Me Time ala Mama Ivon

10.50 aurabiru 27 Comments

ibu butuh me time

Sebagai seorang ibu rumah tangga ada kalanya saya merasa jenuh dan capek dengan rutinitas di rumah, mengerjakan pekerjaan domestik mulai dari pagi sampai malam. Diulang setiap hari hingga sampai hafal di luar kepala hehehe. Mulai dari memasak, mencuci peralatan makan, mencuci pakaian, mengurus suami dan anak hingga mengajari anak belajar di rumah. Apalagi semenjak pandemi, kita harus mendampingi anak sekolah online. Aktivitas ini cukup menyita waktu, tenaga juga pikiran hehehe.

Padahal seorang ibu adalah pusat kendali emosi keluarga sehingga harus menjaga kesehatan fisik dan mentalnya. Coba deh Anda liat ke belakang, saat seorang ibu sudah marah maka suasana di rumah jadi nggak nyaman. Apalagi kalau ibu sudah diam seribu bahasa, seisi rumah bakalan merasa canggung dan bingung musti bagaimana.  

Tanda Ibu Butuh Me Time

Kalau sedang jenuh atau capek biasanya saya jadi lebih sensitif. Jadi sumbu pendek menghadapi tingkah laku anak-anak misalnya makan berantakan, berebut mainan hingga mainan HP mulu. Terus juga jadi mudah tersinggung dengan perkataan suami, biasanya sih kalau sedang ngobrolin sesuatu eh belum apa-apa saya sudah ngegas. Akhirnya suasana rumah jadi nggak nyaman karena saya memilih untuk diam. Suami dan anak-anak pun jadi merasa serba salah, mau begini salah mau begitu salah.

Tanda-tanda lain seorang ibu butuh me time yaitu penurunan produktifitas seperti menurunnya nafsu makan, kualitas tidur menurun, merasa capek lahir bathin hingga merasa diri tidak berarti karena hanya seorang ibu rumah tangga.

Kalau Anda mulai merasakan satu atau dua gejala di atas maka segera luangkan waktu untuk melakukan me time. Akan lebih baik jika ngomongin dulu sama suami biar dia nggak salah paham. Jelaskan padanya me time penting bagi seorang ibu agar lebih fresh untuk menjalankan rutinitas dan menghilangkan stres. Dengan meluangkan waktu untuk diri sendiri, ibu lebih bisa mengontrol perasaan sehingga tidak mudah marah saat rasa lelah melanda setelah mengurus pekerjaan domestik seharian. Dengan begitu, segala pekerjaan menjadi ibu tumah tangga bisa terselesaikan dengan baik.

Me Time ala Mama Ivon

Bagi sebagian besar ibu rumah tangga, mungkin sangat susah untuk me time. Apalagi jika tidak memiliki pembantu rumah tangga maka kita harus bisa menyiasati agar tetap bisa me time minimal 15-20 menit sehari.

Paling gampang sih me time itu sendirian di rumah, suami sudah berangkat kerja dan anak-anak sudah sekolah. Tapi kalau pandemi gini malah semua anggota keluarga kebanyakan di rumah. Jadi kita harus ngomong sama suami dan anak-anak kalau kita ingin meluangkan waktu untuk diri sendiri. Beri pengertian terutama anak-anak agar mereka tidak merasa diabaikan oleh ibunya. Nah berikut ini adalah me time versi saya:

Berkebun

ibu butuh me time

Kebanyakan wanita suka berkebun, entah itu menanam tanaman hias, buah atau sayur. Kalau saya sukanya menanam tanaman hias. Ada kebahagiaan dan kepuasan tersendiri saat melihat tanaman yang sudah kita rawat tumbuh dengan sehat apalagi kalau sampai berbunga begitu.

Sejak memiliki rumah sendiri saya jadi lebih leluasa untuk menyalurkan hobi berkebun saya. Meskipun taman di depan rumah saya berukuran kecil namun tak mengurangi semangat saya untuk merawatnya agar sedap dipandang mata.

Beruntung di dekat rumah ada pasar tanaman hias sehingga saya bisa dengan mudah mendapatkan tanaman hias yang saya inginkan. Kalau ingin melihat pilihan yang lebih banyak dan harga yang lebih murah, saya biasanya pergi ke Kota Batu. Di sana banyak sekali penjual tanaman hias mulai dari mawar, melati, anggrek, kaktus, suplir, aglonema, keladi hingga monstera.

Saat saya sibuk merawat tanaman hias mulai dari menyiram, membersihkan gulma dan benalu sampai dengan repotting, saya akan merasa senang dan bahagia. Rasanya energi saya seperti terisi kembali setelah sibuk dengan tanaman hias.

