Kiat Membentuk Tim Hebat dan Optimasi Media Sosial UKM Cerdas Digital agar Omset Melesat

11.08 aurabiru 37 Comments



Saat menjalankan sebuah usaha sebaiknya dijalankan sendiri atau ada tim ? Saat awal saya menjalani usaha kuliner sih semua dilakukan sendiri dengan suami. Saya yang belanja dan memproduksi sementara suami bagian yang bantu packing dan mengantar ke customer. Ternyata dengan adanya tim dalam sebuah usaha apalagi basisnya online, perlu adanya tim karena berpengaruh pada omset penjualan agar lebih melejit.


Rabu, 28 Agustus 2019 saya berkesempatan mengikuti pelatihan yang menekankan pemanfaatan teknologi digital untuk kalangan pelaku UKM perempuan di Kota Malang. Acara tersebut terselenggara berkat kolaborasi Sisternet by XL Axiata dengan Bloggercrony Community di Ngalup Cowokring space yang bertemakan “ Sister UKM Go Online”. Nantinya para Sister, begitu panggilan untuk para peserta bakal mendapatkan materi pelatihan agar memiliki tim penjualan yang hebat dan mengoptimalkan teknologi digital melalui media sosial agar omset melesat.

Mbak Astri, Perwakilan dari Sisternet

Pada kesempatan tersebut acara dibuka dengan sambutan oleh Mbak Astri perwakilan dari Sisternet. Beliau memaparkan bahwasannya Sisternet merupakan program CSR persembahan dari XL Axiata. Programnya Sisternet terdiri dari pemberdayaan perempuan secara online melalui modul online yang disebut Modul Pintar Sisternet. Di dalam modul tersebut memuat video pembelajaran mengenai Ibu dan Anak, Enterpreneurship, Literasi Digital dll. Informasi lengkap Modul Pintar dapat diakses melalui website Sisternet.

Peserta Pelaku UKM Malang


Satu hal, selain menggunakan media Modul Pintar, Sisternet juga mengadakan kelas offline dengan pembicara yang berkompeten di bidangnya salah satunya acara di Malang ini.

Kiat Membentuk Tim Penjualan Hebat


Tyas Windarti CEO Bayi Banget Hijab


Selanjutnya, Tyas Windarti selaku CEO Bayi Banget Hijab memaparkan kiat membentuk  sekaligus memiliki tim yang agar omset melesat. Menurut beliau ada tiga hal penyebab bisnis tidak bisa bertahan lama yaitu : produk yang tidak dibutuhkan, cashflow dan people. Kenapa people? Karena hal tersebut penting, mekipun sistem yang dibangun dalam usaha sudah bagus tapi orang yang menjalankannya tidak baik bakal mempengaruhi hasil.

Untuk itu dibutuhkan yang namanya tim, hanya saja memaknai sebuah tim itu cakupannya luas. Tim itu terdiri dari karyawan/ rekan kerja, saudara, customer, supplier, dan reseller. Sehingga perlu adanya jalinan hubungan baik  dan leadership yang saling menguatkan.
1.       Hadirkan Leadership yang Kuat. Leadership tim adalah seni mempengaruhi, menggerakan dan merapatkan barisan. Sebuah tim tidak bisa berjalan sendiri, mereka butuh pentunjuk yang jelas agar tidak mudah rapuh.
2.       Perbesar Kapasitas Mindset dan Mental. Meskipun bisnis yang kita jalani masih kecil tapi perlu ditanamkan mindset yang besar dan sukses. Agar kedepannya bisnis yang dijalani menjadi besar dengan target waktu yang sudah ditentukan.
3.       Jangan Membayar di Bawah Angka Kecukupan. Biasanya sebelum merekrut karyawan atau tim, bisa menanyakan angka kecukupan berapa untuk sebuah tim.
4.       Jangan Bekerja untuk Anda. Hal yang perlu diingat, kita bekerja dengan jualan kita. Bukan untuk tujuan memuaskan diri sendiri.
5.       Ciptakan Magic Moment. Sebisa mungkin kita menghadirkan bahagia karena ini kunci yang perlu diingat. Salah satunya saat karyawan berulang tahun, berilah dia hadiah yang pantas. Kalau kita bisa membuat orang lain bahagia dengan produk atau pelayanan maka akan selalu diingat.

