Pengalaman Menginap Di Country Heritage Resort & Hotel Surabaya

04.40 Ivonie Zahra 38 Comments


Tampak Depan - Dok. Ihwan

Menjalani sebuah pernikahan agar langgeng itu memang tidak mudah. Namun hanya karena tidak mudah lantas kita menyerah? Enggak juga dong karena semua bisa diusahakan. Seperti itu juga yang saya alami selama menjalani pernikahan hingga sampai pada angka 5 tahun. Masih terbayang bagaimana dulu saya bisa memutuskan untuk menikah dengan lelaki yang baru empat bulan kenalan.


Usai pernikahan saya mesti ngikut suami di Malang. Yup, sejak saat itu saya pindah domisili jadi warga Malang dan melepas status kependudukan sebagai warga Blitar. Saya tinggal denga ibu mertua dan ipar di rumah milik keluarga besar suami. Sejak saat itu pula perjalanan pernikahan saya dimulai. Bagaimana saya mesti beradaptasi dengan karakter keluarga suami hingga semua ujian selama awal tahun pernikahan yang bertubi-tubi. Dulu, saya rasanya nyaris menyerah menghadapi semua itu. Keinginan berpisah sempat saya utarakan dan hasilnya? Suami bergeming. Dia tidak mau pernikahannya kandas begitu saja. Ada pengorbanan dan perjuangan yang harus saya dan suami lalui agar pernikahan kami bisa terselamatkan. Hidup mandiri !

Nah, sebagai rasa syukur atas pencapaian usia pernikahan sampai di tahun kelima, saya yang mengusulkan untuk merayakan dengan staycation di hotel. Yup, staycation jadi pilihan supaya anak-anak juga bisa merasakan kebahagiaan yang sama dengan orang tuanya. Kalau saya minta kado travelling keluar kota, masih belum memungkinkan. Selain waktunya yang gak bisa sebentar, juga butuh budget lebih.


Usul saya pun disambut baik sama suami, dan lagi-lagi saya dong yang bagian cari hotelnya. Tadinya ingin staycation di hotel yang dekat saja, misalnya di Kota Batu. Akan tetapi pas saya ngecek di Traveloka hotel dengan budget yang saya tentukan tidak ada yang menarik. Akhirnya, saya mengusulkan buat staycation di Kota Surabaya. Saat ngecek di  Traveloka banyak hotel dengan fasilitas yang lengkap namun budget sesuai dengan yang saya harapkan. Dan ahay...pilihan saya jatuh pada Country Heritage Resort & Hotel Surabaya.


Semua persiapan sudah beres, saya dan keluarga berangkat pagi jam 7 dari Malang dengan naik kereta api. Bersyukur selama perjalanan ke Surabaya lancar sampai tiba di Stasiun Wonokromo. Sekarang tidak bingung lagi mesti naik apa selama di Surabaya, karena sudah banyak transportasi online yang akan membantu ke tempat tujuan.

Jarak dari stasiun ke hotel ditempuh dengan taksi sekitar 10-15 menit, bisa dibilang cukup dekat tepat seperti keterangan yang saya baca di situs Traveloka. Sampai juga akhirnya saya di Country Heritage siang itu. Hotelnya memang agak masuk ke dalam dan dekat dengan kawasan perumahan penduduk. Tidak ada transportasi umum yang melintas depan hotel namun tetap mudah ditemukan.

Welcome Drink

Saat tiba di hotel ternyata sedang ada pengerjaan renovasi bagian lobby. Karena sebelumnya suami sudah reservasi terlebih dahulu lewat aplikasi pemesanan kamar hotel, sehingga proses check in jadi lebih cepat. Sambil menunggu kamar siap, saya disambut dengan minuman selamat datang yang tersedia tepat di samping sofa tunggu.

