Sup Ceria Bakso So Good, Pilihan Menu Piring Gizi Seimbang Untuk Keluarga

08.32 Ivonie Zahra 12 Comments



Kegiatan memasak bagi saya sangat menyenangkan. Sejak remaja, saya sudah terbiasa memasak sendiri untuk keluarga. Tentunya menu-menu yang mudah dan cepat. Saya belajar otodidak baik dari melihat acara memasak di televisi maupun lewat resep di majalah. Apalagi zaman sekarang makin banyak media yang dapat dijadikan referensi belajar memasak, ada youtube, facebook cookpad hingga instagram.

Kebiasaan memasak untuk keluarga pun berlanjut hingga saya menikah dan memiliki keluarga sendiri. Saat masih pengantin baru, tentunya saya memasak untuk suami. Lain halnya sekarang yang sudah memiliki dua anak.


Uniknya, meski dua bersaudara tetapi mereka memiliki selera yang berbeda. Si sulung Mas Aiman, lebih menyukai menu-menu kering seperti ayam goreng, nugget, telur goreng dan cenderung pemilih alias picky eater. Sedangkan si bungsu, Adik Aira memiliki selera makan yang menyenangkan. Secara dia menyukai segala macam menu masakan asalkan tidak pedas. Saya pun bisa bernafas lega karena tidak harus pusing memikirkan menu masakan untuk Adik Aira.

Setiap keluarga, biasanya memiliki menu favorite yang jadi andalan di rumah. Begitu pun dengan keluarga saya. Berkaca dari pengalaman Mas Aiman yang agak pemilih soal menu makanan terutama sayuran. Saya pun berusaha memasak menu yang sekiranya bisa dinikmati semua keluarga. Supaya saya pun gak harus memasak menu yang berbeda terus.

Salah satu menu favorit keluarga saya adalah sayur sup atau biasa ada yang nyebut sop. Sayur sup merupakan menu sayur yang sederhana namun paling disukai oleh Mas Aiman. Kalau saya masak menu sayur ini, dia makannya bisa nambah lagi. Selain itu, menu sayur ini saya anggap memenuhi gizi  yang dibutuhkan untuk tubuh. Sejak kecil, saya berusaha membiasakan menu untuk keluarga yang bergizi. Kalau dulu mengenal istilah 4 Sehat 5 Sempurna, lain dengan sekarang yang pedomannya berupa Gizi Seimbang.

Dalam Menu Piring Gizi Seimbang

Kalau dulu saya mikirnya asal menu masakannya bergizi sudah cukup, lain halnya dengan sekarang. Bergizi saja tidak cukup, namun harus seimbang porsinya seperti dalam menu piring gizi seimbang. Nah, Menu Piring Gizi Seimbang merupakan menu yang terdiri dari aneka ragam makanan dalam jumlah dan porsi yang sesuai dengan kebutuhan gizi. Hal tersebut diharapkan dapat membantu pemeliharaan dan perbaikan sel-sel tubuh dan proses kehidupan serta pertumbuhan dan perkembangan.
Sumber : http://sogood.id/

Dalam pembagian porsi aneka ragam makanan yang dianjurkan, setidaknya terdiri dari 4 kelompok bahan makanan diantaranya;
-          Kebutuhan akan karbohidrat sebanyak 35 %, misalnya berupa beras, jagung, gandum, maupun umbi-umbian.
-          Kebutuhan protein sebesar 15 %, protein ini bisa lebih dari satu macam. Baik protein nabati maupun hewani seperti, kacang-kacangan, tahu, tempe, telur, ikan maupun daging.
-          Kebutuhan sayur sebesar 35 %, bisa dibilang porsi sayur ini setara dengan kebutuhan karbohidrat. Sayur sebagai sumber vitamin. Seperti, brokoli, wortel, buncis, bunga kol, bayam, kangkung dan lain sebagainya.
-          Kebutuhan buah sebesar 15 %, guna memenuhi kebutuhan akan mineral seperti buah pisang, apel, papaya, jeruk, anggur dan lain sebagainya.

