Tak Hanya Cek Kendaraan Sebelum Pergi, Intip 4 Cara Menghindari Kecelakaan Lalu Lintas

08.21 aurabiru 0 Comments

 

Sumber Foto : Freepik.com

Ada banyak faktor yang menjadi penyebab kecelakaan lalu lintas. Oleh karena itu, sebagai pengendara kamu diharuskan untuk mawas diri dan tetap waspada akan hal hal yang bisa terjadi. Sebagai bentuk antisipasi, berikut ini beberapa cara menghindari kecelakaan lalu lintas yang perlu kamu perhatikan.


1. Menjaga Jarak dengan Kendaraan Lain


dok. Pribadi




Untuk menghindari kecelakaan lalu lintas, menjaga jarak dengan kendaraan lain menjadi salah satu hal yang terpenting. Sehingga, kamu pun perlu memastikan jarak antara kendaraan satu dengan yang lain tidak terlalu dekat. Hal ini bertujuan untuk menghindari adanya kecelakaan, terutama kecelakaan beruntun di tol.

Selain itu, kecepatan antar kendaraan juga perlu diperhatikan. Hal ini dikarenakan banyak pengemudi yang sekarang mulai abai dengan keselamatan dengan melajukan kendaraan dalam kecepatan yang tinggi terutama saat mengendarai di jalan tol.

Banyak diantara mereka beralasan sedang terburu-buru. Namun hal tersebut dapat menyebabkan kecelakaan dan memiliki dampak yang negatif.

2. Memastikan Kondisi Kendaraan Dalam Keadaan Baik

Sebelum kamu melakukan perjalanan, pastikan bahwa kendaraan yang kamu tumpangi dalam keadaan dan performa yang baik. Hal ini sebagai salah satu cara menghindari kecelakaan lalu lintas.

Oleh karena itu, kamu wajib untuk melakukan pengecekan seperti oli, mesin hingga tekanan angin yang terdapat pada ban kendaraan kamu.

Hal-hal tersebut sebagai langkah antisipasi agar nantinya kamu bisa berkendara dengan aman, nyaman dan menghindari terjadinya kecelakaan.

Ketika kamu melakukan pemeliharaan dan pengecekan sejak ini, hal tersebut akan mampu menjadi salah satu bentuk deteksi dini agar tidak menimbulkan kejadian yang tidak diinginkan.

3. Berkendara Dalam Keadaan yang Fit




Bagi kamu yang sedang berkendara, tak hanya perlu mengecek kondisi mobil atau motor saja. melainkan, kamu juga perlu memastikan bahwa kamu menyetir dalam keadaan yang sehat.

Hal ini bertujuan agar nantinya kamu terhindar dari kecelakaan lalu lintas yang mampu menyebabkan cacat maupun meregang nyawa.

Sehingga, sebelum kamu berkendara pastikan kondisi tubuh dalam keadaan yang sehat dan bugar.

Selain itu, pastikan juga kamu tidak dalam efek obat maupun alkohol yang bisa menyebabkan kantuk maupun kehilangan fokus. Cara menghindari kecelakaan lalu lintas ini bisa kamu lakukan dan terapkan untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

4. Berada di Jalur yang Sesuai

Ketika kamu berkendara, pastikan kamu untuk mengurangi terjadinya distraksi atau gangguan ketika berkendara. Hal ini bisa dilakukan dengan lebih fokus dan melihat jauh ke depan.

Fokus tersebut akan bertujuan untuk melihat apakah terdapat bahaya yang ada di jalan raya. Hal ini sebagai bentuk langkah antisipasi yang kamu lakukan untuk hindari kecelakaan.

Selain itu, kamu pun perlu untuk membiasakan agar tidak berpindah-pindah jalur dengan semena-mena.

Kamu perlu membiasakan diri untuk berada di satu jalur dan melakukan antisipasi apabila berhadapan dengan pengemudi yang kerap kali berpindah jalur seenaknya.

Jika kamu menemukan pengemudi yang melakukan hal tersebut, lebih baik kamu segera menjauh sebagai cara menghindari kecelakaan lalu lintas.

Oke teman-teman Itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menghindari terjadinya kecelakaan lalu lintas. Untuk meminimalisir setiap resiko, kamu bisa mendaftar asuransi kecelakaan diri dari Garda Me memberikan perlindungan utama berupa santunan meninggal dunia atau cacat tetap keseluruhan akibat kecelakaan yang terjadi.

 

0 comments: