6 Cara Mencari Modal Usaha Bisnis

17.10 aurabiru 27 Comments





Modal usaha adalah bagian penting dalam berusaha. Tanpa modal yang memadai akan sulit menjalankan bisnis dengan baik. Makanya, kerap muncul pertanyaan bagaimana mencari modal usaha ? Kami membahas 6 cara mencari modal usaha.
Selain harus memiliki kemampuan mumpuni dalam berbisnis, Anda juga harus memperhatikan bagaimana kemampuan keuangan untuk mendukung jalannya usaha.

Sebuah kemampuan dalam berbisnis akan sia-sia jika tidak disertai dengan modal usaha yang cukup.  Bahkan kebutuhan terhadap hal itu tidaklah sedikit.
Anda harus memutar otak dalam menyelesaikan masalah ini.
Perlu diketahui bahwasanya untuk mendapatkan modal usaha bukanlah perkara sulit seperti orang lain bayangkan. Saat ini banyak cara bisa dilakukan, mulai dari pinjaman ke bank hingga mencari investor.
Namun, semua itu ada resiko dibaliknya.
Mengutip dari Duwitmu.com, kami mengumpulkan beberapa cara untuk menghimpun dana untuk modal bisnis.

1. Dana Pribadi

Menggunakan dana pribadi dalam membuka usaha merupakan salah satu cara paling bijak dan tidak berisiko. Ini bisa berupa tabungan atau menjual aset-aset berharga.
 Akan tetapi, sebelum melakukannya pastikan dulu soal prospek kedepan bisnis tersebut, cerah atau tidak.
Dana pribadi harus dihitung dengan cermat ketika akan digunakan untuk bisnis karena selain Anda masih ada keluarga yang tergantung pada dana pribadi untuk hidup.

2. Pinjaman

Cara selanjutnya adalah menuju ke Bank untuk mendapatkan bantuan pinjaman untuk modal usaha. Kredit Multiguna (KMG) merupakan program dengan memberikan jaminan, misalnya kendaraan bermotor, rumah atau properti lainnya. 
Biasanya bunganya berkisar antara 9-12 persen dengan waktu 5-20 tahun, tergantung banyaknya uang yang dipinjam.
Ada pula KUR yang memberikan bunga subsidi hanya 5% setahun dan bisa dimanfaatkan untuk modal usaha.

3. Jalin Kerjasama

Apabila Anda memiliki teman dekat atau keluarga dengan minat yang sama dan berniat untuk menjadikannya usaha, cara tersebut bisa dijadikan pilihan. Bisa saja rekan bisnis memberikan bantuan berupa modal usaha atau juga membantu dalam operasional sehari-hari.
Ketika Anda menjalin kerjasama dalam bisnis, harus ada kesepakatan soal pembagian hasil agar kedua belah pihak tidak merasa dirugikan. Untuk lebih amannya buat secara tertulis dan bertanda tangan guna mengantisipasi terjadinya hal buruk di kemudian hari.

4. Investor

Ini sebenarnya memiliki kemiripan dengan menjalin kerjasama.
Pihak ketiga akan memberikan bantuan modal usaha kepada Anda. Bedanya investor hanya memberikan dana tanpa ikut terlibat dalam operasionalnya.
Akan tetapi, juga harus ada kesepakatan atau perjanjian tentang pembagian hasil di antara kedua belah pihak, agar tidak ada yang merasa dirugikan di kemudian hari. Untuk jaga-jaga sebaiknya dibuat secara tertulis dan ditandatangani.
Banyak perusahaan start-up menggunakan dana investor atau dikenal sebagai Venture Capital (VC) untuk memulai usaha. Implikasinya, sebagian saham akan dimiliki oleh VC.

5. Pinjaman ke Keluarga atau Teman

Biasanya melakukan pinjaman ke teman dan saudara tidak akan dikenakan bunga atau tambahan uang, akan tetapi nominal yang diberikan juga tidak sebanyak meminjam ke bank.
Namun, terkadang meminjam kepadanya akan menimbulkan banyak omongan orang sekitar. Perlu dipertimbangkan implikasinya kalau pinjam ke orang dekat, terutama jika nanti menunggak atau terlambat membayar.


6. Ikuti Pelatihan

Alternatif lainnya adalah mendapatkan modal usaha melalui lembaga pemberdayaan ekonomi, misalnya lembaga penyalur kredit usaha rakyat (KUR) atau organisasi buruh PBB ILO.
Sering kali mereka mengadakan pelatihan, training atau workshop dan diberlakukan untuk umum. Anda juga bisa mengikuti acara tersebut karena biasanya setelah selesai akan ada informasi mengenai akses modal usaha. 

Itulah jawaban dari pertanyaan bagaimana mencari modal usaha?
Semoga uraian tersebut bisa mempermudah Anda dalam menjalankan bisnis. Jangan lupa memilih jenis usaha yang memiliki prospek kedepannya cerah. 


27 komentar:

  1. Banyak alternatif untuk mendapatkan modal usaha ya
    Setelah itu, harus tetap konsisten dan persisten mengarungi dunia bisnis

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyaak, tinggal kita yang musti menangkap peluang

      Hapus
  2. Banyak cara buat cari modal usaha. Pertama ya pinjam uang pribadi baru ke lainnya. Tapi kudu niat betul usahanya, jangan main-main

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau modalnya dengan pinjam, memang benar harus sungguh-sungguh menjalankannya ya mbak

      Hapus
  3. Solusi juga nih untuk teman-teman yang baru merintis usaha rumahan ya. Karenakan disaat seperti pasti banyak orang yang ingin usaha tapi minim modalnya.

    BalasHapus
  4. Mau mulai usaha memang paling sering kepentok di modal yah. Kalau pake pinjaman, harus sudah ada perhitungan untuk cicilan yah, biar tentram usahanya

    BalasHapus
  5. Iya modal usaha nih yang sering jadi kendala para calon usahawan, paling enak kalau bisa pakai dana pribadi dan investor ya..

    BalasHapus
  6. aku lagi mau aktifkan lagi jualan online nih, poin no 6 sedang aku giatkan nih, supaya nambah pengetahuan dan income pastinya

    BalasHapus
  7. Mau buka usaha memang susah susah gampang ya mbk. Apalagi urusan modal pasti harus dipikir matang, karena buka usaha kan ada banyak lika likunya

    BalasHapus
  8. Selain modal pastinya bentuk usaha yang mau dijalankan harus mempunyai prospek panjang ya betul banget

    BalasHapus
  9. Suamiku dulu sempat pinjam dana untuk modal usaha, alhamdulillah lancar pembayarannya.
    Kalo pinjam saudara takutnya kan ada hal yang nantinya bikin pecah persaudaraan

    BalasHapus
  10. Dalam memulai usaha memang perlu banyak aspek yang dipertimbangkan.
    Termasuk sumber dana untuk usaha dan cara pengembaliannya.
    Haturnuhun artikelnya membuka mata orang awam untuk memulai usaha.

    BalasHapus
  11. Wah manteb tu yg terakhir kalau ikut pelatihan dapat pinjaman modal, eh dipinjemin atau dikasi sih? Kalau yg pernah ku tahu tu ada pelatihan tapi nanti akan dilombakan gtu trus kasi hadiah modal ke pemenang.

    BalasHapus
  12. Kebetulan akus ekarang lagi coba buka usaha. Sejauh ini masih pake modal pribadi karena masih usaha kecil-kecilan hehe. Ikut pelatihan bagus itu sekalian menambah skill

    BalasHapus
  13. Kalo aku selain dana pribadi sih nomer 2 nya pinjem dulu sama keluarga. Lebih tenang aja

    BalasHapus
  14. Sekarang di Indonesia sudah mulai bermunculan aplikasi crowd funding dimana aplikasi ini menjaring para anggota untuk menjadi investor dan melakukan pendanaan bagi mereka yang mau buka usaha atau menambah modal usaha. Biasanya menyasar bisnis UKM karena hampir 60% usaha di Indonesia ada di sektor UKM sehingga butuh banyak dukungan. Jadi sekarang orang-orang akan beralih dari meminjam dari bank ke crowd funding ini. Siap-siap ke depan, bank pada sepi karena masyarakat menengah ke bawah lebih menyukai jenis pendanaan ini yang tanpa agunan dan bunga. Saya lebih mendukung model pembiayaan atau pendanaan seperti ini.

    BalasHapus
  15. Aku join sama kakakku sih mba memang buka bisnis itu butuh modal dan perencanaannya kudu matang juga jadi modal ga ilang percuma hehehe

    BalasHapus
  16. Paling aman emang mencari partner ya dalam kerja sama bisnis. Kadang bingung juga kalau dana awal usaha berasal dari pinjaman, walaupun sebetulnya tak masalah asalkan sudah menghitung dengan benar probabilitas pengembaliannya.

    BalasHapus
  17. banyak cara ya mba untukmendapat modal usaha bisnis dan yang penting kita selalu semangat dan disipin ya mba

    BalasHapus
  18. Ada banyak cara mendapatkan modal usaha ya, mak. Yang penting tetap konsisten dan fokus dalam menjalankanna.

    BalasHapus
  19. Semua pilihan tetap harus diperhitungkan risikonya ya mb..kalau temanku lebih suka pinjam ke pihak lain kalau usaha. Alasannya biar semangat kerja. Kalau saya sih suka yg pakai dana pribadi atau pinjam keluarga..he3

    BalasHapus
  20. penerbangan di tengah pandemi seperti ini kita harus bisa belajar dan memulai untuk usaha dan nggak perlu gengsi seperti usaha seperti ini

    BalasHapus
  21. Saya memilih no 1 kalau buat dana modal mah, Mba. Seperti kata Mba tudak beresiko. Karena kalau misalnya rugi atau bangkrut kita ga ada beban ke orang lain.

    BalasHapus
  22. Jalin kerjasama yang lebih sering aku pilih ini mba, soalnya bebannya ga duit eheheh
    tapi semangat kolaborasi biasanya aku ngereseller atau dropshiper gitu-gitu.

    BalasHapus
  23. Duh kayaknya aku bakalan pilih yang jalin kerjasama dan ikut pelatihan daripada minjem buat modal usaha ya mbak, kuatir aja kalau pink teh, kurang berkah kalau pemiliknya ga ridlo hehe

    BalasHapus
  24. Banyak cara untuk mendapat modal usaha sebenarnya. Tapi harus dipertimbangkan untuk ke depannya agar usaha tetap bertumbuh.

    BalasHapus
  25. saya dulu punya pikiran modal bisnis pinjem keluarga dulu. tp karena di sekeliling saya banyak pengalaman yg ternyata malah bikin masalah, jd mending pinjam bank aja. hihi

    BalasHapus