Tempat Wisata Yogyakarta yang Ingin Dikunjungi Bersama Keluarga

08.43 aurabiru 30 Comments



Akhir tahun sudah ada di depan mata. Biasanya agenda akhir tahun merencanakan liburan ke luar kota bersama keluarga. Apalagi kalau momennya pas dengan libur sekolah tengah semester. Pasti banyak pula yang ingin berlibur. Salah satu kota tujuan yang biasanya ramai jadi pilihan libur akhir tahun seperti Yogyakarta, Bali, Lombok dan lainnya.

Berhubung tahun ini keuangan keluarga kami cukup terkurang untuk mewujudkan salah satu impian yaitu membeli mobil, diputuskan liburan ke Bali pun batal. Namun rasanya ada yang kurang kalau akhir tahun gak liburan hehe. Setelah melalui beberapa pertimbangan, diputuskan liburan akhir tahun ke Yogyakarta saja.

Kenapa musti memilih kota Yogyakarta lagi? Bukankan dulu sudah pernah? Oh tentu saja, alasan yang paling mendasar, karena Kota Yogyakarta memang nganggeni. Padahal lho ya bulan lalu saya sempat mampir ke kota tersebut setelah acara di Solo. Akan tetapi rasanya kurang mengena karena saya Cuma pergi berdua saja. Inginnya kembali ke kota Gudeg ini dengan formasi lengkap, terakhir ke sana waktu Aira masih umur 3 bulan.

Selain karena kota yang selalu dirindukan, liburan akhir tahun ke Yogyakarta budgetnya masih terjangkau oleh kami. Saya sudah mendiskusikan bareng suami  tempat wisata mana saja yang ingin kami kunjungi di Yogyakarta. Setelah dipikir-pikir ada lima tempat wisata yang bakal jadi pilihan diantaranya :
1.                   Tempo del Gelato


Kedai gelato yang sudah lama saya incar, beruntungnya bulan lalu pas ke Yogyakarta saya sempat mampir ke sini. Siapa sih yang gak suka dessert satu ini yang masih saudaraan dengan ice cream? Mulai anak-anak sampai orang dewasa pun suka. Sayangnya pas saya ke sana buka di bangunan kedai yang lama, melainkan udah pindah ke kedai yang baru. Banguananya lebih gede dan luas serta nyaman. Saya ingin mengajak keluarga makan gelato di sini, pasti Duo Ai suka deh. Ada banyak varian rasanya yang bisa mereka pilih sesuai selera.

2.                   Taman Pintar
Namanya juga liburan keluarga, saya musti pertimbangkan anak-anak jadinya sering milih tempat liburan yang ramah anak dan salah satunya Taman Pintar. Tiga tahun yang lalu sudah pernah sih ke sini, tapi Adik Aira kan masih bayi sehingga belum bisa menikmati wahana yang tersedia di sini. Tempt wisata sekaligus edukasi ini pun letaknya di pusat kota, dekat dengan kawasan Jalan Malioboro.

3.                   Candi Prambanan


Selain pilih tempat wisata yang ada mainanya, gak ada salahnya anak-anak diajak ke tempat wisata yang berbau sejarah. Mereka bisa sekalian belajar tentang bangunan peninggalan berupa candi yang dibangun di zamannya. Pertamakali ke sini bareng keluarga sewaktu Mas Aiman umur 2,5 tahun. Sementara Adik Aira belum lahir, jadinya pengen ke sini lagi agar Adik Aira memiliki kenangan dan pengalaman yang sama.

4.                   Kebun Binatang Gembira Loka
Walaupun di Malang juga ada tempat wisata satwa, namun gak ada salahnya saya ingin mengajak anak-anak ke kebun binatang kota lain. Salah satunya Kebun Binatang Gembira Loka ini. Anak-anak suka dengan binatang, ya sekalian belajar dan mencintai binatang.

5.                   Pantai Parangtritis & Pantai Depok
Pantai  di Yogyakarta terkenal akan keindahannya, baik yang ada di daerah Gunung Kidul maupun Pantai Parangtritis dan Pantai Depok. Saya sih sudah pernah pergi ke kedua pantai tersebut, hanya saja pas ke Parangtritis udah malam sampai sana jadi gak bisa menikmati deh.
Anak-anak suka mainan pasir, jadinya pilihan ke pantai ini sudah tepat.

Kalau sudah menentukan tempat wisata yang bakal dikunjungi, selanjutnya mempersiapkan kebutuhan lainnya seperti pesan hotel untuk menginap, packing sampai pesan tiket kereta api. Iya, keluarga kami lebih suka berlibur dengan transportasi kereta api.

Biasanya saya memesan tiket kereta api satu bulan sebelum keberangkatan supaya tidak kehabisan. Pesannya pun lebih suka via Online Travel Agent seperti Pegipegi. Enaknya pesan tiket kereta api online bisa dilakukan kapan saja. Cara pesan tiket kereta  pun mudah caranya di applikasi Pegipegi.

Ada banyak pilihan kereta api dengan tujuan stasiun di Yogyakarta, kita tinggal menyesuaikan kebutuhan di aplikasi Pegipegi. Proses pmbayarannya pun mudah sehingga urusan pesan tiket kereta api jadi lebih praktis dan cepat. Menariknya banyak promo yang ditawarkan lho di Pegipegi, teman-teman bisa cek langsung diaplikasinya. Gak heran sih teman-teman saya pada mantengin promonya yang bikin iri.

Bagaimana dengan rencana akhir tahun teman-teman? Sudahkah merencanakan liburan akhir tahun? Kota mana nih yang ingin teman-teman kunjungi bersama keluarga? Ada yang juga ingin ke Yogyakarta? Siapa tahu waktunya pas bersamaan, kita bisa kopdaran deh. Rencananya sih emang pengen kopi darat sama temen baik di Yogyakarta.

30 komentar:

  1. Wah, saya jadi ingin liburan ke Yogyakarta juga nih Mbak hehe, pasti seru deh apalagi bersama dengan keluarga.

    BalasHapus
  2. Saya juga ingin nih Mbak mengunjungi beberapa tempat yang ada di Yogya ini.

    BalasHapus
  3. Saya jadi ingin ke candi-candi juga nih Mbak hehe, pasti seru.

    BalasHapus
  4. Wah, saya ingin nih ke pantai parangtritisnya, dulu waktu ke Yogya tidak sempat ke sana.

    BalasHapus
  5. Menarik-menarik Mbak berbagai tempat yang ingi di Kunjungi, Yogya memang memiliki banyak destinasi wisata.

    BalasHapus
  6. Yuhuuu, aku pengin ajak anakku glamping Mbaaaa
    Pakai Indekostour, tentu sajaaaa

    BalasHapus
  7. wahhh jadi ngelist juga nihhh tujuannn ke jogjaa mau ke mana aja hehe^^

    BalasHapus
  8. Ini aku belum pernah semua kecuali pantai Paris. Hehe.. next harus mampir nih kayaknya

    BalasHapus
  9. Jogja adalah kota yang meninggalkan sejuta kenangan, rasanya tak pernah bosan berkunjung ke jogja walau berkali-kali...

    BalasHapus
  10. Aku baru sekali ke Yogya, dan udah bikin rindu pengen mengulangi lagi. Objek wisatanya apik-apik semua, rugi kalo ga disinggahi. Makasih atas tulisannya, Mbak. Rasa rinduku sedikit terobati.

    BalasHapus
  11. belum pernah sengaja liburan ke yogya bawa anak2. selama ini baru numpang lewat doang. ke prambanan udah. kalo ngubek kota n pantainya belum nih. mau ahh pankapan beneran ngubek2 wisata di yogya sampe puas :)

    BalasHapus
  12. Saya pengen banget kasih pengalaman ke anak-anak mudik ke klaten naik kereta api, tapi belum dapat ijin dari pak suami. Katanya lebih baik dia yang antar, ongkos buat kereta bisa dialokasikan untuk hal lain

    BalasHapus
  13. Aku pingin ngajak anak glamping di Indekostour, Mak.

    Masih cari momen yg pas

    BalasHapus
  14. Gembira Loka yang belum pernah. Habis pas diajakin ke sana, anak-anak udah gak antusias. Mungkin karena usianya makin gede. Wkwkwk.

    BalasHapus
  15. Yogyakarta juga jadi tempat yang ingin saya datangi kembali dulu sebelum saya menikah. Tapi setelah menikah ternyata belum berkesempatan ke sana Juga. Semoga nanti bisa jalan-jalan juga ke sana. Liburan tahun ini sepertinya kami tidak kemana-mana. Karena keuangannya dipakai buat ngebangun rumah orang tua dulu. Doakan ya semoga bisa menyusul liburannya 😊

    BalasHapus
  16. Waktu masih kecil, tiap kali ke Jogja pasti deh harus ke Parangtritis. Kalau Tempo del Gelato ini jadi mengingatkan saya sama akhir bulan Oktober lalu. Suami jalan ma sepupu-sepupu saya ke sana. Tau gitu saya ikutan :D

    BalasHapus
  17. Duh jadi ingin jalan - jalan lagi ke Yogyakarta nih, ke tempo gelato lagi aaaah rindu.

    BalasHapus
  18. Ah ... udah lama enggak ke Yogyakarta. Terakhir ke sana cuma transit 8 jam. Kami sempat ke Taman Pintar. Asik nih buat jalan-jalan bareng anak karena banyak edukasi di Taman Pintar.

    BalasHapus
  19. Penasaran dengan Tempo Gelato ini. Kata orang-orang sih emang gelatonya endeus bangeeett... yang di Semarang sini katanya sih kalah rasanya. Jadi penasaran dong pengin buktiin. ;)

    BalasHapus
  20. Yogyakarta tuh emang ngangenin buat dikunjungi mba. Aku pas ke Taman Pintar tuh anak suka banget mba. Banyak yang bisa dipelajari

    BalasHapus
  21. Aku setiap ke Yogyakarta baik bersama keluarga atau teman, sepertinya memang wajib mampir ke Tempo Gelato. Bahkan saking senangnya aku suka pilih penginapan yang dekat dengan Tempo Gelato dan menanti saat mereka buka.

    BalasHapus
  22. Aku udah ke semua tempat itu, Ivon. Gelatonya emang paling enak di Tempo Gelato. Jogja tuh ngangenin banget emang ya.
    Kalo keluargaku rencana akhir tahun bakal ke Bogor, ngumpul keluarga besar suami di sana

    BalasHapus
  23. Jadi pengen pulang ke mertua :")
    Jogja emang ngangenin dan bikin pengen terus balik. Hawane bedo emang yo. Pengen pulang tahun baruan ahhh

    BalasHapus
  24. Jadi kangen Jogja nih mbak. Akhir tahun kita nggak liburan kemana-mana nih. Tahan diri sampai tahun depan. Insyaa Allah baru bisa liburan. Aku yang belum pernah ke Tempo Gelato. Penasaraan pengan makan di sini.

    BalasHapus
  25. Ikooooottt. eh ke Yogyanya berarti naik KA ya, kok gak lewat tol pake mobil baruuu? hehe
    Duh jd pengen ke Yogya juga tapi Januari jatahnya ke Sby jd galau wkkwkwk. Pengen banget ajak anak ke Gembira Loka dan Taman Pintar :D

    BalasHapus
  26. hiks hiks aku ke Yogya beberapa kali belom kesampaian makan di Tempo Gelato. Padahal anak-anak sudah ke Yogya juga belum pernah ke sini

    BalasHapus
  27. Duh, jadi kangen jogja... Dari list di atas, saya udah ke taman pintar, prambanan, dan parangtritis... Yang lain belum...

    BalasHapus
  28. Semoga beneran bisa ke Jogja sekeluarga ya Keluarga Biru
    Kalau aku pilih Bandung aja. Destinasi sejak SD

    BalasHapus
  29. Yogyakarta memang banyak banget tempat menarik untuk dikunjungi
    sudah beberapa kali ke yogya rasanya belum puas dan masih pengen keliling-keliling ke destinasi lainnya

    BalasHapus
  30. Nah yaa...aku uda berencana liburan akhir tahun juga niih...
    Antara mau ke Semarang atau Jogja yaa..?
    Enaknya kalo ke Jogja itu juga bisa mampir Solo.
    Hehhe...kangen banget naik KAI.

    BalasHapus