Hidup Lebih Mudah dengan BARDI

08.52 aurabiru 0 Comments

 

BARDI SMART HOME

Siapa di sini yang sering lupa matikan lampu saat pagi hari? Atau pergi dari pagi sampai malam sehingga saat pulang rumah dalam keadaan gelap? Dua hal inilah yang sering saya alami. Kalau lupa matikan lampu bisa bikin tagihan listrik membengkak sementara jika terlewat menghidupkan lampu di malam hari bisa mengundang niat jahat orang. Agar lampu di rumah menyala meskipun kami masih di jalan, biasanya saya meminta tolong pada adik sepupu atau Bibi dari suami untuk menghidupkan. Tapi adakalanya hal itu tidak bisa dilakukan karena mereka masih repot atau juga lagi di jalan.

Selain masalah mematikan dan menghidupkan lampu, remote juga sering jadi masalah di rumah. Paling sering kejadian itu remote raib entah kemana, baik itu remote TV, kipas angin hingga alat TV kabel. Biang keladinya adalah anak-anak, mereka suka mainan remote trus sembarangan naruhnya. Eh giliran kami mau memakai, nggak tahu deh dimana tuh remote. Masalah-masalah kecil seperti ini kadang suka bikin emosi juga, terutama kalo pas lagi butuh banget. Misalnya pengin segera nonton keuwuan Leslar di TV atau udah kegerahan di dalam rumah.

Saya jadi berandai-andai jika bisa meminta tolong pada google assistant untuk menghidupkan atau mematikan lampu dan peralatan elektronik lainnya di rumah pasti enak. Selama ini yang sering menggunakan google assistant itu anak-anak, paling sering buat cari game di playstore.

“Permainan Dino, Permainan Hiu!” begitu biasanya anak-anak mencari game baru. Dalam sekejap di layar HP tampil berbagai macam game yang sesuai dengan apa yang mereka ucapkan.

Bayangin kalau saya juga bisa melakukan perintah yang sama:

“OK Google, tolong matikan lampunya ya.”

“Tolong hidupkan TV dong Google.”

Tapi kayaknya nggak mungkin deh sebab lampu dan TV di rumah saya itu hanya peralatan elektronik biasa, mana bisa menerima perintah dari google assistant.

Untunglah saya tidak lama berhalu-halu, setelah googling di HP saya menemukan sebuah produk smart lamp yang memungkinkan kita menghidupkan dan mematikannya menggunakan aplikasi di HP, bahkan dia bisa menerima perintah suara dengan Amazon Alexa, Google Assistant dan Siri. Nama produk tersebut adalah BARDI Smart Bulb 9W – RGBWW.

Saya sendiri baru pertama kali mendengar nama BARDI, jadi saya kemudian kepoin apa itu BARDI. Dalam sekejap saya langsung menemukan website BARDI Smart Home.

Mengenal BARDI Lebih Dekat

BARDI adalah sebuah brand smart home asli Indonesia menyediakan berbagai produk smart home unggulan. Smart Home sendiri adalah bagian dari inovasi Internet of Things yaitu sebuah konsep hunian dimana sebuah benda-benda yang ada di dalamnya bisa dikontrol menggunakan internet. Pada dasarnya, smart home hadir untuk memberikan kemudahan bagi penghuni rumah untuk mengatur segala hal, mulai dari keamanan hingga akses perabotan yang dibuat lebih interaktif dan bisa "dikontrol" melalui satu alat saja, yakni aplikasi pada smartphone atau perangkat lainnya.

 

BARDI SMART HOME

Saya mengenal konsep smart home saat mengunjungi pameran property yang mempromosikan konsep smart home sebagai salah satu keunggulan mereka. Waktu itu rasanya impossible bagi saya untuk bisa merasakan bagaimana kecanggihan dari smart home. Kendala utama dari segi harga, mayoritas rumah yang menggunakan konsep smart home itu harganya mahal karena memang menggunakan teknologi yang canggih. Belum lagi harga peralatannya yang juga tidak murah, terutama bagi kalangan ekonomi menengah ke bawah.