Nah itulah beberapa kiat membentuk tim penjualan hebat yang disampaikan oleh Mbak Tyas, saya pun jadi bertambah ilmu dan wawasan mengenai bisnis perlu adanya tim yang solid sehingga usahapun bisa berkembang lebih baik salah satunya memiliki reseller yang solid maupun customer yang loyal.

Optimasi Media Sosial Untuk Penjualan UKM


Wardah Fajri, Owner Dogital Kreativ Hub & Founder BCC


Sesi selanjutnya materi mengenai optimasi media sosial  UKM cerdas digital yang disampaikan oleh  Mbak Wardah Fajri selaku Owner Digital Kreativ Hub dan Founder Bloggercrony Community. Dalam materi ini menekankan pentingnya optimasi dunia digital dalam membuat konten yang kreatif.

Menurut yang disampaikan beliau, ada beberapa media sosial yang bisa digunakan untuk jualan secara online dan membangun branding. Setiap media masing-masing memiliki keunggulan tersendiri. Nah, berikut lima media sosial  paling populer dan kegunaannya.
Instagram. Media sosial ini lebih ke konten yang menampilkan visual. Bisa dengan gambar yang menarik, video selama 1 menit, instastory maupun live.
Facebook. Konten yang lebih mengedepankan teks berupa storytelling, album foto maupun live.
Youtube. Untuk konten video dengan durasi lebih panjang, siaran lansung event atau media iklan produk dan saat ini paling favorite. Bahkan kedepannya Youtube bakal menjadi media sosial nomer satu yang diminati orang setelah google.
WhatsApp. Media sosia ini lebih cenderung untuk konten yang sifatnya sharing atau kulwag.
Twitter. Twitter masih bisa banget untuk menyampaikan konten teks terupdate, informasi tercepat maupun setting trending topic.



Selain jenis media sosial dan kegunaanya, perlu diperhatikan bagi para pelaku UKM yang mengoptimasikan penjualannya secara online terutama di Instagram.
1.       Lengkapi Bio. Bisa dituliskan deskripsi usaha, nomer kontak maupun website produk bila ada.
2.       Konten Kreatif. Konten yang disampaikan bisa berupa foto ataupun caption yang menarik, informatif dan efektif.
3.       Ubah Akun Bisnis. Hal ini penting diubah kea kun bisnis agar kita bisa melihat insigt dari konten yang ditampilkan.
4.       Monitor Insight. Kita jadi tahu kapan waktu yang tepat buat posting, target marketnya siapa dan dari kalangan mana saja.
5.       Tingkatkan Engagement. Kita bisa berinteraksi dengan membelikan like atau membalas komen follower di akun jualan.
6.       Maksimalkan Tampilan. Kita bisa mengunakan aplikasi pendukung tertentu.
7.       Posting Konsisten. Sebaiknya kita dalam memposting harus konsisten, jangan loncat-loncat misal sekarang posting lalu sebulan kemudian baru posting lagi, hal tersebut bakal mempengaruhi produk kita, bila konsisten produk akan selalu diingat.
8.       Jeda Postingan. No Spamming, maksimal sehari kita bisa posting 3 kali agar tidak terkesan spam yang berujung bakal diunfollow atau malah kena banned pihak Instagram.
9.       Gunakan Hastag mandatory dan populer. Maksud mandatory hastag adalah hastag wajib mengenai produk jualan kita sedangkan hastag populer ialah hastag yang banyak diklik. Untuk penggunaan hastag maksimal 15 hastag ya.
10.   Akun Jangan Dikunci. Ini penting, lha gimana orang bisa tahu produk jualan kita apa kalau akunnya dikunci? Bener sih bikin kepo tapi jujur saja ini bikin malas termasuk saya sebagai pengguna Instagram.

Mbak Agnes dari XL Axiata





Itu tapi sepuluh checklist yang perlu diperhatikan dalam pengunaan Instagram untuk jualan. Sebenarnya masih ada beberapa materi yang masih ingin disampaikan Mbak Wawa sapaan akrabnya, seperti tips menulis cepat, teknik menulis 5W + 1 H maupun latihan menulis dalam waktu 5 menit. Harapannya semoga semua ilmu yang telah disampaikan oleh Mbak Tyas maupun Mbak Wawa bisa bermanfaat bagi para sister pelaku UKM yang ada di Kota Malang. Sebelum acara berakhir Mbak Agnes dari XL Axiata mempresentasikan mengenai produk XL Business Solutions. Mengingat sekarang ini memasuki industri 4.0 yang semuanya serba digital sehingga perlunya solusi layanan internet yang lancar dan tanpa batas.



37 komentar:

  1. Wah iya nih Mbak, kalau akunnya di kunci ya nggak ada yang bisa lihat usaha kita

    BalasHapus
  2. Sosial media ini memang sangat membantu sekali nih ya Mbak untuk membuat usaha

    BalasHapus
  3. Membuat sebuat tim itu juga sangat penting nih ya Mbak. Bisa menunjang usahanya biar lebih maju

    BalasHapus
  4. Yap, faktor leadership tuh emang oke banget mba. Karena kepemimpinan itu salah satu juga tolak ukur membuat usaha bisa baju. Tapi juga banyak faktor pendukung lainnya :)

    BalasHapus
  5. Wah makasih mbak sharing tips nya. Memang agar bisnis bisa berkembang perlu tim yang solid ya dan didukung oleh media sosial juga. Sekarang ini media sosial memang sangat berperan terutama untuk yang berjualan online ya.

    BalasHapus
  6. Mantap banget nih acaranya, Mbak. Tinggal praktekinnya aja. Saya juga mau coba, ah. Lagi kepikiran juga mau bikin bisnis

    BalasHapus
  7. Seru bgt ini ya acaranya. Aku penasaran, apa alasannya yang disasar para sister tanpa brother?

    BalasHapus
  8. mantap ilmunya.
    eh iya lho, saya pernah beberapa kali nemu akun IG jualan, tapi pas lihat profilnya, ternyata akunnya di kunci. Sebel dan kecewa jadinya, jadi males juga mau follow

    BalasHapus
  9. Ouww, ada XL Business solution juga ya Mba?
    Mantab jiwa nih.
    Buat buibu bisa makin moncer bisnisnya
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  10. Bener.. pentingnya optimasi dunia digital dalam membuat konten yang kreatif. Memang masing masing sosial media memiliki kelebihan masing-masing dalam mendukung berjualan

    BalasHapus
  11. Di era digital ini kita harus memanfaatkan peluang usaha yang semakin memudahkan, apalagi pelaku usaha UMKM, seneng rasanya bsa belajar banyak dari artikel ini

    BalasHapus
  12. Nah saya pun masih nggak habis pikir ya sama akun jualan yang dikunci. Katanya sih biar orang pada penasaran lalu akhirnya pada follow. Tapi saya pribadi nggak mau sih follow private account kalau untuk jualan ya. Thanks for sharing, Mbak. Jadi nambah insight tentang bisnis, nih.

    BalasHapus
  13. Sekarang semakin banyak peluang untuk memajukan bisnis menggunakan media sosial ya...
    Karena memang sekarang zaman digital, orang lebih senang berjualan online.

    BalasHapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. kyknya acara seru ya kak, nambah ilmu juga.. jadi mau ikut kalau ada acara-acara begini, soalnya nambah ilmu sm temen juga

    BalasHapus
  16. Cocok nih acaranya buat pemilik UMKM yang berbasis digital. Tapi jaman sekarang mending bisnis yang punya fasilitas digital ya, buat promo jadi gampang gitu. Asik ih bisa kopdar sama mba Wawa juga

    BalasHapus
  17. masjaa Allah seru banget nih kak acaranya thx banget ya udah disharing hehe

    BalasHapus
  18. era digital seperti ini semakin memudahkan pemilik UMKM untuk membuat fasilitas digital ya mbak :)

    BalasHapus
  19. Setelah baca-baca aku jadi lebih ngerti nih mbak meskipun singkat. Aku juga punya usaha sendiri dan peran sosial media menurutku sangat besar

    BalasHapus
  20. Saatnya UMKM melek digital ini ya mbak, karena pemasaran produk lebih baik lagi jika memiliki social media.

    BalasHapus
  21. Dulu saya pernah jualan online juga, tp sayang masih dropshiper, pgn bgt punya usaha sendiri dan lbh mandiri berbasis online

    BalasHapus
  22. Nah bener tuh akun penjual mah jangan dikunci. Kadang suka heran loh kenapa akun jualan kok dikunci, yang mau intip-intip dan pengin nyari produk yang pas sesuai keinginan kan jadi bete duluan ya. Yaahh meskipun alasannya biar enggak diintip sama kompetitor, tapi kan ya tiap penjual ada rejekinya masing-masing toh.

    BalasHapus
  23. Tim penjualan itu ibarat peluru yang sedang diluncurkan harus tepat sasaran. Karena wajah si penjual atau pebisnis ada di tim ini.

    BalasHapus
  24. Bagus mb materinya. Padat berisi. Sayang pas sisternet ngadain acara di Jogja saya ga bisa ikut serta karena barengan ada acara.

    BalasHapus
  25. Tahun depan aku ada rencana fokus lagi ama jualan sebab kangen jualan. Belum lagi saat dagang banyak hiburannya juga. Moga bisa maksimalin juga jualan online

    BalasHapus
  26. Alhamdulillah ilmu yang bermanfaat bagi para sister pelaku UKM yang ada di Kota Malang. Sekalian pengenalan solusi layanan internet yang lancar dan tanpa batas.
    Noted buat semua tipsnya

    BalasHapus
  27. Biarpun UKM tetep ya harus melek digital biar berkembang krn sesuai zaman sekarang serba digutal

    BalasHapus
  28. Seru banget ya acara literasi digital seperti ini menambah wawasan dunia digital saat ini

    BalasHapus
  29. UMKM memang kudu belajar untuk meningkatkan pemasaran melalui digital ya mbak. Soalnya sekarang dunia marketing berkembang banget

    BalasHapus
  30. Aku belum yang model web masih via ig dan ecommerce. Bingung sebenarnya mau bikin. Padahal kudu bikin ya biar kebaca google huhuhu

    BalasHapus
  31. Peluang buat jualan di digital emang besar banget mba. Cuma manusianya terkadang malas untuk ngulik. Dari beberapa teman yang sering penyuluhan ke UMKM rata-rata dari mereka gadgetnya bagus-bagus tapi belum maksimal memanfaatkannya.

    BalasHapus
  32. Noted banget deh buat tipsnya. Bikin kepengen punya bisnis secepatnya deh ih. :D

    BalasHapus
  33. wah bermanfaat banget acaranya, aku sendiri pengen berbisnis cm belom brani

    BalasHapus
  34. Akun jqngan dikunci.
    Di point ini aku paling suka mak. Lucunya, ada yg jualan, tapi akunnya dikunci terus ngeadd aku. Kan aneh.
    Btw acaranya manfaat banget. Aku sendiri masih takut.

    BalasHapus
  35. Menarik banget infonya nih mba. Kebetulan aku lg mau coba jualan online lagi nih hehe

    BalasHapus
  36. Aku juga lg jualan online. Satu hal yang aku ngga suka kalo belanja online apalagi olshop di Ig, harganya ga dipampangin dan harus chat dm. Malesinnn

    BalasHapus