Adapun jenis bahan makanan yang dianjurkan dalam menu piring gizi seimbang sering disebut dengan lauk pauk. Bahan untuk lauk pauk ini, biasanya mengandung salah satu protein baik itu protein nabati maupun hewani. Seperti halnya dengan kebiasaan makan suami, yang kalau gak ada lauk pauknya berasa ada yang kurang. Sehingga sebisa mungkin saya menyiapkan salah satu sumber protein tersebut.

So Good, Solusi Memenuhi Kebutuhan Protein Hewani



Guna memenuhi kebutuhan akan bahan protein, biasanya saya belanja ke pasar atau supermarket. Baik kebutuhan akan protein nabati maupun hewani, biasanya menyesuaikan dengan budget belanja. Kalau awal bulan lebih seringnya sih protein hewani atau biasa di selang-seling untuk setiap harinya.

Ngomongin soal kebutuhan protein hewani, keluarga saya suka semua jenis protein hewani seperti ikan maupun daging dan seringnya sih daging ayam. Biasanya saya beli ikan segar maupun ayam potong yang bisa diolah sesuai selera. Namun adakalanya saya tidak sempat mengolah bahan protein hewani tersebut.

Produk dari So Good jadi pilihan dan andalan di keluarga saya. Secara anak-anak suka produk olahan nugget maupun yang lainnya. Kalau di kulkas ada produknya So Good, saya bisa tenang dan mudah dalam menyiapkan menu makanan.

Kenapa sih memilih So Good? Karena So Good memiliki beragam  produk kaya akan protein  yang berkualitas dengan dua varian utama  yaitu So Good Ayam Potong & So Good Siap Masak. untuk varian So Good siap masak pun memiliki varian yang banyak terutama untuk nugget-nya. Baik untuk dikonsumsi keluarga maupun anak-anak.

Selain itu bentuknya yang beragam karakter dan lucu sehingga anak-anak banyak yang menyukainya. Seperti nugget dino, pesawat, hingga donat pun tersedia. So Good juga mengerti akan kendala bagi anak-anak yang gak suka sayur, dengan adanya produk nugget sayur sehingga para ibu terbantu dengan adanya produk ini. Tak hanya produk nugget,  So Good juga memiliki produk bakso yang siap masak dan praktis namun tetap memperhatikan akan kandungan protein yang berkualitas.

Resep Sup Ceria Dengan So Good Favorit Keluarga

Seperti yang sudah saya bahas di atas, menu favorit keluarga saya adalah sayur sup. Biasanya untuk lebih menarik nafsu makan anak-anak, sayur supnya saya tambahkan potongan daging ayam, sosis atau bakso supaya mereka makin semangat makannya. Nah, kali ini saya mengkreasikan resep sup dengan olahan bakso dari So Good.

Bahan-Bahan Sayur Sup Ceria Bakso So Good

Mengenai nama resep sup ceria, karena anak-anak kalau dimasakan menu sayur sup ini bahagia dan ceria sekali. Emaknya baru selesai masak dan memberitahukan ke mereka, sudah pada antri siap makan sambil bawa piring masing-masing. Oh iya, mengenai resep sup ini pasti udah banyak ya, namun saya yakin tiap keluarga punya cirri khas tersendiri ya. Begitu juga dengan kreasi resep sup ceria ala Dapur Ivonie. Berikut resep sederhana dan cara memasaknya.



Sup Ceria So Good
By: Ivonie

Bahan :
1 bungkus Bakso So Good, potong jadi 2 dan kerat 4 bagian
2 buah wortel, kupas dan bentuk bunga
100 gram buncis, potong ukuran 2 cm
1 kuntum bunga kol, potong dan rendam dengan air garam
2 buah kentang, kupas potong kotak
1 batang daun seledri
Bawang goreng secukupnya
2 butir cengkeh
1000 ml kaldu atau 1000 ml air + ½ sdt kaldu sapi bubuk


Bumbu :
5 butir bawang merah, iris
3 siung bawang putih, iris
¼ sdt merica bubuk
1/2 sdt garam
1 sdt gula pasir

Cara memasak :
-          Rebus kaldu atau air plus kaldu bubuk dalam panci
-          Siapkan wajan, tumis bumbu bawang merah dan putih hingga harum.
-          Masukkan tumisan bumbu dan cengkeh ke dalam panci berisi kaldu yang sudah mendidih.
-          Tambahkan kentang, masak kurang lebih 5 menit. Kemudian masukkan bakso masak hingga bakso merekah.
-          Masukkan sayuran wortel, buncis dan bunga kol, aduk rata.
-          Tambahkan dengan merica bubuk, garam dan gula pasir, aduk rata serta lakukan test rasa agar bumbu sesuai dan pas rasanya.
-          Terakhir, masukkan daun seledri dan bawang merah goreng, aduk-aduk. Matikan api.
-          Sayur sup ceria siap dihidangkan.
 
