Jangan Lupa Periksa 8 Bagian Ini saat Servis Motor

22.43 Ivonie 11 Comments

 


Sepeda motor adalah kendaraan yang nyaris tiap hari saya pakai. Mau ke minimarket, antar jemput Aiman dan Aira, ke rumah teman, dll. Kalau enggak ada motor bisa bingung dong karena tak bisa bebas berkendara.

Nah kalau punya motor juga wajib dirawat ya. Sejak bisa mengendarai sepeda motor saya rutin membawanya ke bengkel untuk ganti oli atau melakukan perawatan yang lain. Teman-teman jangan lupa servis rutin ya. Jangan hanya bawa motor saat sudah rusak berat, biar mesinnya tetap awet.

Saat servis motor bagian mana saja yang diperiksa? Enggak usah bingung karena saya kasih tahu 8 bagian yang wajib dicek saat servis rutin:

1. Kampas Rem

Siapa suka ngebut kalau naik sepeda motor? Ingat ya wajib untuk tetap safety riding. Kalau servis dan ingin tetap motornya dibawa cepat dan aman, maka harus banget cek kampas remnya.

Kampas rem yang aus bahaya banget lho karena bisa bikin pengereman gagal dan akhirnya mengerikan. Oleh karena itu saat servis pasti mekanik bengkel juga mengecek kampas rem. Apakah wajib diganti atau tidak. Jangan pelit untuk ganti kampas rem ya karena untuk keselamatan berkendara.

2. Oli Mesin

Ketika baru saja bisa mengendarai sepeda motor, saya diingetin untuk selalu rutin ganti oli biar mesin sepeda motor selalu bagus. Oli adalah pelumas yang bisa melindungi dan mendinginkan mesin. Idealnya, oli mesin diganti tiap 2 atau 3 bulan sekali, atau tiap jarak tempuh 2.500 meter. Biaya ganti oli juga cukup terjangkau karena tinggal bayar harga oli dan jasa mekanik.

Namun beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan / retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000km / 2x lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi ya wajar sih kalo retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli.

3. Busi

Saat servis sepeda motor, jangan lupa untuk cek busi juga ya. Busi berfungsi untuk mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api sehingga mesin dapat menyala Oleh karena itu busi yang sudah error wajib diganti biar motor dipakainya enak.

4. Oli Gardan

Siapa nih yang pakai sepeda motor jenis matic? Untuk motor matic, selain rutin ganti oli mesin juga wajib cek oli gardan ya. oli gardan untuk melumasi gear yang ada di Continuously Variable Transmission (CVT). Waktu penggantiannya menggunakan rumus 2x ganti oli mesin, kemudian baru dibarengi dengan 1x ganti oli gardan.

5. Filter Udara

Saat servis motor jangan lupa juga untuk cek filter udaranya. Fungsi filter udara adalah menyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran agar jangan sampai ada kotoran yang masuk, kemudian menyumbat sistem injeksi dan karburator. Nantinya mekanik akan membersihkan filter udara, atau saat kondisinya udah error wajib diganti.

6. Ban Motor

Ban motor juga wajib dicek karena penting untuk safety riding. Jangan sampai ban nyaris rusak/gundul baru dibawa ke bengkel karena bahaya banget untuk keselamatanmu sendiri. Oleh karena itu saat servis, wajib juga dicek ban dan ketika sudah tak layak pakai, wajib diganti. Ban dalam juga harus diperiksa ya biar aman.

7. Aki

Aki motor harus diganti tiap 2-3 tahun sekali. Saat servis motor wajib dicek juga akinya, masih layak atau kudu diganti. Tegangan pada aki idealnya berada pada 12,3-12,6 Volt dalam kondisi mesin mati. Sementara jika mesin menyala, maka tegangan aki berada pada 13,7 - 14,2 Volt.

Nah, kalau tegangan aki tak sesuai ketentuan tersebut, ditemukan ada kebocoran, atau kondisi terminal berkarat, mau tidak mau mekanik harus melakukan pemeriksaan detail. Kondisi aki yang sudah tidak layak harus segera diganti agar kamu tetap bisa menggunakan motor dengan nyaman.

8. Tune Up Motor Secara Rutin

Tune up itu apa sih? Servis motor tune up adalah servis rutin yang meliputi pemeriksaan semua komponen, terutama komponen-kompenen yang berkaitan dengan performa motor secara keseluruhan. Pemeriksaan biasanya fokus pada tekanan ban, kondisi lampu, membersihkan karburator (saringan udara), memeriksa tegangan rantai, rem, dan klakson. 

Adakalanya tune up disertai dengan ganti oli mesin, ganti oli gardan, atau penggantian sparepart. Namun tenang saja, mekanik akan menginformasikannya terlebih dahulu kepadamu. Kalau kamu setuju, baru mekanik melakukan perbaikan.

