DIY Home Decor: Membuat Wall Decor Murah Meriah Sendiri? Bisa Banget!

08.09 Ivonie Zahra 11 Comments



DIY Home Decor: Membuat Wall DecorMurah Meriah Sendiri? Bisa Banget. Libur akhir pekan kemarin, saya dan keluarga sengaja gak kemana-mana. Biasanya tiap akhir pekan sudah ada jadwal mau pergi kemana gitu, misalnya mudik ke Blitar, menghadiri event atau sekedar family time. Akhir pekan minggu-minggu sebelumnya sudah disi dengan acar mudik ke Blitar. Makanya akhir pekan kali ini di Malang saja.

Kok gak kemana-mana? Soalnya akhir pekan kemarin ada acara tahlil 1000 hari almarhum suami dari buleknya suami saya, yang tak lain almarhum kakeknya anak-anak. Jadi waktu akhir saya untuk bantu-bantu persiapannya.


Namun, meski akhir pekan di rumah saja saya gak bosen lho. Sebelum membantu persiapan untuk tahlil, saya mempunyai ide untuk membuat prakarya dari bahan daur ulang. Nantinya digunakan untuk menghias rumah, istilah kerennya sih DIY Home Decor gitulah.

Bahan-bahannya sih udah ada dari dulu, cuma saya yang belum sempat mengerjakan. Awalnya ide ini bukan dari browsing di Pinterest misalnya, melainkan saat mengunjungi salah satu toko yang menjual segala pernak-pernik home decor. Memang sih bentuknya bagus-bagus dan unik, cuma harganya lumayan juga. Dasar emak-emak ya, maunya kan yang murah biar ngirit.



Saya pun gak beli dan memutuskan untuk membuat sendiri. Sebelum-sebelumnya urusan home decor, sudah pernah bikin sendiri sih, lagi-lagi emak-emak macam saya nih gak mau rugi lah ya hahaha. apalagi ada barang yang bisa dimanfaatkan. Dari pada jadi tumpukan sampah, mending kan didaur ulang untuk sesuatu yang unik dan indah dipandang mata. Hitung-hitung sebagai sumbangsih kecil menjaga bumi ini dari tumpukan sampah yang setiap hari makinmenumpuk.


Sebenarnya membuat home decor yang murah meriah sendiri itu mudah kok. Biasanya yang bikin susah itu waktunya, pasti adaa saja alasannya, yang malas lah, gak ada waktu lah, ribet lah. Padahal kalau diniati ya bisa banget lho, gak perlu yang berat-berat macam gergaji sesuatu segala. Palingan cuma pakai paku aja, kalaupun gak bisa juga masih ada lem yang lebih praktis.

Bahan Baku Utama Wall Decor


DIY Home Decor kali ini saya memanfaatkan talenan dan jar bekas selai. Berikut saya list bahan yang diperlukan ya.
1.       Talenan bekas yang sudah dicat sesuai selera dengan cat acrylic.
2.       Jar bening bekas selai, sambal sesuai selera ukurannya.
3.       Renda goni siap pakai
4.       Tali goni atau tali dari olahan daun pandan
5.       Dua buah paku
6.       Lem alat tembaknya

Sementara untuk proses membuatnya tinggal merangkai saja.
Pertama. Lem jar bekas dengan selai atau sambal yang sudah bersih dengan renda goni secara melingkar di bagian badannya, kemudian sisihkan dulu.

Ditempel Renda Goni Berpita

Kedua. Ukur posisi jar di atas talenan yang dinginkan, mau agak ke bawah, tengah atau atas. Kalau saya sih disesuaikan dengan ukuran talenan dan bunga yang dipakai ya. Kalau punya saya ini talenannya berbentuk oval dan sedang, sementara jar kecil jadi agak kebawah aja biar bunganya gak terlalu ke atas.

Ketiga. Tandai di samping mulut jar dengan dua buah paku supaya posisi pakunya sama. Kemudian pasang paku dengan palu pelan-pelan, jangan sampai rata talenan ya sisakan space paku untuk mengikat mulut jar.

Jarak Paku Sesuai Diameter Jar


Keempat. Pasang tali goni maupun pandan melingkar di mulut jar, ikatkan sekali supaya lebih kuat. Sisakan agak panjang untuk mengikat sisi-sisinya ke paku yang sudah terpasang. Ikat dengan erat masing-masing sisinya. Jar-pun akan menempel dengan kuat ke talenan tanpa harus di lem. Kalau yang merasa gak bisa memaku, bisa ditempel pakai lem jar-nya ke talenan.

Tali Diikatkan Ke Paku


Taraa...jadi deh home decor berupa wall decor yang murah meriah buatan sendiri. Gak kalah bagus dengan buatan yang di toko. Kalau yang saya lihat sih di toko maupun Pinterest dijapit dengan lempengan besi khusus kemudian dikunci dengan baut gitu.

Hasil Akhir Wall Decor

Oh iya, wall decor ini bisa diaplikasikan baik untuk di luar ruangan maupun di dalam lho. Kalau punya saya, sengaja di taruh di luar untuk mempercantik tampilan dinding teras. Untuk yang di dalam ruangan sudah ada wall decor beli jadi sih hehehe. Karena saya tipe orang yang meski suka mendekor tapi hiasannya gak harus kemruyuk gitu. Kesannya malah bikin penuh, cukup kesan dindingnya lebih berwarna gitu. Cuma...kalau tipe yang suka dekorasi rumahnya minimalis ya beda lagi hehehe.
Aplikasi Dinding Outdoor



Aplikasi Untuk Dinding Indoor 



Sekian dulu postingan mengenai DIY Home Decor yang murah meriah buatan sendiri. Semoga bermanfaat dan menginspirasi ya bagi yang sedang mencari dekorasi untuk rumahnya. 

11 komentar:

  1. Kreatif idenya Mbak ...

    BalasHapus
  2. Cocok banget buat pajangan dinding rumah.

    BalasHapus
  3. Bahan-bahan yang digunakan juga mudah untuk di dapatkan.

    BalasHapus
  4. Daripada dinding rumah kosong,buat kerajinan kreatif seperti ini bisa mempercantik rumah.

    BalasHapus
  5. Daripada diam dirumah,buat dekorasi dinding seperti ini lebih bermanfaat ...

    BalasHapus
  6. Kalau aku bhay lah soal DIY-DIY.an.. Hasilnya selalu jauh dari ekspetasi, wkwk.

    Bagus mbak wall decornya, bisa buka orderan abis ini, hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanya bikin yang sederhana aja mbak, biar gak ketinggian ekspetasinya hahaha. Duh, kalau jual wall decor gini daku belum sanggup :D

      Hapus
  7. Sama kayak mba meriska, kayaknya jari2ku ga prnh bisa kompak kalo disuruh bikin DIY hahahaha. Kalo di rumah, yg jago banget itu mama. Apapun yg dibikin sepertinya slalu bagus dan berkualitas.. Makanya dulu pas zaman smu, kalo ada prakarya pasti mama yg bikinin wkwkwkwkw. Murid ga jujur :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. wak iya, ekspetasi sama hasil kadang jauhnya minta ampun, tapi tetap kepingin buat sendiri

      Hapus