Merencanakan Liburan Akhir Tahun Bersama Keluarga

23.42 Ivonie Zahra 12 Comments



Saat mengawali tahun baru lalu, saya sempat menuliskan sebuah catatan resolusi yang ingin dicapai. Salah satunya bisa liburan bersama keluarga. Merencanakan liburan bersama keluarga sebaiknya memang dipersiapkan jauh-jauh hari. Akan tetapi untuk sebagian orang, merencanakan liburan jauh hari memiliki resiko.


Namun melakukan liburan tanpa perencanaan juga nantinya kita sendiri yang bingung. Bila liburan dengan keluarga, pasti banyak hal yang perlu dipersiapkan. Kalau liburan sendiri sih, mau berangkat kapan saja gampang.  Apa saja yang perlu dipersiapkan kalau kita hendak merencanakan liburan, terutama di akhir tahun? Berikut beberapa hal yang saya siapkan sebelumnya.


1.      Menyiapkan Budget atau Dana Liburan

Hal pertama yang mesti disiapkan bagi saya adalah soal budget atau dana. Hal ini perlu, karena saat memutuskan hendak liburan pastinya dibutuhkan budget yang tidak sedikit. Apalagi kalau liburannya dengan keluarga, membutuhkan dana yang lebih dari biasanya kalau cuma liburan sendiri atau berdua saja. Menyiapkan budget liburan sejak awal dengan menabung akan lebih efisien, sehingga saat merencanakan liburan akhir tahun sudah terkumpul. Selain itu agar tidak menganggu dana ada yang sudah dipersiapkan untuk keperluan lain. Jadi tinggal menentukan mau liburan kemana, iya kan?

2.      Menentukan Tempat Berlibur

Setelah menyiapkan dan memiliki budget untuk liburan. Kini saatnya menentukan mau liburan kemana. Diusahakan sih, memilih tempat berlibur yang belum pernah kita kunjungi. Kalau akhir tahun lalu saya dan keluarga sempat liburan ke Yogyakarta, inginnya akhir tahun ini berbeda. Dengan begitu bisa merasakan suasana dan pengalaman baru di tempat liburan.

Kalau sudah ada dana, kita tinggal memilih mau liburan kemana jadi lebih mudah. Pastikan pula menentukan tempat berlibur sesuai dengan dana yang ada. Apabila tempat berlibur menyediakan pelayanan pembelian tiket via online, hal tersebut sangat membantu kita. Seperti halnya kalau kita mau beli tiket Dufan di Tokopedia. Sehingga kita gak perlu repot antri di depan loket lagi.

3.      Hunting dan Memilih Hotel Menginap


Menginap di hotel Jambuluwuk Yogyakarta

Jika kita sudah menentukan mau berlibur kemana, giliran hunting atau memilih hotel untuk menginap. Ada banyak pertimbngan yang mesti diperhatikan sebelum memilih hotel untuk menginap. Salah satunya, mau menginap di hotel yang dekat dengan sarana transportasi atau dekat dengan tempat wisata. Kalau kita memilih hotel yang lebih dekat dengan tempat wisata, pastikan saat menuju ke stasiun, bandara atau terminal tidak terjebak di jalan akibat macet.  Biasa kalau musim liburan, macet itu sudah tak terelakan apalagi tempat berliburnya merupan kota tujuan berlibur seperti Yogyakarta atau Malang.


4.      Memesan Tiket Transportasi

Liburan Naik Kereta Api

Saat memutuskan untuk berlibur, kita pun mesti memikirkan dan memilih akomodasi atau transportasi. Mau berangkat naik kereta api, bus atau pesawat. Kalau transportasi andalan keluarga saya saat berlibur ya naik kereta api.  Selain harganya yang lebih terjangkau kalau liburan bersama keluarga, juga mempertimbangkan kenyamanan. Suami saya termasuk orang yang kurang nyaman naik bus karena takut mabuk darat. Selain itu, juga perlu memikirkan transportasi apa yang hendak digunakan selama liburan. Mau menggunakan transportasi umum atau menyewa mobil. Beruntung saat ini banyak pilihan transportasi umum yang nyaman, salah satunya transportasi online.

Saat menggunakan transportasi online, biasanya kan butuh paket data tuh buat memesannya. Pastikan smartphone-nya memiliki pulsa yang cukup. Supaya gak perlu repot ke counter untuk membelinya, kita bisa beli pulsa Three di Tokopedia bila menggunakan provider tersebut. kebetulan saya pakai nomer dari provider tersebut. sehingga selama liburan gak bingung lagi kalau mau pesan taksi online.

Itulah beberapa hal yang perlu dipersiapkan kalau merencanakan liburan akhir tahun yang bisa saya susun. Kalau kalian sudah merencanakan liburan akhir tahun kemana? Sharing yuk di kolom komentar, barangkali masih ada yang terlewat perihal persiapan rencana liburan ini.

Semoga bermanfaat

Ivonie Zahra










12 komentar:

  1. Semoga tahun ini rejeki mengalir deras sehingga bisa liburan lagi ke tempat lain: Solo, Bali atau Lombok? :D

    BalasHapus
  2. sukses ya mba liburannya :D saya juga lagi mikir mau ngerencanain liburan kemana wekekee

    BalasHapus
  3. YANG BUDGET ITU PENTING BANGET :d

    BalasHapus
  4. liburan sama keluraga itu mengasyikan ya, dan itu hrs dinikmati , krn setelah anak dewasa dan bekerja, sulit cari waktu bisa liburan sama klg. mudah2an aku bisa liburan lagi sama anak2ku, yg besar bs cuti kerja, yg kecil gak ada kuliah

    BalasHapus
  5. Wahh enak ya bisa pergi jalan-jalan bersama keluarga di akhir tahun,. Tips pertama yang paling saya perhatikan menentukan bugdet buat liburan, penting banget karena menyangkut kita mau kemana dan ngapaen dengan uang yang ada hehehe

    BalasHapus
  6. Kayaknya kalau buat liburan itu kita memang harus punya tabungan khusus ya biar nggak mengganggu keuangan keluarga

    BalasHapus
  7. Kalau saya mikirin hotel nomor satu, soalnya mumet kalo dapat hotel ga nyaman. salam

    BalasHapus
  8. waah akhir tahun ini trio krucils mau diajak liburan kemana yaa? baca ini jd inget niih blom bikin planning

    BalasHapus
  9. Liburan sama keluarga kalau nggak pakai direncanakan bisa jalan juga,tapi siap-siap liburannya jadi kacau hihi. Jadi mending direncanakan lah ya daripada bete kalau liburan ada kendala-kendala yang sebetulnya bisa diminimalisir.

    Terima kasih tipsnya..

    BalasHapus
  10. Aiman imutnyaaa..
    Paling suka liburan ke mana Mbak?

    BalasHapus
  11. Wah senang yaa kalo bisa liburan akhir tahun bareng keluarga gini. Saya kalo liburan seringnya ke rumah saudara-saudara aja. Hiks. Ke tempat wisata biasanya sekadar "mampir" aja selama ini.
    Semoga setelah ini bisa punya kesempatan liburan yg bener-bener liburan, deh :)

    BalasHapus
  12. kalau aku biasanya sih harus prepare segala sesuatunya termasuk tiket kereta dan penginapan. Biar pas disana sudah tenang gak mikir cari penginapan lagi :D

    BalasHapus