Menu Piring Gizi Seimbang


Gimana? Mudah bukan cara memasaknya, selain itu sayur sup ini kaya akan sayuran yang beragam dan sumber protein hewani dari Bakso So Good. Oh iya, saya suka dengan tekstur bakso So Good ini yang empuk dan benar-benar berasa dagingnya. Sehingga kualitasnya tak perlu diragukan lagi ya. Sedangkan untuk penambah sajian agar menu piring gizi seimbang terpenuhi, saya menambahkan buah anggur yang juga menjadi favorit keluarga. Secara buah anggur kaya akan antioksidan berkat kandungan vitamin A, serta mengandung beberapa kandungan lain yaitu kalsium, yodium, mangan, kalium serta gula alami seperti dektrosa dan glukosa.

Adik Aira Makan Lahap Sayur Sup Ceria Bakso So Good

Terbukti, Adik Aira saat saya sodorkan menu piring gizi seimbang dengan menu sayur sup ceria senang banget. Makannya pun maunya sendiri, gak mau disuapin. Dengan adanya produk siap masak dari So Good, membantu para ibu atau emak dalam memenuhi kebutuan protein yang berkualitas. Mengolahnya pun mudah dan praktis. Mau dikreasikan masakan apapun bisa, dicampur dengan masakan lain atau digoreng pun juga bisa.

Demikianlah sedikit berbagi resep menu sayur favorit keluarga, semoga bermanfaat dan pastinya setiap keluarga punya menu favorit. Boleh banget lho berbagi menu favorit atau produk favorit kalian dari So Good di kolom komentar. Ditunggu ya...










12 komentar:

  1. Aku juga sering banget bikinin sop sederhana begini buat anakku. Maklum aslinya nggak jago masak. Hihi

    BalasHapus
  2. Anak-anakku juga suka sayur sop, Mbak. Apalagi kalau isiannya bakso kayak gitu, tambah lahap makannya.
    Btw kalau mbak Ivon pake cengkeh ya. Kalau aku enggak. Hehehe. Mungkin lain kali bisa coba deh :)

    BalasHapus
  3. Wah iya, bikin sup bakso pakai bakso dari so good ya. Sip sip, besok besok aku coba ahh

    BalasHapus
  4. So Good ini kalau Juna paling suka sama nuggetnya...yang hewan-hewan itu hlo... emaknya bingung soalnya anaknya enggak doyan sayur sama kuah... hikss

    BalasHapus
  5. Lebih suka sama nugetnya hihi, praktis tinggal goreng.

    BalasHapus
  6. Baso so good serba guna, sy suka dipakai buat masak capcay atau campuran mie goreng

    BalasHapus
  7. sayur sop bikin nafsu makan anak2 aku mbaaa ^^ duh enaaak yaa dekk

    BalasHapus
  8. Lihat menunya ceria,, semoga yang makan juga ceria

    BalasHapus
  9. Astaga aku ke mana aja. Baru tau So Good ada baksonya. Selama ini cuma tau nugget aja. Makasi banyak sharingnya ya Mami Ipon :*

    BalasHapus
  10. Bakso SO Good emang enak, pernah jg memasaknya sama sup.
    BTW aku naksir piringnya Aira, pengen beliin buat anak2, soale pas di daycare mereka makan pakai piring itu dan jd lbh semangat hehe

    BalasHapus
  11. Belum pernah nyoba bakso so good sih, tapi kayaknya enak tuh kalo misal dibikin sup buat campuran selain sosis

    BalasHapus
  12. Airaku juga suka banget bakso so good. Sop adalah makanan favoritnya juga. Ih samaan ya... Hihi

    BalasHapus