota juga 🙂

    BalasHapus
  8. Mbak... Saya kok jadi fokus sama jilbab yang pas dipake berangkat sama rok yang dipake pas acara. Batiknya bagus... Sukaaaa... Dibikin jilbab kok ya oke... Belinya dimana ya mbak?? Hehe

    BalasHapus
  9. Wah seru banget sih mbak kegiatannya bareng KEB. di jogja lagi kota yang selalu kurindukan hehehe

    BalasHapus
  10. Senangnya bisa ikutan arisan ilmunya KEB..

    BalasHapus
  11. Top banget sumpah!!! Pengen bisa ikut perkumpulan kayak gini dapet temen baru dapat ilmu baru juga kan yaa eeh bisa ngajak anak gak nih ya hahaha

    BalasHapus
  12. Wah, Mbak Ivon ikut acara di Jogja.. Alhamdulillah seneng ya Mbak. Suatu saat, semoga saya juga melancong, bukan buat jalan-jalan, tapi belajar.

    BalasHapus