Nah BARDI ini beda karena dia menyediakan produk-produk smart home dengan harga yang lebih terjangkau bagi masyarakat Indonesia. Meskipun begitu, produk BARDI tetap memiliki keunggulan yang tidak kalah dengan produk smart home lainnya. Keunggulan produk BARDI adalah didukung oleh TUYA. Tuya merupakan sebuah platform pintar global, platform pengembangan ‘AI+IoT’ dan platform interaksi suara AI terkemuka.

 

BARDI SMART HOME

Tuya menyediakan platform AI+IoT yang terkemuka di dunia dan mampu mewujudkan berbagai produk canggih bagi para produsen, merek, OEM, serta jaringan ritel. Platform tersebut menawarkan akses perangkat keras, layanan cloud dan pengembangan aplikasi. Tuya juga membantu berbagai merek dalam meningkatkan mutu teknologi dan model bisnisnya. Dengan demikian, merek-merek ini mampu menghadirkan perangkat canggih yang memenuhi permintaan konsumen. Tuya melayani lebih dari 180.000 klien di lebih dari 190 negara, mendukung lebih dari 90.000 produk seperti pencahayaan, perangkat rumah tangga, dan pengawasan (surveillance).

Review BARDI Smart Bulb 9W – RGBWW

Pertama kali liat kemasan produk BARDI Smart Bulb ini tidak jauh berbeda dengan produk lampu pada umumnya. Yang membedakan adalah penyematan kata Smart pada keterangan produknya. Hmm memang sepintar apa sih lampu dari BARDI ini?  Trus ada juga keterangan bahwa BARDI Smart Light Bulb bisa dioperasikan dengan Amazon Alexa, Google Assistant dan Siri. Sesuai dengan angan-angan saya selama ini,  bisa mengoperasikan lampu lewat aplikasi di HP.

 

BARDI SMART BULB 9W

Kelebihan BARDI Smart Light Bulb bukan hanya itu ya teman-teman, lampu pintar ini memiliki kecerahan maksimal hingga 810 lumens dan bisa diredupkan hingga 90 lumens. BARDI Smart Bulb juga memiliki kombinasi warna RGB hingga 16 juta warna dan gradasi putih dari 2700k (warm white) hingga 6500k (cool white). Jadi kita bisa mengubah warna lampu sesuai dengan keinginan atau mood kita.

Meskipun BARDI Smart Bulb ini menggunakan teknologi yang canggih namun penggunaannya cukup mudah kok. Yang paling penting adalah kita harus install dulu aplikasi BARDI Smart Home di smartphone, kalian tinggal unduh aplikasinya di Playstore.

  1. Setelah aplikasi ter-install, kita harus registrasi dengan menggunakan alamat email. Jangan lupa baca dulu service agreement dan privacy policy. Setelah itu tinggal centang.
  2. Verifikasi akun di email untuk mengaktifkan akun kita.
  3. Pasang lampu pada fitting lampu.
  4. Tambahkan perangkat di aplikasi, tinggal pilih Smart Bulb 9W-RGBWW.
  5. Nyalakan lampu, lalu hidup dan matikan sebanyak 5 kali hingga bola lampu pintar berkedip cepat.
  6. Segera konfirmasi di aplikasi bahwa bola lampu berkedip cepat, ini sebagai tanda bahwa proses konfigurasi berhasil.
  7. BARDI Smart Bulb sudah siap digunakan.

Saya pun langsung mengeksplorasi lampu pintar ini. Saya mencoba kecerahan maksimal 810 lumens yang ternyata memang cerah banget, trus saya redupkan hingga yang paling kecil yaitu 90 lumens. Mode selanjutnya yang saya coba adalah colour dimana kita bisa mengubah warna bola lampu pintar ini, merah, kuning, hijau, biru dan beberapa warna campuran lainnya.

BARDI SMART BULB 9W

Kalau tidak ingin repot mengatur tingkat kecerahan dalam berbagai kebutuhan dan situasi, kita tinggal pilih mode ketiga yaitu scene. Tingkat kecerahan lampu yang kita butuhkan saat membaca, bekerja dan santai tentu berbeda, nah mode scene kita tidak perlu repot lagi mengaturnya.

Mode terakhir yang bikin SMART Bulb ini makin asyik adalah music. Dengan mode ini bola lampu pintar akan bergonta-ganti warna menyesuaikan dengan suara bahkan beat musik yang diperdengarkan. Mode ini cocok buat kalian yang kangen have fun bareng keluarga di rumah. Warna-warni lampu yang berubah menyesuaikan dengan irama musik membuat kita serasa di dalam diskotik.

