5 Menu Masakan Favorit Keluarga, Menu Simple, Enak dan Mudah

09.23 aurabiru 6 Comments

 


Urusan menyiapkan masakan di rumah sebagian besar pasti dilakukan oleh istri, walaupun ada juga yang didelegasikan suaminya karena lebih pandai memasak. Setiap keluarga pasti memiliki menu masakan favorit ya khan? Entah itu masakan yang dimasak sendiri atau sesekali memilih makan di luar dengan menu favorit keluarga.

Di postingan kali ini saya mau berbagi cerita mengenai 5 menu masakan favorit keluarga. Bisa dibilang menu favorit keluarga saya sih tergolong menu yang simple, enak dan mudah diolah. Selain itu memiliki anak yang picky eater tentu gak bisa sembarangan memasak menu. Sehingga saya sering menyesuaikan dengan menu yang bisa diterima sama lidah anak-anak. Padahal ini ya, sejak kecil mereka saya kenalkan dengan beragam menu masakan, cuma memang mereka paling gak bisa menerima menu yang berbau olahan santan, bumbu dengan aroma yang kuat seperti bumbu rempah. Berikut ini akan saya bagi menu favorit keluarga kami.

1.      Sayur Sop

sayur sop


Sayur sop merupakan menu masakan kesukaan keluarga yang teratas. Menu yang mudah sekali memasaknya ini memang paling juara karena sayuran yang ada di menu masakan sop paling bisa diterima anak-anak tanpa harus dibujuk. Bahkan mereka sering minta tambah lagi sayurnya. Sayuran isi sop yang biasa saya masak terdiri dari sayur wortel, buncis, kubis, brokoli maupun kembang kol. Terkadang saya menambahkan protein hewani sepeti potongan bakso, ayam fillet maupun sosis. Sayur sop dengan kuah bening ya, kalau sop merah anak-anak masih kurang suka, warna merah dari tomat seringnya disangka pedas walau sudah dijelaskan kalau itu tomat.

 

2.      Bakso



Ini nyaris semua orang suka makan bakso ya. Kota Malang ini terkenal dengan menu baksonya, bahkan ada yang bilang menu bakso Malang masih yang juara soal rasanya termasuk abang-abang yang cuma lewat depan rumah.




 Saya pernah membuat bakso sendiri sewaktu dapat daging qur’ban, daripada bingung bagaimana mengolahnya. tetapi seringnya sih beli di abang-abang yang lewat depan rumah kalau pas malas masak hahaha. kalau lagi jalan keluar dan lapar, biasanya saya memilih makan bakso di kedai langganan kami. kedai bakso di Malang banyak banget dan cukup terkenal bahkan sampai ke luar kota lho.

 

3.      Menu Lalapan




Sebenarnya menu lalapan ini awal mulanya menu dari Sunda yang orangnya terbiasa makan sayuran lalap seperti ketimun, kubis maupun kacang panjang. Tetapi sekarang hampir di semua daerah menjual menu makanan ini. Kalau di Jawa Timur yang paling terkenal itu lalapan Lamongan. Menu ini jadi favorit keluarga kami karena anak-anak suka oalahan lauknya sepeti ikan goreng maupun ayam goreng. Cuma mereka gak makan sayur dan sambalnya. Menu ini pun simple, kalau lagi gak ingin makan keluar bisa memasak sendiri di rumah. Beli ikan atau ayam, dibumbu marinasi bisa dengan homemade maupun bumbu marinasi instan yang banyak di jual di pasaran. Kemudian menyiapkan sayurnya sesuka selera kita, mau seperti di lalapan tenda kaki lima atau seadanya stok di kulkas barangkali hehe. Kemudian bikin sambal deh, sambalnya bisa sambal bajak, sambal terasi maupun sambal bawang.