Hotel Berkonsep  Unik & Heritage



Begitu kamar sudah siap, saya diantar oleh staf hotel menuju kamar kami. Saya berjalan melewati samping lobby yang sedang direnovasi, sampai di belakang lobby terdapat dua bangunan memanjang yang diapit oleh taman di tengahnya. Konsep hotelnya unik dan bisa dibilang bangunan hotelnya mirip komplek perumahan dengan dua lantai. Taman yang berada di tengah-tengah bangunan di lengkapi dengan lampu penerangan dan bangku panjang.

Aira on Bed

Kamar saya berada di nomer 2001, tepatnya di tengah kompleks bangunan. Tadinya saya kira kamar pas berada diantara depan taman, tetapi saya salah mengira. Kamar saya berada di bawah sendiri, diantara tangga menuju lantai dua. Namun begitu pintu kamar dibuka, cukup excited dengan kondisi kamarnya yang luas.


Kondisi kamarnya persis seperti yang saya lihat di situs pemesanan kamar hotel. Ukuran bed yang besar dengan sprei dan dua bantal putih bersih, nyaman dan ornamen bantal mungil situs pemesanan kamar bernuansa biru. Kanan dan kiri ranjang meja yang menyatu dengan dinding, terdapat sepasang lampu tidur dan perangkat telepon.

Mini Pantry

Sementara di pojok ruangan yang berhadapan langsung dengan pintu masuk terdapat mini pantry lengkap dengan teko pemanas air, sepasang cangkir dan minuman instant sachetan. Terdapat bak pencuci peralatan dapur dan alat penghisap asap juga lho. Jadi, misal bawa perlengkapan bekal, bisa langsung dicuci di bak tersebut, minusnya tak ada kompor portable-nya hehehe. Senangnya lagi, ada mini kulkas juga, jadi kalau pengen minuman segar gak bingung lagi, ya iyalah cuaca Surabaya kan cukup panas jadi butuh yang seger-seger pastinya.




Selai mini pantry, ada meja kerja memanjang komplit denga kursinya yang menyatu dengan meja TV. Untuk bagian kamar mandinya bersebelahan dengan lemari pakaian yang cukup besar. Kamar mandinya dilengkapi dengan shower, wc duduk dan wastafel. agak kecil sih menurut saya bagian kamar mandinya, namun cukup bersih. Dilengkapi juga dengan dua buah handuk putih.


Oh iya, saya baru tahu dari buku petunjuk tipe kamar saya adalah executive pantry. Terdapat pintu yang bisa dibuka menuju teras belakang kamar.

Fasilitas Penunjang Di Country Heritage Resort

Selain harga dan lokasi yang jadi penentu memilih sebuah kamar hotel, buat saya fasilitas penunjangnya juga perlu. Apa pasal? Karena sejak awal saya merencanakan untuk staycation saja. Waktu yang ada akan lebih banyak dihabiskan di hotel ketimbang jalan-jalan di sekitar Surabaya. Untuk itulah, saya memilih hote dengan fasilitas yang bisa mendukung agenda kami staycation di Surabaya. Pilihan saya pun jatuh pada Country Heritage Resort & Hotel yang berada di JL. Nginden Intan Utara ini. Apa saja fasilitas penunjang yang bikin saya jatuh hati dan memilih hotel ini, simak terus ya.
1.      Kolam Renang Anak & Dewasa

Suasana Kolam Renang

Yup, yang jadi pertimbangan pertama adalah kolam renang. Saya ingin menghabiskan waktu bersama anak-anak dan suami sambil berenang. Seru aja sih maina air meskipun saya sendiri belum mahir berenang. Setidaknya Mas Aiman sudah gak trauma mainan air sekalipun di kolam renang.
Kolam renangnya berada di samping bangunan hotel, bersebelahan langsung dengan Cafe Palma. Jadi kalau habis berenang lapar bisa pesan makanan di cafe-nya. Kolam renang dewasa-nya cukup dalam juga, saya sampai jinjit pas nyebur hihi. Kalau kolam anak, ya memang kedalamannya disesuaikan dengan tinggi badan anak-anak.

Sayangnya pas sore saya hendak berenang, kondisinya ramai banget. Saat ditanyakan, ternyata kolamnya dibuka untuk umum yng hendak les privat renang. Benar saja, banyak anak-anak seumuran yang sedang berenang dengan pelatihnya. Agak kurang nyaman sih, saya berenang di pinggiran jadinya. Kalau Aiman sama Aira ya biasa aja reaksinya, malah banyakan nonton anak-anak latihan renang. Begitupun pas besok paginya, saya jadi urung deh mau renang lagi.

2.      Taman dengan Arena Permainan Anak





Taman yang berada di tengah-tengah gedung ini asyik banget. Dilengkapi dengan lampu penerangan dengan tiangnya yang tersusun berderet dan rapi. Sehingga cocok deh buat yang suka foto-foto karena instagramable.







Selain itu, juga tersedia bangku panjang untuk duduk-duduk sambil memperhatikan anak-anak yang sedang bermain di taman. Nah, di taman juga tersedia arena permainan anak-anak. mulai dari ayunan, prusutan, monkey bar hingga permainan pasir ada, beneran komplit deh sehingga anak-anak gak bakal bosen menginap di Country Heritage Resost Hotel yang ada di tengah kota ini.

3.      Mini Library

Baru kali ini saya menemukan hotel yang menyediakan perpustakaan atau ruang baca untuk anak. Excited? Tentu dong, secara kalau playgroud rasanya udah sering mendapati. Tetapi kalau ruang baca dengan koleksi buku anak-anak yang bagus, beneran baru kali ini di Country Heritage Resort & Hotel Surabaya. Siapa selain saya yang sama senang dan heboh? Mas Aiman dong, secara dia suka dengan buku bacaan apalagi kalau ada dunia binatangnya. Bahkan juga di sediakan sepasang bangku dan meja untuk membaca maupun mewarnai. Anak-anak serasa dimanjakan deh dengan fasilitas penunjang hotel ini.

4.      Free Wifi Kencang


Semua pasti happy dong kalau ada free wifi yang kenceng. Kita bisa memanfaatkan untuk beragam hal. Mulai dari update di media social hingga berkirim kabar dengan saudara via grup WA. Apalagi yang masih mempunyai tanggungan pekerjaan yang membutuhkan akses internet bisa terselesaikan dengan tepat waktu. Seperti halnya saya, berkat free wifi yang kencang saya bisa leluasa update blog, upload foto di instagram tanpa hambatan.

Menu Makanan Tidak Biasa Dan Enak-Enak


Cafe Palma


Saat memutuskan staycation saja, saya pun memikirkan nantinya bakal makan dimana selama di Surabaya. Bahkan, saya bawa beberapa camilan dan bahan makanan yang mudah dimasak, seperti mie instant cup yang tinggal diseduh air panas. Ada teko untuk memanaskan air untuk minum teh sekaligus menyeduh mie bila malam-malam lapar dan malas keluar hotel.




Tadinya sih kepengen kulineran di daerah sekitar yang dekat hotel. Seperti pas mau makan malam, rencana sehabis Magrib mau keluar cari makan malam. Tetapi cuaca tidak mendukung rencana kami. Akhirnya saya putuskan untuk makan di cafe hotel sambil deg-degan soal harganya. Sudah jadi rahasia umum, kalau harga makanan di restoran hotel bisa jadi 2 x lipat harga di luar.

Sewaktu baru masuk, saya langsung disambut staf hotel yang menjaga di area cafe dan menawarkan kami paket makan malam. Beliau menyampaikan harga paketnya Rp.40.000/ pax  dan anak-anak tidak dikenai charge. Mengejutkan lagi, sistemnya all you can eat...jadi bisa makan menu apa saja dengan harga segitu.

Menu Dinner

Malam itu saya lihat juga ada beberapa pasangan yang makan di restonya. Menu yang disediakan pun komplit. Banyak pilihan yang bisa dinikmati malam itu, baik hidangan pembuka sampai penutup. Ada menu Ayam Canton, Tumis Baby Kailan, Keripik Kangkung hingga menu camilan Korea.  Malam itu saya memilih menu nasi putih ayam canton dan tumis baby kalian. Bagaimana dengan rasanya? Enak-enak lho, sebagai pecinta sayuran rasanya sayang banget gak nyicipin tumisan baby kailannya. Bumbunya pas dan tekstur sayurnya tetap renyah dan matang.

Sate Ikan Patin & Sate Usus

Tak cuma menu yang saya sebutkan di atas, suami mencoba melihat menu yang di luar, yaitu menu bbq. Dia memilih menu sate ikan patin. Saat saya ikut mencicipinya, enak banget nget...bumbunya pas dan meresap ke dagingnya yang empuk. Sayapun jadi  ikutan menycoba sendiri karena tergoda punya suami hahaha






Begitupun dengan menu sarapan keesokan harinya, tidak biasa seperti kebanyakan menu yang terhidang di hotel-hotel yang pernah saya singgahi. Semua sama enaknya dengan menu makan malam dan variannya komplit. Mulai dari masakan Indonesia, aneka buah potong, bubur dan aneka roti. Kalau pas malam saya jatuh hati dengan menu sate ikan patin, tidak halnya dengan menu sarapan. Meski sama-sama berbahan patin, tapi kali ini dimasak patin saus padang. Saya akui, saya terkesan dengan menu masakan di hotel ini.

Menu Breakfast




Sarapan Buah


Usai sarapan saya kembali ke kamar untuk berkemas dan check out. Namun tidak langsung menuju stasiun karena jadwal kereta masih malamnya. Usai check out saya dan suami memutuskan untuk pergi ke Transmart Rungkut untuk kopdar dengan salah satu teman blogger Mbak Vety yang domisili di Surabaya. Cerita soal ke Transmart akan saya tulisakan tersendiri ya.

Overall, saya bahagia dengan agenda staycation di Country Heritage Resort Surabaya dalam rangka menysyukuri 5th Wedding Anniversary ini, begitupun dengan anak-anak. Rasanya saya  gak salah dengan pilihan pada hotel ini. Dari segi harga dan suasana hotelnya recommended buat menginap bersama keluarga.

Country Heritage Resort & Hotel
Jl. Nginden Intan Utara No. 7 Surabaya
Contact : ( 031) 5949494
Twitter @hotelcountrysby
Facebook : Country Heritage Hotel
IG : Countryheritagesby
Rate via App pemesanan kamar : RP. 297.000







38 komentar:

  1. Menu sarapannya cukup lengkap untuk rate segitu mbak, apalagi ada Playground n kolam renang ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, akupun terpana dengan menu-menu-nya mbak. Gak nyesel pokoknya :)

      Hapus
  2. wah terimakasih mb, bisa dicoba kalo berkunjung lg kesurabaya. kemaren2 dpt penginapan yg ga bgtu myenangkan hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mbak, meski bukan hotel berbintang tapi nyaman banget kamar dan hotelnya

      Hapus
  3. Beneran nggak nyesel nginap di sini karena puas dengan pelayanannya, kamarnya yang luas dan nyaman, fasilitas yang lumayan lengkap dan menu-menu makanannya yang variatif dan lezattt. Makasih Ma udah pilihin hotel yang oke buat kita sekeluarga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup, sama-sama. semoga next time kalau mau staycation lagi sudah punya gambaran seperti apa hotel yang diinginkan ya. Siapa tahu bisa di sini lagi hahaha #ngarep

      Hapus
  4. Aku terpana dengan menu all you can eatnya murah banget 40k, anak-anak ngga kena charge juga. Bisa banget nih jadi referensi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertama dengar, akupun begitu mbak. Sampai aku tanya dua kali buat meyakinkan suami bener yg dia dengar dengan harga segitu hihihi.

      Hapus
    2. Saya juga kaget baca harganya cuma Rp 40k. Itu murah lhoo..

      *langsung tandain hotelnya di daftar saya pakai stabilo*

      Hapus
  5. Subhanallah... Lengkap sekali fasilitasnya... Keren deh mbak ivon rayakan aniversary di hotel. Semoga selalu samara ya mbak. Amiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, iya lengkap banget mbak. Rayainnya berkah dari ngeblog mbak. Aamiin. makasih doanya mbak, doa yang sama buat sampeyan.

      Hapus
  6. Wah, fasilitasnya lengkap dan banyak spot cantik buat foto-foto hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, apalagi jiwa narsis emak-emak gini rasanya ada yg kurang kalau gak foto, ntar dikira hoax xixixi

      Hapus
  7. Alhamdulillah ya bagus sekali penginapannya ya mba :). Bersih pula

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, rezeki ini mbak. Hasil malam-malam mantengin aplikasi traveloka hihihi

      Hapus
  8. Apiiik tempatnyaa ramah anak banget yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. bangeet mbak. Anak2 seneng nginep di sini hehe

      Hapus
  9. keren nih Hotelnya, gede banget kayaknya ya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau gedenya standart sih mas. Hanya saja fasilitasnya emang bagus karena lengkap menurutku

      Hapus
  10. Aduh ini cakep banget hotelnya
    Aku tertarik sama wadah jus welcome drinknya euy. cakeeeeeep
    Trus ada librarynya, wah betah deh dihotel gak pengen kemana2 jadinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cakep mbak, pokok e komplit deh fasilitasnya.
      welcome drink itu banyaak di ACE Hardware mbak hahaha

      Hapus
  11. Aduuuh, mau nginep disana..ada playground dan kolamnya, anak2 pasti betaaaah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ke Surabaya bisa buat referensi nih mbak, enak banget deh

      Hapus
  12. Recommeded banget ya. Buat keluarga yang bawa anak-anak, pastinya menyenangkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, nyaman dan aman untuk bermain anak-anak mbak

      Hapus
  13. wah seru ya mbak jalan" sama keluarga mantap dah....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, seruu banget. Makasih sudah berkunjung ya

      Hapus
  14. wuih lengkap ya udah dapet makan lagi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, lengkap banget.
      Udah sama makan dan enak2 semua :)

      Hapus
  15. Hotelnya nyaman ya?
    Aku inget pernah ke sana jg, kalau gak salah buat survey tempat buat acara kantorku :D
    Pengen jg kapan2 staycation di sana klo pas baik sby :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nyamaan. Bahkan kamar yang tak pesan ternyata space luas. Aira bisa bebas merangkak kelilingin kamar.
      Iya, hotel ini sering tuh buat nginep acara2 kantor atau rombongan gt

      Hapus
  16. Aaah... Senangnya bisa staycation sm suami... Duh, kudu bkin proposal dl nih sm suami biar pas long weekend bs staycation jg hihi...

    BalasHapus
  17. Hotelnya nyaman, makanannya enak, harganya terjangkau pula. Recommended nih, mbak.

    BalasHapus
  18. Happy wedding anniversary ya Mab Ivon.
    Yang paling menarik bagi saya adalah makanannya. Wuakeh bok. Kapan-kapan aku juga mau ah bulan madu kedua di sunu. Thank you for sharing.

    BalasHapus
  19. waaahh kalau liat dari budget kamar sih bagi customer sangat di untungkan ....
    restorannya bagus, kamar bagus, ada taman dan kolamnya pula ....

    BalasHapus
  20. Menyenangkan sekali nih hotelnya yaaa... anak2 pasti riang klo diajak staycation di sini.

    BalasHapus
  21. Waaah country heritage lengkap sekali fasilitasnya. Bersih pula ya apalagi kolam renangnya tersedia pasti anak2 betah deh berlama2 nginap di sini. Menu Indonesia plus Korea juga ada nih catat nama hoteknya deh.

    BalasHapus
  22. SUPER NYAMAN!

    Welcome drinknya kece bana-bana. Pingin deh merasakan menginap seru kayak gini mbak Ivone. Menginap seru = menginap bersama keluarga :)

    omnduut.com

    BalasHapus