Review BARDI Smart IR Remote

Produk BARDI tentunya tidak hanya lampu pintar, ada juga Smart Wall Socket (soket pintar),Portable Plug (steker pintar), LED Strip, IR Remote, Extension Power Strip, Adaptor for LED Strip, IP Camera, IPCAM Indoor, IPCAM Outdoor, Robot Vacum bahkan ada juga produk untuk hewan peliharaan lho seperti Fish Feeder, Water Fountain dan Pet Feeder.

Nah produk kedua dari BARDI yang saya coba adalah BARDI Smart IR Remote. Sesuai dengan namanya, perangkat yang bentuknya imut seperti wadah bedak ini adalah remote pintar yang bisa mengontrol semua peralatan elektronik melalui aplikasi di HP. TV, AC, kipas angin, DVD dan lain-lain.

BARDI SMART BULB 9W

 

Dengan BARDI IR Remote kita tidak lagi memerlukan banyak remote untuk mengontrol semua peralatan elektronik yang kita miliki. Cukup satu perangkat saja bisa mengendalikan semua. Hebatnya lagi, dengan perangkat ini kita bisa menghidupkan dan mematikan peralatan elektronik meskipun berada di luar rumah. Misalnya kita bisa menghidupkan AC ketika sudah mendekati rumah sehingga udara sudah sejuk ketika tiba di rumah.

Cara penggunaan BARDI Smart IR Remote cukup mudah, secara garis besar sama dengan lampu pintar BARDI yakni sebagai berikut:

  1. Unduh aplikasi Bardi di playstore dan install di HP yang akan kita gunakan untuk mengontrol Remote Pintar BARDI.
  2. Setelah aplikasi ter-install, kita harus registrasi dengan menggunakan alamat email. Jangan lupa baca dulu service agreement dan privacy policy. Setelah itu tinggal centang.
  3. Verifikasi akun di email untuk mengaktifkan akun kita.
  4. Tambahkan perangkat di aplikasi, pilih BARDI Smart IR Remote
  5. Hidupkan perangkat, setelah itu tekan tombol reset (ada di bagian bawah) selama 5 detik hingga lampu indikator berwarna biru berkedip-kedip dengan cepat.
  6. Pilih perangkat elektronik yang ingin kita pergunakan. Karena saya sering mengalami masalah dengan remote TV maka saya pilih TV.
  7. Di aplikasi BARDI ada berbagai macam merek TV, jadi jangan kuatir kalau TV kalian tidak ada di sana hehehe.
  8. Dalam sekejap tampilan layar HP kita langsung berubah layaknya tombol-tombol yang terdapat pada remote TV.

Keberadaan BARDI IR Remote ini sangat membantu dalam kehidupan sehari-hari karena saya tidak perlu repot mencari remote yang disembunyikan anak-anak. Saya pun nggak khawatir ketinggalan nonton tayangan favorit di TV. Tak ada lagi deh drama-drama ngomelin anak karena remote raib entah kemana. Tinggal pencet-pencet manja tombol di aplikasi BARDI untuk mengganti saluran TV dan menaik-turunkan volume suara. Saya juga menggunakan IR Remote pada AC yang ada di rumah Ibu di Blitar.

BARDI IR REMOTE

BARDI IR REMOTE

Bagi teman-teman yang ingin mendapatkan produk-produk keren BARDI seperti yang saya miliki atau produk lainnya, silakan main-main ke website-nya BARDI. Kalian nanti bisa memilih mau beli di marketplace favorit kalian:  JDID, Tokopedia, Blibli, Shopee, Bukalapak, Lazada dan Dinomarket.com

Mulai sekarang, keinginan untuk menerapkan konsep smart home di rumah kita bukan lagi impian di siang bolong. Kita tidak harus tinggal di perumahan elite demi merasakan kenyamanan dan kemudahan ala smart home, cukup membeli produk-produk BARDI yang sesuai dengan kebutuhan kita. Maka kita bisa mengontrol semua peralatan elektronik hanya dengan menggunakan aplikasi. BARDI: Always In Control.


 

0 comments: