Raja Ampat: Destinasi Impian di Papua

09.30 aurabiru 1 Comments




Jika mendengar nama Papua, maka yang langsung muncul di benak saya adalah Raja Ampat. Siapa sih yang tidak tahu Raja Ampat? Baik itu yang sudah pernah atau belum pernah ke Papua. Keindahan Raja Ampat tidak hanya berhasil memikat wisatawan domestik tapi juga mancanegara.

Kepulauan Raja Ampat berlokasi di Kabupaten Raja Ampat yang merupakan sebuah kabupaten bagian dari Propinsi Papua Barat. Untuk mencapai Kepulauan ini, kita harus menginjakkan kaki di kota Sorong terlebih dahulu. Setelah itu kita melanjutkan perjalanan menuju Waisai, ibukota kabupaten Raja Ampat lewat jalur laut. Perjalanan ke Waisai memakan waktu sekitar 2-3 jam saja dari pelabuhan Sorong, hingga sampai di pelabuhan Waisai Raja Ampat.
Secara umum, Raja Ampat adalah kepulauan yang terdiri dari banyak sekali pulau karang dan tersebar luas di seluruh wilayahnya. Namun demikian, Raja Ampat memiliki 4 pulau utama yang paling besar, yaitu Pulau Waigeo, Pulau Batanta, Pulau Salawati, dan Pulau Misool. Empat pulau besar inilah yang menjadi titik awal penyebaran seluruh penduduk Raja Ampat yang sebagian besar berprofesi sebagai nelayan.
Wilayah perairan adalah daya tarik utama Raja Ampat, mengingat perairan Raja Ampat adalah salah satu dari 10 perairan terbaik di seluruh dunia. Hal ini didasarkan pada berbagai penelitian tentang kekayaan flora-fauna dan kelestarian alam laut yang dimiliki Raja Ampat. Wilayah laut dan darat Raja Ampat yang memiliki luas 4,6 juta hektar ini menjadi rumah bagi 540 jenis karang, 1.511 spesies ikan dan ribuan biota laut lainnya.




Jika saya ada rejeki atau kesempatan ke Papua, maka Raja Ampat sudah pasti menempati urutan pertama dalam list itenary saya. Saya ingin mengeksplorasi keindahan alam bawah laut Raja Ampat. Berenang di antara ribuan ikan berwarna cantik menghiasi karang-karang hidup yang menari gemulai. Ada banyak spot diving di Raja Ampat, namun yang menjadi favorit wisatawan adalah Magic Mountain. Magic Mountain atau Shadow Reef berada di daerah Misool, merupakan sebuah puncak lepas pantai yang menyajikan banyak aksi dari biota laut.


Papua tidak hanya memiliki Raja Ampat, masih banyak objek wisata alam lainnya yang tidak kalah menarik. Keadaan geografis Papua yang masih alami dengan berbagai macam penampakan alam seperti pegunungan, hutan hingga danau. Maka tak heran jika orang banyak menyebut Papua destinasi wisata hijau yang recommended.

Kita bisa mengenal lebih dekat kehidupan orang Papua asli seperti suku Dani, Yali sekaligus menikmati keindahan alam dan peradaban zaman batu di Lembah Baliem. Atau ingin menikmati keindahan danau terbesar di Papua: Danau Sentani. Di sini kita bisa melakukan berbagai aktivitas menarik seperti berenang, memancing, menyantap kuliner, hingga berkeliling danau dengan menyewa perahu yang telah disediakan. Anda juga bisa mengenal keanekaragaman hayati Papua di Taman Nasional Lorentz yang dinobatkan sebagai taman nasional terbesar di Asia Tenggara.



Objek wisata alam di Papua yang masih alami memang menjadi magnet yang kuat bagi penghuni kota yang terbiasa dengan modernitas. Namun jangan lupa untuk tetap menjaga keseimbangan dan kelestarian alam Papua yang termasuk wilayah konservasi dunia. Adalah Econusa, sebuah organisasi nirlaba yang bertujuan mengangkat pengelolaan sumber daya alam yang berkeadilan dan berkelanjutan di Indonesia dengan memberi penguatan terhadap inisiatif-inisiatif lokal. Yayasan ini menjembatani komunikasi antara pemangku kepentingan di wilayah timur Indonesia (Tanah Papua dan Maluku).

Itulah sharing saya tentang tempat-tempat di Papua yang ingin saya kunungi. Semoga bermanfaat bagi Anda yang berencana liburan ke Papua, terimakasih.





1 komentar:

  1. Assalamualaikum... kunjungan blogwalking perdana mbak, langsung meluncur ke blog njenengan, ngliwati Kesamben mudhun Kacuk.

    Raja Ampat memang luar biasa, fotonya aja dengan resolusi HD, seperti itu, apalagi real-nya.

    Raja Ampat aja begitu indahnya, apalagi Raja Lima....Hmmm Raja Lima emangnya ada?

    BalasHapus