Peran Ayah dalam Pengasuhan Anak

19.42 Ivonie 17 Comments

 



Beberapa tahun belakangan isu tentang tingginya fatherless di Indonesia sering sekali kita temukan. Bahkan sebuah fakta yang menyedihkan harus kita terima yaitu Indonesia berada pada urutan ketiga di dunia sebagai negara dengan anak-anak tanpa ayah (fatherless country) terbanyak. Namun saya pribadi memiliki pengalaman masa kecil yang berlawanan dengan fakta tersebut dimana saya tumbuh dan dibesarkan oleh ayah saya.

Fatherless diartikan sebagai anak yang bertumbuh kembang tanpa kehadiran ayah, atau anak yang mempunyai ayah tapi ayahnya tidak berperan maksimal dalam proses tumbuh kembang anak dengan kata lain pengasuhan," begitu penjelasan dari Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Retno Listyarti yang saya kutip dari Antara.

Ketika saya dan adik masih balita, Bunda terpaksa harus mengadu nasib dengan bekerja sebagai TKW (Tenaga Kerja Wanita) di Hong Kong. Penghasilan ayah bekerja di Jakarta tidak bisa mencukupi kebutuhan keluarga kami, usia ayah yang sudah beranjak tua menyebabkan beliau kesulitan mendapatkan pekerjaan yang layak dan berpenghasilan tinggi. Itulah sebabnya Bunda yang jauh lebih muda memutuskan untuk bekerja juga. Menjadi TKW di Hong Kong menjadi pilihan yang realistis karena menawarkan gaji yang jauh lebih tinggi dari pekerjaan yang sama di Indonesia.


Nah saat menonton video dari Generos tentang seorang ayah yang mengasuh dan mendidik anaknya sendirian tanpa sosok seorang bunda mengingatkan saya pada kenangan di masa kecil. Dahulu ayah saya menggantikan sosok Bunda dalam kehidupan kami, mulai dari membangunkan kami setiap pagi untuk bersiap-siap sekolah, beliau juga menyiapkan pakaian dan makanan dan mengantarkan kami berangkat sekolah. Tidak hanya itu saja, ayah juga tak lupa mengajarkan kepada kami beberapa life skill dasar agar kami bisa mandiri sejak usia belia.

Ayah juga mengelola pendapatan Bunda bekerja di Hong Kong tidak hanya untuk kebutuhan kami namun juga dipergunakan untuk membuka usaha dan investasi. Dengan begitu beliau menjalankan dua peran sekaligus dalam kehidupan kami yaitu sebagai Ayah dan Bunda sekaligus. Dedikasi yang diberikan Ayah ini kelak menjadi salah satu kriteria bagi saya dalam mencari calon suami. Saya ingin suami saya menjadi partner untuk mengarungi biduk rumah tangga dimana kami saling bekerja sama menjalankan peran masing-masing.

Alhamdulillah saya sekarang mendapatkan sosok suami yang memenuhi kriteria tersebut. Dia tidak segan apalagi malu membantu saya mengasuh anak mulai dari memandikan dan mengganti popok hingga menyuapi anak. Dia juga mau mengerjakan pekerjaan domestik rumah tangga seperti mencuci piring, pakaian dan membersihkan rumah. Saya pun melihat bahwa sekarang semakin banyak para suami yang menyadari bahwa sebenarnya mengasuh dan mendidik anak itu bukan hanya tugas Bunda. Hal ini pelan-pelan akan menghapus bias gender yang selama ini sudah mengakar kuat di tengah-tengah masyarakat Indonesia. Endingnya akan menurunkan presentase Fatherless yang dialami oleh anak-anak Indonesia.


Sebuah gambar berisi air, outdoor, pantai, orang

Deskripsi dibuat secara otomatis

Peran ayah dalam pengasuhan anak memang sangat penting antara lain sebagai pemecah masalah yang dihadapi anak misalnya mengerjakan PR, memompa ban sepeda. Peran kedua adalah saya sebagai teman bermain, saat bermain bersama bisa melatih fisik dan koordinasi tubuh serta membangun ikatan batin atau bonding antara ayah dan anak. Peran ketiga yaitu ayah sebagai pemandu prinsip dan nilai-nilai kehidupan yang baik untuk anak, kemudian yang keempat ayah sebagai penyedia kebutuhan keluarga namun tidak sebatas uang, makanan, tempat tinggal, pakaian untuk anak dan keluarganya tetapi juga kebutuhan pengasuhan untuk anak. Yang terakhir peran ayah adalah menyiapkan anak menghadapi tantangan hidup yang pastinya di masa yang akan datang jauh lebih menantang.

Namun begitu, ada satu hal yang saya kurang setuju dalam video Generos yaitu scene dimana sang Ayah memutuskan untuk memakai pakaian mendiang istrinya untuk menghadirkan sosok Bunda di hadapan anaknya. Menurut saya hal ini bisa memberikan contoh yang tidak baik dan kebingungan bagi anak tentang gender. Ayah tetap bisa menjalankan peran dan tugas seorang Bunda tanpa harus kehilangan jati dirinya sebagai seorang lelaki.