 

4.      Soto Ayam


Soto Ayam


Sebenarnya bisa dibilang ini itu menu favoritnya suami dan anak-anak. Jujur saja saya masih kurang suka makan soto ayam karena ada trauma kecil di masa lalu. Biasanya di soto ada tambahan kecambah kacang hijau yang baru keluar tunas itu lho. Setiap makan itu di menu soto ayam reaksi saya bukannya bikin nikmat tapi malah mau muntah hiks. Sejak saat itu saya kurang suka soto ayam, kalau pun terpaksa makan musti tanpa tambahan kecambah atau kalau terlanjur ada ya saya sisihkan.

Tapi tidak dengan anak-anak yang suka banget menu ini. Apalagi soto di Malang itu kuahnya bening ya, tanpa tambahan santan seperti soto di Blitar atau mungkin daerah lain. Salah satu menu masakan soto yang bisa saya terima adalah Soto Banjar Kalimantan Selatan. Mulai dari isian sampai kuahnya itu beda, bukan pakai santan melainkan susu. Kalau saya lagi rajin, biasanya memasak menu soto ayam sendiri tapi kalau lagi sibuk dengan pekerjaan lain biasanya beli ke kedai soto ayam langganan dekat rumah.

 

5.      Spagetti


spagetti


Awalnya menu ini bukan menu favorit keluarga karena anak-anak belum suka spagetti. Apalagi kalau saya mengolah menu spagetti dengan saus bolognese yang kemerahan. Anak-anak jelas persepsinya menu itu pedas walaupun aslinya ya gak pedas. Tapi sejak saya olahkan menu spagetti aglio e olio yang simple, enak dan mudah ternyata anak-anak suka terutama Aiman. Padahal spagetti ini menggunakan bumbu minimalis lho. Saya cuma pakai bumbu bawang putih, bawang bombay cincang, garam, oregano dan olive oil saja.

Jadi itulah 5 menu masakan favorit keluarga kami. Ada sih menu favorit lainnya yang sangat disukai anak-anak yaitu ayam goreng crispy. Saya yakin hampir 80 % anak-anak suka makan ayam goreng crispy, bisa dilihat kalau pergi ke kedai ayam goreng crispy. Tentu saja itu tidak termasuk masakan kan ya, tapi lebih ke lauk hehe.

Harapan kedepanya sih, anak-anak bisa mencoba beragam menu masakan lainya yang lebih kaya bumbu rempah. Seperti menu masakan opor, kare atau semacam sayur lodeh. Terutama anak sulung saya Aiman yang lebih picky eater seperti papanya. Kalau anak kedua, Aira masih mau mencoba mencicipi menu baru yang saya sodorkan. Walau kadang reaksinya  ada yang suka, kadang juga kurang suka.

Kalau teman-teman memiliki menu masakan favorit keluarga kah? Boleh sharing di komentar atau pun dijadikan postingan blog juga, siapa tahu jadi inspirasi menu masakan saya di rumah hehe.

6 komentar:

  1. soto dan sop menu favorit, anakku sayur gak suak tapi kalau sop, suka banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. banget mbak, anak-anak suka menu yang berkuah biar mudah menggunyahnya

      Hapus
  2. spaghetty aku juga lebih suka olio oglio mba drpd yg bolognaise. lebih suka lagi karbonara sih, tp kalo kepengein yg simple dan ga terlalu creamy, oglio olio udh paling bener :)

    menu2 di atas favorit keluarga ku jugaaa :). sop itu kesukaan semuanya... kalo sdg ga napsu makan, pastilah sop jd penyelamat :D

    trus bakso dan pangsit rebus... jd kalo pengen yg cepet, masak beef bowl ala2 yoshinoya, itu anak2 langsung lahap :D.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ada menu yang praktis masaknya, jelas itu jadi favoritku mbak hihi. Secara kalau menu yang banyak diolah anak-anak malah gak suka

      Hapus
  3. Makan pake kuah2 emang paling enak sih, kayak soto dan sop. Kalau makan keringan ala sambal lalapan juga sama. Klo di keluarga aku, tambah 1 lagi deh, nasi padang hahaha. Biasanya kami makan nasi padang pas hari istimewa aja, gak dibiasain sering2 😅😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau nasi padang yang suka cuma emak bapaknya aja hahaha

      Hapus