Baking

Sejak masih remaja saya memang memiliki ketertarikan yang tinggi pada dunia baking. Dulu saya belajar membuat kue lebaran dengan melihat resep-resep kue di majalah. Maklum dulu ibu saya bekerja di luar negeri sehingga sebagai anak perempuan pertama saya dituntut untuk menggantikan peran ibu di rumah. Bahkan saya dulu membuat sendiri kue tart saat perayaan ulang tahun saya yang ke-17.


ibu butuh me time


Setelah menikah saya pun jadi makin semangat menyalurkan passion saya di dunia baking karena suami dan anak-anak suka ngemil. Saya pun mengumpulkan lagi resep-resep kue dan mencobanya. Saya juga beberapa kali mengikuti demo baking atau workshop untuk menambah ilmu sekaligus mendapatkan teman-teman baru yang satu passion.

Selain buat me time, hobi baking saya ini juga membantu saya mencari tambahan penghasilan untuk keluarga. Saya membuka pre-order kue lebaran

Main HP

Siapa sih yang nggak suka main HP, apalagi saat pandemi gini biar nggak bosan dan jenuh di rumah mulu. Saya biasanya melihat social media seperti Instagram, Facebook dan Tiktok untuk melihat kabar atau status terbaru dari teman-teman, menikmati foto dan video yang kece dan menginspirasi. Pekerjaan saya sebagai seorang blogger juga menuntut saya untuk aktif di social media untuk mempromosikan tulisan terbaru dan mengupload kerjaan juga.

Nah sekarang me time saya jadi makin asyik karena saya bisa main game di HP tanpa harus mengunduh aplikasi. Saya bermain game di plays.org, sebuah website yang menyediakan berbagai macam game online gratis dan menarik tentunya.

Game Online Seru di plays.org

Bagi teman-teman yang dulu saat kecil atau remaja suka main game Super Mario Bross atau Tetris, kini bisa memainkannya lagi di plays.org. Nama game yang terinspirasi dari Super Mario Bross adalah Super Mario Rush, tampilan game ini tentu saja jauh lebih menarik. Untuk cara mainnya masih sama, kita memainkan karakter Super Mario yang berpetualang di Kerajaan Jamur. Kita harus meloncat-loncat untuk menghindari rintangan dan meraih poin.


plays.org

Sedangkan untuk game Tetris tersedia dalam beberapa varian antara lain: Choco Blocks, Sponge Bob Tetris, Tetra Blocks, Falling Cubes dan lainnya. Dari semua game tetris ini saya paling suka yang Super Tetris Logic Puzzle Game karena tampilannya paling mendekati dengan game tetris zaman dulu.

Di plays.org juga tersedia game-game edukasi yang cocok buat media belajar anak-anak. Sebut saja, Guardians Defenders of Mathematica yang mana cara mainnya adalah harus menjawab soal matematika yang diberikan dengan benar, baru bisa mengeluarkan jurus untuk mengalahkan lawan.

Mau meningkatkan kosakata dalam Bahasa Inggris? Ada game Zombie Typing yang menguji kecepatan mengetik kita karena untuk membunuh zombie kita harus mengetikkan kata-kata dalam Bahasa Inggris yang tertera di tubuh zombie dengan cepat dan benar. Seru lho game ini, kita dipacu untuk berpikir cepat agar tidak sampai dimakan oleh zombie.


plays.org


Oke, teman-teman itulah tadi sharing saya tentang aktivitas Me Time Ibu Rumah Tangga ala Mama Ivon. Seorang ibu adalah ruh bagi rumah dan keluarga, ibu yang bahagia akan membawa atmosfer kebahagiaan bagi anggota keluarga lainnya. Agar ibu tetap waras dan bahagia maka harus diberikan kesempatan untuk Me Time. Diharapkan keluarga terutama suami menjadi support system yang mendukung istri untuk me time sejenak demi kesehatan jiwa dan raganya. Semoga tulisan saya ini bermanfaat ya, salam.

 

 

 

 

27 komentar:

  1. Wah memang ibu juga butuh me time di sela-sela kegiatannya sehari-hari, apalagi pasti capek banget udah mengurus rumah, anak, dan suami.

    BalasHapus
  2. setuju banget mbak, me time perlu juga, nggak hanya buat yang muda aja, ibu juga perlu ya mengingat kesibukan dirumah juga padat
    aku jadi inget kalau ada sebutan game tetris, duluuu sering juga aku mainkan, sekarang udah ga pernah
    wahh main di plays.org ini asik juga ya, banyak pilihan game nya. apalagi aku sukanya yang main balapan

    BalasHapus
  3. anaknya lucu-lucu, main game online seru juga ya kak, salam kenal

    BalasHapus
  4. Toss dulu Mama Ivon.. memang me time itu asli penting banget dan harus dilakukan ya supaya hidup kita selalu balance dan hati bahagiaaa

    BalasHapus
  5. ahh iya, me time buat ibu itu penting banget ya mbak
    biar g gampang emosian
    banyak cara buat me time, salah satunya ya dengan main game di plays ini ya mbak

    BalasHapus
  6. Aku nih, kalo mumet malahan main game padahal deadline di depan mata! Hayaaah...

    play.org ini banyak rekomendasi game game seru ya

    BalasHapus
  7. Asiiik, Tosss..AKu pun paling demen kalo dah me time bikin nagih badannya kalo dah membutuhkan istirahat. Kbayang tuh dengan rutinitas seharian yang bikin jenuh perlu di refresh. NAh yang sama me time saat di rumah vuma baking, aku ga bisa berkebun apalagi main game hahhaaa.

    BalasHapus
  8. Banyak banget game menarik ternyata ya di Plays.org. Harus pandai benar memenej waktu jika tak mau "tersesat" di dunia game kalau keenakan nge-game :D

    BalasHapus
  9. Setujuu mbaa Ivon. Kalau udah sumbu pendek, udah pause dulu sebentar aja. Gofood atau ke depan rumah berkebun ih menyenangkan ya mba. Aku pun suka. Apalagi anak2 kan daring 2 tahun ini, nambah pekerjaan sebagai ibu 😁 masya Allah pokoknya.
    Dan aku udah main ini ngajak anak aku, seru banyak pilihan gamesnya😍

    BalasHapus
  10. Ternyata most of emakS nih Me Timenya nge-game ya. Bunda Me Timenya waktu ada bocah lanang Alm tuh padti ZUMA. Skrang Me Timenya berkebun ampe lupa ngeblog, hehehe...Msu ngintip ah di Play.Org.

    BalasHapus
  11. Aayik kalau bisa me time baking, keluarga kenyang dengan sajian, passion tersalurkan dan bisa nambah penghasilan ya Mbak
    Btw, me time main game di plays org juga okeee ya...hiburan banget dengan ankea pilihan game yang ada

    BalasHapus
  12. Saya juga suka tuh me time berkebun. Walau kebun di rumah saya juga gak gedhe-gedhe amat. Bisa stress release

    BalasHapus
  13. Me time ku apa ya.... Kalau aku suka nonton film mba. Suka masak makanan kesukaan lalu dimakan, hehehe... Apalagi kalau anak dan suami juga doyan. Makin bahagia.

    BalasHapus
  14. Mama Ivon kereen..
    Meski judulnya me time, tapi hasilnya bisa dinikmati sekeluarga. Luar biasaaaa..
    Paling berfaedah tuh baking yaa..Apalagi gak perlu pusing sama cucian. Auto happy masak-masak di dapur.

    BalasHapus
  15. Me time itu penting banget loh Mbak, aku me timenya sih seringnya ya nonton drama, main game atau main make up-make up an terus sekalian bikin konten, gitu aja sih udah seneng dan gg harus keluar rumah.

    BalasHapus
  16. Me time aku apaan ya? Aku suka pijet mba, tapi sejak pandemi jadi jarang pijet karena menghindari interaksi dengan orang. Alhamdulillah kemarin udah mulai manggil terapis pijet homecare lagi karena badan udah pegel2 banget. Makasih sharing me time-nya mba, sebagai IRT yang baru setahunan ditinggal ART emang berasa banget nih perlu me time huhu

    BalasHapus
  17. Me time pasti punya cara tersendiri nih kalau Mpo suka dengerin musik Spotify sambil ngemil.

    BalasHapus
  18. Aku dari list di atas setuju semua, karena emang itu yang biasa dilakukan, tapi yang main game, aku gak soalnya gak main game, hehehe. palingan nemani anak aja main game, hehehe

    BalasHapus
  19. Wah keren mama Ivpn me timenya suka berkebun nih, kalau deket aku bisa nyontek eh minta ajarin deh. Kalau udah bosan semua bisa main games yg ringan2 di plays.org ya

    BalasHapus
  20. dulu aku juga seneng banget baking, ini lama ga lakuin. capek beberesnya hahaha.. skrg sukanya baca sama main game bareng anak2 nih. samaa suka banget main yg zombie typing sekalian buat latih kemampuan ngetik

    BalasHapus
  21. Sama mba metime nya klo yg terakhir Game Online Seru di plays.org biasanya barengan sama anak2 krn gk terlalu bisa main games.. pilihan games nya bnyk bngt gk bikin jenuh

    BalasHapus
  22. wah akupun juga suka banget nih me time main game. Tapi suka rada bosen nih sama game di hape sekarang. huhu. Mau cobain main di plays.org juga ah abis iniiiii

    BalasHapus
  23. Me time penting banget ya mba, aku malah sekarang lagi belajar baking juga, setidaknya bisa bikin kesukaan anak. Kalau games paling aku suka main candy crush hehe.

    BalasHapus
  24. Emak-emak memang butuh me time ya, kalau lagi jenuh boleh lah sesekali me time ya biar waras ��

    BalasHapus
  25. Main game bisa jadi kegiatan me time yang seru ya... Tapi saya udah lama enggak main game karena hapenya penuh... Tapi main game di plays.org ini enak ya tinggal main aja enggak usah download dulu...

    BalasHapus
  26. Emak-emak zaman now juga kudu mahir main game ya mba, biar bisa ngimbangin anak-anak.
    Bisa dimainin di PC juga ya mba?
    Soalnya hape udah kepenuhan sama video tutorial PJJ. Hihi

    BalasHapus