Saya rasa video ini tetap layak untuk disebarluaskan agar bisa menyebarkan inspirasi bagi para ayah untuk mau menjalankan peran yang lebih dalam rumah tangga dan pengasuhan anak. Bahwa tugas seorang ayah bukan hanya mencari nafkah namun jauh lebih besar dari itu. Ibarat sekolah maka Ayah adalah seorang kepala sekolah yang bertanggungjawab atas terselenggaranya proses belajar mengajar yang baik dan efektif bagi para siswanya.



Yuk buat para calon ayah maupun ayah yang selama ini masih memegang stereotip yang salah tentang seorang suami dan ayah bisa tonton video inspiratif ini. Selamat menonton dan semoga para ayah yang menonton bisa terinspirasi yaa untuk mulai mengambil peran lebih dalam pengasuhan anak demi terbentuknya generasi yang lebih tangguh dan matang dalam menyongsong masa depan yang lebih cerah.



 


17 komentar:

  1. Dari video ini jadi tahu peran ayah juga besar bagi anak, selain jadi pencari nafkah juga perlu memberi pengasuhan yang tepat. Jadi mewek kalau lihat video harunya, terima kasih sharingnya!

    BalasHapus
  2. peran ayah luar biasa ya.
    memang anak harus merasakan kehangatan kasih sayang kedua ortu.

    BalasHapus
  3. Aku tuh suka ngikutin webinarnya ayah Irwan tentang perah ayah dalam pengasuhan anak. Apalagi anakku laki-laki jadi sosok ayah memang harus berperan lebih banyak, dari ayahnya dia bisa belajar kepemimpinan.

    BalasHapus
  4. Setuju banget, peran ayah sangatlah penting, karena dari sosok ayah anak anak bisa belajar banyak hal, selama itu positif.

    BalasHapus
  5. Ayah memang perlu banget berperan dlm keluarga. soalnya mengurusi anak gak cuma urusan ibu2 doang

    BalasHapus
  6. aku ngerasain sih mba sangat beda anak yang merasakan peran Ayah dan yang enggak

    BalasHapus
  7. Idaman banget kalau suami bisa menjadi partner ya, Mbak. Aku beberapa kali nonton videonya, tersentuh bangett.

    BalasHapus
  8. Dapet suami yang pengertian tuh emang rejeki banget ya maaaaak.. Setuju banget, peran ayah tuh penting banget dalam mendidik anak anak ya mak, jadi nggak cuma ibu aja tapi kedua pihak juga yaaa

    BalasHapus
  9. Ayah tu sangat berperan apalgi buat anak perempuan...dulu aku deket banget sama bapak. Curhat apa aja...

    Anakku yg cewek juga deket sama ayahnya kan cinta pertama anak cewek tu bapaknya yaa

    BalasHapus
  10. Pengasuhan itu urusan bersama ya mbak
    Makanya ayah juga punya peran penting dalam pengasuhan anak
    Aku sangat tersentuh nonton video ini

    BalasHapus
  11. Setuju banget ya mba peran ayah pun diperlukan banget untuk mengasuh dan mendidik anak dirumah kalau kerjasama gini anak2 bisa merasakan bounding keduanya..

    BalasHapus
  12. Mengasuh anak tidak hanya tugas Ibu, tapi peran ayah juga penting. Untuk meningkatkan bonding, sebagai pemandu prinsip mengenai kehidupan dan sebagainya. Jadi, baik Ibu maupun Ayah harus saling bahu membahu dan mendukung dalam hal pengasuhan.

    BalasHapus
  13. MashAllah~
    Sosok dan peran Ayah atau Ibu memang tidak semudah berganti pakaian ya... Tetap ada karakter dari orangtua yang hanya dimiliki ketika menjadi Ibu atau Ayah. Semoga dengan meningkatnya awareness mengenai fenomena Fatherless ini, banyak Ayah yang tanggap dan kembali ke rumah untuk memeluk anak-anaknya dengan waktu yang dimiliki.

    BalasHapus
  14. Ayah dan Ibu memang punya peran masing-masing dan mungkin susah untuk menggantikan satu atau yg lainnya. Saya pun kadang merasa saat weekdays gitu anak jarang berinteraksi dengan ayahnya, paling hanya hitungan satu, dua jam saja karena jam ketemunya gak cocok. Untungnya 2 hari weekend bisa full main bareng. Memangkesibukan srg kali menjadi kendala, tapi bukan berarti tidak bisa.

    BalasHapus
  15. Semangat bapak-bapak dalam mengasuh dan mendidik anak anaknya ya. Ayah tidak hanya berperan sebagai pencari nafkah saja tapi ada juga sosokya dalam keseharian anak

    BalasHapus
  16. Semoga makin banyak Ayah dan calon ayah menyadari perannya ga hanya mencukupi kebutuhan finansial keluarga juga pengasuhan anak

    BalasHapus
  17. Fatherless diartikan sebagai anak yang bertumbuh kembang tanpa kehadiran ayah, atau anak yang mempunyai ayah tapi ayahnya tidak berperan maksimal dalam proses tumbuh kembang anak dengan kata lain pengasuhan
    please visit link Tel-U

    BalasHapus