Servis di Bengkel Sepeda Motor Terbaik

Ketika servis menjadi kebutuhan wajib bagi sepeda motor maka saya tuh langsung cuss aja ke bengkel langganan. Bengkel terbaik untuk sepeda motor ya Planet Ban. Di Planet Ban bukan bengkel biasa lho karena ada layanan servis motor rasa baru.

Seperti apa sih servis motor rasa baru? Ya setelah motornya diservis rasanya sepeda motor seperti baru dibeli dan enak banget dipakainya. 

Servis motor rasa baru dikenal juga dengan sistem servis terpadu. Tujuan melakukan jenis servis motor ini untuk meng-upgrade atau meningkatkan performa dan ketahanan motor dengan cara yang cepat dan biaya lebih hemat. Fokus pemeriksaan dan perbaikan pada servis motor rasa baru, yaitu bagian vital yang letaknya tersembunyi dan jarang diservis, termasuk jarang dicek dan disetel rutin.

Manfaat Servis Motor di Planet Ban

Ada banyak lho manfaat dari servis rutin di Planet Ban, seperti:

Menggunakan oli dan cairan khusus berteknologi tinggi sehingga dapat meningkatkan performa motor dan memproteksi mesin. Otomatis, mesin jadi lebih awet ( jarang rusak).

Jika dipadukan dengan penggunaan sparepart asli, maka pemakaian menjadi lebih nyaman, tahan lama, mesin dingin, dan tarikan enteng

Ganti oli cukup setiap mencapai jarak tempuh 5000km saja (antara 4-6 bulan sekali), sehingga kamu tidak perlu sering ke bengkel. Selain itu, biaya servis jadi lebih hemat.

Kamu bisa ikut memelihara dan menjaga lingkungan hidup karena emisi dan polusi dari motor berkurang.

Bedanya Servis Motor di Planet Ban dengan di Tempat lain.

Jika kamu servis di tempat lain, biasanya masih banyak kotoran, debu, dan sisa pembakaran yang tertinggal di beberapa bagian mesin motor. Bahkan sering pula ditemukan kotoran dan debu di blok CVT yang membuat motor jadi terasa berat.

Sementara jika kamu melakukan servis motor rutin di Planet Ban, maka seluruh bagian atau part mesin akan dibersihkan hingga seperti baru. Bahkan kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body, semuanya bersih dari sisa-sisa pembakaran, debu dan kotoran sehingga terlihat seperti mesin baru. 

Ya, servis motor di Planet Ban bikin motor kamu seperti punya mesin baru lho. Hasilnya, tarikan jadi lebih enteng, emisi turun lebih dari 70%, lebih hemat BBM, dan mesin jadi bersih total.

Harga servis motor di Planet Ban yang selengkap ini, terjangkau banget pula. Untuk servis motor injeksi cuma Rp20.000,- servis CVT sekaligus rantainya Rp19.500,- bahkan servis throttle body juga cuma Rp20.000,-.

Sepeda motor kesayangan udah siap nih dibawa ke Planet Ban. Tak disangka biaya servisnya juga terjangkau banget. Kamu sudah ke Planet Ban juga kan?

11 komentar:

  1. Yuyur suka lupa banget minta dicek filter udara kalo lagi servis. Gara gara baca artikel ini jadi inget lagi dehhh

    BalasHapus
  2. Dengan adanya Planet Ban yang servisnya OK dengan harga terjangkau, bikin kita nggak pusing mikirin biaya kalau mau servis.

    BalasHapus
  3. noted bgt mba Ivon.
    kudu ngecek dgn lengkap ya.
    supaya makin mantaabbb

    BalasHapus
  4. Planet Ban emang solusi banget buat service motor ya, Von. Hasilnya memuaskan, plus harganya terjangkau..

    BalasHapus
  5. Sudah ke sini dong. Servisnya cepet dan harga ramah di kantong.

    BalasHapus
  6. Hepi banget kalau bisa servis murah dengan kualitas yang oke ya mbak, biasalah emak-emak maunya yang murah tapi bagus, hahaha. Planet Ban nih rekomended banget pokoknya

    BalasHapus
  7. Ternyata rawat motor itu gak sekedar dicuci, isi bensin, dan ganti oli aja yak, untungnya ada Planet Ban yang bisa kasih harga sangat terjangkau untuk berbagai macam servis. thanks infonya

    BalasHapus
  8. Aku baru srkaki ke bengkeo buat ganti oli mesin, ternyata cepet ya..

    BalasHapus
  9. Nah iya harus banget rajin servis motor, biar motor sat set sat set

    BalasHapus
  10. Mantap banget ya kalau servis motor di Planet Ban. Harganya juga terjangkau.

    BalasHapus
  11. Menjaga "kesehatan" motor pada bagian yang telah disebutkan itu penting banget agar terasa nyaman dan aman. Harganya terjangkau pula.

    BalasHapus