Kita Perlu Tahu, Biaya Tes DNA yang ada di Rumah Sakit Indonesia

02.08 aurabiru 0 Comments

 

tanya dna

Tes DNA, sering dilakukan oleh masyarakat, mengingat untuk kepentingan pribadi maupun umum. Terdapat biaya tes DNA yang disesuaikan dengan kebutuhan tersebut. Sehingga sebelum ke tempat keshatan, salah satunya Rumah Sakit, ada baiknya cek harga terlebih dahulu agar lebih siap.

DNA sendiri, merupakan hal yang sensitif dan bersifat rahasia di kepentingan tertentu, karena takut disalahgunakan dan lain-lain. Jadi, kita perlu tahu Rumah Sakit maupun tempat kesehatan yang mumpuni dalam kualitas dan kuantitas.

Arti DNA

DNA, merupakan sebagian komponen kecil dari manusia, yang mana memiliki fungsi besar dalam hidup. Khususnya untuk keberlangsungan makhluk hidup ada disini. Tanpa DNA, akan sulit mendapatkan keturunan maupun mempertahankan keturunan. Jadi penting.

Adanya DNA, juga mengetahui latar belakang fisik dari seseorang, agar tidak tertukar, dilihat dari kemiripan, dan lain-lain. DNA juga dianggap sebagai penentu kehidupan ke depan. DNA dalam kerjanya, menyusun diri dari materi-materi tertentu, membentuk kromosom dan informasi genetik.

Tes DNA

Adanya tes DNA, menjadi kunci penyelesaian masalah tertentu, terkhusus pribadi. Banyak yang berselisih, hanya gara-gara masalah keturunan, mulai tidak tahu anaknya dimana, tidak mengakui anak, untuk bayi tabung, dan lain-lain. Dari adanya tes DNA tersebut, membantu permasalahan di atas.

Kebanyakan, tes DNA untuk masalah keturunan, lebih ke pribadi, dan tak harus orang mengetahuinya. Dengan tes DNA, seseorang akan ketahuan penyakit apa yang sedang diderita. Entah karena genetik, atau kebiasaan hidup yang memicu penyakit tersebut berkembang.

Langkah-langkah Tes DNA

Adapun langkah-langkah dalam melakukan tes DNA, diantaranya:

1. Mengumpulkan Sampel

Petugas medis, akan mengumpulkan sampel-sampel yang dibutuhkan, dalam pemeriksaan DNA. Terdapat beberapa sampel yang diambil, mulai dari darah, jaringan lunak, akar rambut, air liur, sperma, hingga sel kulit mati, sesuai kebutuhan. Untuk sampel yang sudah meninggal biasanya pakai tulang, gigi.

2. Melakukan Ekstraksi Sel

Jadi, setelah mengambil sampel, petugas medis akan mengekstrasi sel DNA, dengan membelah membran. Bisa menambahkan enzim ke dalam larutan yang mengandung sampel DNA. Kemudian, pisahkan DNA lewat elektroforesis.

3. Melakukan Penyalinan DNA

DNA harus melalui proses yang bernama PCR. Salinan DNA yang sudah jadi, akan diuji dengan menambahkan penanda genetik. Dari salinan tersebut, akan muncul ribuan penanda genetik. Hanya sekitar 16 hingga 21 penanda genetik yang dibutuhkan sebagai bukti adanya hubungan genetik.

4. Membandingkan DNA

Setelah ditemukan adanya penanda genetik, maka petugas medis akan melakukan perbandingan DNA. Tujuan perbandingan tersebut untuk menemukan jawaban atau bukti otentik, yang dicari dari hasil tes DNA tersebut.

Rentang Biaya Tes DNA

Setiap Rumah Sakit maupun layanan kesehatan, memiliki kualitas dan kuantitas masing-masing, sehingga harga berbeda, tidak bisa disama rata. Semua itu, juga tergantung dari kebijakan RS yang ada. Bisa kita ambil contoh di RSUP Sanglah, biaya tes DNA sekitar 7-8 juta rupiah di tahun kemarin.

Perlu diingat, bahwa BPJS tidak menanggung adanya biaya tes DNA, dan pastikan juga, kita perlu siap-siap dalam mengurus ini sebelum ke Rumah Sakit. Agar tahu prosedurnya, dan menjaga, menghindari, oknum-oknum tertentu yang menyalahgunakan.




Untuk info lebih lanjut, kamu bisa cek info mengenai tes DNA dan terkait secara lengkap di TanyaDNA. Tanya DNA adalah sebuah layanan tes kesehatan melalui DNA dimana kita bisa mengetahui kondisi tubuh kita yang lebih detail dan personal. Dengan kemajuan teknologi, pemeriksaan genetik dapat memberikan tes untuk: profil metabolisme, profil perilaku dan kesehatan mental (Alzheimer), metabolisme vitamin dan mineral (Vitamin C, Vitamin D, & zat besi), risiko kelebihan berat badan/obesitas, dan masih banyak lagi. Dengan TanyaDNA kita bisa menemukan solusi kesehatan yang personal dan sesuai dengan kebutuhan diri kita.

0 comments: