Aktif dan Percaya Diri, Memelihara Saluran Kemih dengan Prive Uri-cran

09.22 aurabiru 23 Comments



Halo sahabat aura, ada yang pernah merasakan anyang-anyangan? Apalagi hal ini terjadi di saat kita sedang aktif melakukan kegiatan, pastinya gejala tersebut membuat kita tidak nyaman ya. Bahkan mungkin ada juga yang menganggap gejala ini sepele? Nyatanya gejala anyang-anyangan ini bila tidak dicarikan solusinya bisa menjadi penyakit ISK ( Infeksi Saluran Kemih ) lho.



Infeksi Saluran Kemih itu sendiri adalah infeksi yang terjadi pada saluran kemih karena bakteri. Bahkan 5 dari 10 wanita pernah mengalami ISK. Anyang-anyangan bisa terjadi karena kebiasaan yang kurang baik seperti menahan pipis. Hayo siapa yang sering melakukan hal ini? Saya sendiri sih sering melakukan kebiasaan tersebut. Jujur saja, saya kurang nyaman kalau harus buang air kecil di toilet umum kalau tidak amat sangat terpaksa. Saya pilih buang air kecil di toilet rumah, karena saya seringnya mendapati kondisi toilet umum yang kurang bersih baik yang jongkok maupun duduk.

Aktif dan Percaya Diri dengan Memelihara Saluran Kemih



Beruntung saya bisa hadir di acara talkshow yang bertajuk “Aktif dan Percaya Diri dengan Memelihara Saluran Kemih” yang diadakan pada Minggu (21/7) di Hotel Ibis Styles #Malang persembahan Combhipar. Talkshow ini menghadirkan pembicara yang kompeten dan ahlinya seperti dr. Novina Purwita Kartikarini, SpOG(K), dokter kandungan yang cukup hitz di Kota Malang ini akan menjelaskan tentang memelihara saluran kemih. Ibu Dyah Parikoening selaku Head of Brand Activation, Michella Talitha selaku Brand Manager Prive Uri-Cran dan Head of Brand Activation Combhipar serta Ika Puspita, Selaku KOL #uricranwomenscommunity yang akan membagikan pengalamannya saat mengatasi anyang-anyangan.

Dyah Parikoening, Head of Brand Activation 







Oh iya, acara ini dihadiri oleh komunitas Emak Blogger Malang, Komunitas Kendedes Baby Wearing yang mana anggotanya emak-emak yang suka nguprek urusan gendongan bayi dan Komunitas Epig. Dalam kesempatan talkshow tersebut dr. Novina P Kartikarini, SpOG(K) menyampaikan ISK atau Infeksi Saluran Kemih dipengaruhi banyak faktor bisa dari usia, jenis kelamin, kebersihan dan multipatner sexual. Namun 80 % kasus yang terjadi karena adanya Bakteri E-Coli yang menempel pada dinding saluran kemih.

Macam Gejala Infeksi Saluran Kemih

dr. Novina P Kartikarini, SpOG (K)

Masih menurut dr. Novina gelaja ISK terdiri dari dua bagian yaitu atas dan bawah yang mana gejala tiap bagian berbeda.
Gejala ISK Atas :
1.       Deman tinggi dan menggigil
2.       Kehilangan nafsu makan
3.       Mengalami mual dan muntah
4.       Nyeri pada pinggang ( lokasi letaknya ginjal)
5.       Berpotensi menderita ISK bagian bawah
Gejala ISK Bawah :
1.       Mengalami nyeri saat BAK (dysuria), rasa panas di urethra saat BAK
2.       BAK lebih sering sampai di malam hari (nocturia) sedangkan jumlah urin sedikit
3.       Tidak dapat menahan rasa BAK
4.       BAK tidak tuntas (anyang-anyangan)
5.       Nyeri pada perut bagian bawah ( suprapubik)
6.       Demam ringan dan tidak enak badan (malaise)

Salah satu gejala ISK merupakan anyang-anyangan yang bisa terjadi pada wanita ( wanita hamil dan wanita menopause), anak-anak dan pria. Namun saya sering mendengar cerita wanita lebih rentan terkena anyang-anyangan.

            Mengapa Wanita Lebih Rentan Terkena Anyang-anyangan?



Seperti yang sudah saya sampaikan di atas, 5 dari 10 wanita mengalami ISK yang berujung pada anyang-anyangan. Kenapa hal tersebut bisa terjadi?
1.       Secara anatomi, saluran kemih wanita lebih dekat dengan anus dibandingkan pria.
2.       Wanita harus menggunakan air saat membasuh setelah buang air kecil. Air bisa menjadi tempat bakteri.
3.       Wanita lebih sering menahan Buang Air Kecil, karena wanita perlu pergi ke toilet untuk BAK.
4.       Resiko terekspos bakteri lebih tinggi (melalui dudukan toilet, toilet kotor dll)


Berkat talkshow ini saya jadi nambah pengetahuan bahwasannya wanita lebih rentan terkena ISK ini yang mengakibatkan anyang-anyangan. Kalau sudah begitu bikin wanita kurang nyaman dan tidak percaya diri ya. Sudah semestinya sebagai wanita mencegah hal tersebut, gimana caranya? Semua bisa dicegah asal konsisten.
  1. Pencegahan ISK
  2. 1.       Rajin minum air putih ( 1,5-3 liter/hari )
  3. 2.       Menjaga kebersihan
  4. 3.       Menghindari menahan BAK
  5. 4.       Membersihkan area kewanitaan dengan benar, dari depan ke belakang, jangan sampai terbalik
  6. 5.       Memeriksakan urin secara rutin khususnya untuk kehamilan dan secara berkala, bila ada keluhan atau gejala ISK segera diobati
  7. 6.       Menggunakan pakaian dalam yang berbahan menyerap keringat dan tidak lembab
  8. 7.       Profilaksis antibiotic
  9. 8.       Konsumsi produk yang mengandung Cranberry
  10.                       


            Mengenal Prive Uri-Cran dengan Ekstrak Cranberry untuk Mengatasi Anyang-Anyangan


Meskipun wanita terbukti lebih rentan terkena ISK yang berujung pada anyang-anyangan, namun sebagian besar masih belum melakukan upaya untuk mencegah maupun mengobati anyang-anyangan. Saya sendiri dulu tidak tahu bagaimana caranya mengatasi anyang-anyangan selain kemakan mitos dengan mengikat jempol kaki dengan karet.


Michella Talitha, Brand Manager Prive Uri-cran


Cranberry Sumber : uricran.co.id


Sekarang sih sudah tahu mengenai Prive Uri-cran yang mengandung ekstrak buah cranberry. Sementara Cranberry tidak mudah tumbuh di Indonesia. Cranberry itu sendiri telah lama diteliti dan digunakan di dunia, efektif mencegah infeksi saluran kemih karena kaya akan Proantocyanidin (PAC) yang dapat mencegah bakteri E-coli pada dinding saluran kemih. Selain itu Cranberry sebagai pilihan alternatif non antibiotic prolaksis.



Berhubung Cranberry tidak umum dijual dipasar dan tidak praktis kalau mengonsumsi langsung buahnya yang rasanya cenderung asam, Combhipar mempersembahkan untuk pertama di Indonesia yaitu Prive Uri-cran.  Produknya dikemas dalam dua jenis, yaitu:

Sumber : Uricran.co.id

  • ·         Uri-cran Capsule dengan komposisi 250 mg Cranberry extract dengan dosisi 1-2 kapsul/hari dan isi per box sebanyak 30 kapsul.
  • ·         Uri-cran Plus ini berbentuk serbuk dengan komposisi 375 mg Cranberry Extract, 60 mg Vitamin C, 0,1 mg Bifidobacterium bifidum, 0,1 mg Lactobacillus acidophilus dengan dosis 1-2 sachet per hari dan isi per box 15 sachet. 

1
Nah, konsumsi Prive Uri-cran ini lebih aman ketimbang konsumsi antibiotik yang cara kerjanya mematikan seluruh bakteri yang ada di dalam tubuh, bakteri baik dan jahat. Padahal tubuh kita masih butuh bakteri baik ( probiotik). Selain itu Prive Uri-cran jadi solusi mengatasi anyang-anyanga, ISK maupun ISK berulang. Produk ini bisa dikonsumsi oleh wanita hamil, laki-laki maupun anak-anak yang berumur 4 tahun ke atas serta aman diminum setiap hari. Sehingga saluran kemih yang sehat tidak akan membatasi aktifitas dan kepercayaan diri wanita/perempuan. 




Teman-teman bisa memilih sesuai dengan kebutuhan, misal untuk minum setiap hari bisa memilih yang bentuk serbuk sementara bila bepergian bisa memilih yang kapsul agar lebih praktis. Untuk yang bentuk serbuk lebih nikmat diseduh dengan air dingin atau air es ya, tetapi jangan pakai es batu.



Pengalaman saya sempat kesulitan mencari produk ini. Alhamdulillah produk Uri-cran sekarang mudah didapatkan drugstore seperti Watsons, Guardian, Century, Apotek K24, Apotik Kimia Farma, Lazada.co.id/combhiar, rumah sakit atau apotik terdekat.

Buat teman-teman yang ingin tahu lebih jauh mengenai ISK dan Uri-cran serta manfaatnya untuk tubuh kita, bisa mengunjungi situs Uri-cran  di sini. Oh iya, selain itu ada kuis berhadiah tiket ke acara  puncak Uri-cran Event lho. Teman-teman bisa cek akun instagram @Uri-cran.id dan 5 orang yang beruntung dapat tiket ke acara final di Jakarta. Jangan lupa ikutan ya, caranya gampang banget lho, tinggal cek kuisnya di instagram dan jawab pertanyaannya di kolom komentar serta jangan lupa pakai hastag #uricran dan #uricranevent siapa tahu diantara teman-teman yang beruntung bisa dapat tiket ke Jakarta.







23 komentar:

  1. Thanks for sharing, sukses terus..

    BalasHapus
  2. Penasaran nie aku sama uri can ini. Kayaknya rasanya enak warnanyapun juga pink gitu ya mbaaa ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. rasa khas jenis berry ada asam-asamnya tapi seger mbak

      Hapus
  3. aku pernah beberapa kali anyang2an. tapi dulu belum tau prive uricran ini. memang ya mbak kalo anyang2an itu rasanya ga enak banget huhu ga nyaman, untung ada solusinya prive uricran inii

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau dulu mengatasinya kemakan mitos dengan iket jempol kaki, sekarang udah ada suplemennya jadi gak bingung lagi.

      Hapus
  4. Kalau lagi traveling aku kadang juga nahan pipis mbak, itulah sebabnya aku jg konsumsi uricran. Enak ya rasanya, seger juga!

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah iya, kalau travelling musti bawa ini ya mbak, biar kalau kena anyang-anyangan pas jalan ada solusinya. travelling jadi gak asyik kan kalau bolak balik BAK

      Hapus
  5. Aku pernah ngalamin anyang anyangan juga. Bener banget ga nyaman dan kerasa perih bgt.. kapok hahhaa.. ini bisa dijadiin referensi nih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa banget mbak, dulu pasrah kalau udah kena anyang-anyangan. kadang jempol diiket aja gak mempan hahha

      Hapus
  6. Anyang2an emang ga enak bgt. Tapi sekarang ada uri cran ya yg bisa mengatasinya, praktis dan enak ya dikonsumsi, ga kemakan mitos lagi deh... hehe

    BalasHapus
  7. Aku belum pernah coba Uri Cran ini mba. Aku hampir jarang anyang-anyangan tapi memang, anyang-anyangan mengganggu banget. Perlu juga nih sedia stok di rumah

    BalasHapus
  8. Aku pernah konsumsi Urican dan emang enak. Apalagi dingin-dingin. Trus emangbya anyang-anyangan tuh nggak nyaman

    BalasHapus
  9. aku kira suplemen yang dikonsumsi seperti ini minimal umur 17 tahun gitu wkwk ternyata dari 4 tahun sudah bisa yaa, berarti memang aman untuk dikonsumsi ^^

    BalasHapus
  10. Aku pernah nih anyang-anyangan dan emang gak enak banget. Sekarang enak nih sudah ada Uricran btw aku baru tau kalau ini aman dikonsumsi anak-anak.

    BalasHapus
  11. Ooo jadi ini dari cranberry dan kalau dah dikasih air jadi warna pink cantik gitu ya kak. Waaah jadi pengen coba. Soalnya anyang2an tuh kan gak enak banget rasanya

    BalasHapus
  12. Rasanya enak nih kayak Sirup. Setelah melahirkan 3x, saya juga jadi susah nahan BAK. Kalo nunggu sampai di rumah, bisa ngompol wkwk... Jadi terpaksa harus pake toilet umum. Alhamdulillah ga pernah kena anyang2an.

    BalasHapus
  13. Perempuan emang rawan sekali ya terserang bakteri e-coli, makanya area itu bener2 kudu dijaga keebersihannya. JUga jangan nahan2 pipis supaya gak kena anyang2an alias ISK.

    BalasHapus
  14. saya, waktu hamil kena anyang-anyangan karena sering nahan pipis ke toilet pas sedang di luar, dan sama dokter di resepkan uricran yang kapsul :)

    BalasHapus
  15. Aku nih, dulu sering kena anyang-anyangan. Sebabnya air yang kotor. Untuk bisa sembuh kudu nunggu sembuh sendiri. Gak tahu obatnya sih. Sekarang gak cemas, kalo kena bisa andelin Prive Uricran. Seduh 1-2 kali aja udah sembuh.

    BalasHapus
  16. Aku belum anyang-anyangan sih. Tapi sekarang kaya ga sadar kalo ternyata kandung kemih dan penuh tiba-tiba sakit aja. Apa perlu minum uricran ini y?

    BalasHapus
  17. Aku dulu sempet ngerasa gini tapi kadang juga sering ke kamar mandi karena habis minum jadi pengen nyobain deh uricran ini semoga uda ada di apotek deket rumah

    BalasHapus
  18. Ku udah rasain Uricran ini... Seger lho ternyata. Trus juga khasiatnya luar biasa

    BalasHapus