Tips Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut dengan Obat Kumur Betadine

22.43 aurabiru 26 Comments

 

betadine

“ Lebih baik sakit hati daripada sakit gigi.”

Pernah dengar ungkapan seperti itu? Padahal kenyataan justru terbalik lho, kalau sudah kena sakit gigi, sakitnya itu melebihi sakit hati yang masih bisa ditahan. Lain dengan serangan sakit gigi bikin gak enak makan, gak nyenyak tidur karena pengalaman saya berkali-kali kambuh sakit gigi ini.

Seringnya kambuh sakit gigi berawal dari gigi saya banyak yang berlubang sehingga menganggu kesehatan gigi dan mulut. Konon katanya gigi yang berlubang bila tidak dicabut akan mengakibatkan bau mulut yang tak sedap selain sakit itu tadi.

Berawal dari pengalaman tersebut saya jadi lebih rajin untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Ada tips menjaga kesehatan gigi dan mulut yang bisa saya bagikan berdasarkan pengalaman saya ya sebagai berikut :

1.       Jangan sikat gigi terlalu keras

Menyikat gigi tujuannya kan supaya bersih dari plak, namun perlu diingat jangan menyikat gigi terlalu keras ya karena akan berakibat gesekan pada gusi dan merusak atau mengikis enamel gigi yang relatif tipis. Menyikat gigi secara lembut dengan gerakan yang benar yaitu memutar dan sedikit memijat gigi dengan durasi waktu selama 2 menit saja sudah cukup.

 

2.       Sikat gigi secara rutin dan rajin

Membiasakan rajin sikat gigi minimal dua kali dalam sehari. Sikat gigi yang rajin bermanfaat membersihkan sisa makanan yang mungkin masih terselip di sela-sela gigi. Atau bisa juga jadi plak gigi yang bisa mengandung bakteri di dalamnya.

 

3.       Menggunakan pasta gigi berfluorida

Memilih pasta gigi juga tidak bisa sembarangan ya, usahakan pasta giginya mengandung fluorida. Fluorida merupakan unsur alami yang membangun gigi dalam menguatkan enamel gigi.

 

4.       Scaling atau pembersihan karang gigi

Apabila sudah terlanjur terdapat plak gigi yang bisa dilakukan ya dengan rajin scaling. Scaling merupakan upaya non prosedur non-operasi yang dilakukan untuk membersihkan dan menghilangkan plak dan karang pada gigi seperti yang sudah saya lakukan beberapa waktu lalu. Upaya tersebut untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut. Sementara plak merupakan lapisan tipis berwarna putih atau kuning yang menempel pada gigi. Hal tersebut sungguh sangat mengganggu sekali. selain bisa jadi sarang bakteri pula.

 

5.       Menggunakan obat kumur


betadine


Saat sakit gigi dan saya periksa dokter, selain meresepkan obat untuk di minum saya disarankan untuk menggunakan obat kumur anti septik. Saya pun menuruti saran dokter gigi tersebut dan pilihan obat kumur anti septik pada Betadine Mouthwas and Gargle.

Obat kumur selain dapat mengusir bau mulut juga disinyalir obat kumur dapat mencegah sakit gigi.

Kandungan yang terdapat dalam obat kumur mampu mengontrol pertumbuhan bakteri serta dapat mengurangi plak yang menempel di gigi. Seperti halnya obat kumur antiseptik Betadine untuk rongga mulut seperti gusi bengkak, sakit tenggorokan, sariawan, bau ,mulut dan nafas yang tak segar. Itu salah satu upaya untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Betadine Mouthwash and Gargle ini mengandung povidone iodine 1%. Cara penggunaannya juga cukup mudah, tuangkan Betadine obat kumur antiseptik kurang lebih 15 ml ke tutup botol kemudian berkumur selama kurang lebih 30 – 60 detik. Obat kumur ini bisa digunakan 3-5 kali sehari ya. namun tidak disarankan untuk orang yang hipersensitif terhadap iodium, penderita penyakit tiroid, wanita hamil maupun menyusui.

betadine


Betadine obat kumur antiseptik ini hanya boleh buat berkumur ya, tidak boleh ditelan. Untuk ukuran produknya terdapat dua, satunya berukuran 190 ml dan 100 ml, untuk harga yang 190 ml sekitar Rp.38.100,- sedangkan untuk ukuran yang 100 ml harganya Rp. 25.000,-

Begitulah pengalaman sekaligus tips dari saya untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut, salah satunya dengan obat kumur antiseptik Betadine Mouthwash and Gargle. Buat yang ingin tahu lebih detail produ Betadine bisa langsung ke sini ya https://betadine.co.id/

 

 

26 komentar:

  1. Kalau ngerasa mulut bau mudah banget ya sekarang sudah ada betadine, dulu bingung sih antara sikat gigi atau kumur-kumur tapi ujungnya masih ngerasa gak nyaman, kayak belum bersih gitu. Terima kasih tipsnya!

    BalasHapus
  2. Saya belum pernah menggunakan varian Betadine moutwash ini, sepertinya cocok dicoba di bulan Ramadan karena bisa menghilangkan bau mulut dan menghambat pertumbuhan bakteri dalam mulut. Puasa juga jadi lebih nyaman dan sehat.

    BalasHapus
  3. Memang menjaga kesehatan gigi dan mulut berpengaruh pada kesehatan organ lainnya, maka wajib peduli kita. Noted, Betadine obat kumur ini bisa digunakan 3-5 kali sehari ya. namun tidak disarankan untuk orang yang hipersensitif terhadap iodium, penderita penyakit tiroid, wanita hamil maupun menyusui.

    BalasHapus
  4. Aku klo yang merk betadine belum pernah make mba.. masih jarang juga ya dijual di toko2..

    Tapi he eh, bener klo sakit gigi tu ga enak banget. Gigi2 ku juga pada berlubang (pas kecil males gosok gigi).. klo yang bisa ditambal, aku tambal, yang nggak dicabut sekalian...

    Nyesel ...pas masih belia dulu aku males ngerawat gigi.

    BalasHapus
  5. Produk Betadine ini semakin banyak ya variannya ada obat kumurnya juga. Memang menjaga kesehatan gigi dan mulut berpengaruh pada kesehatan organ lainnya jadi wajib banget nih buat ngerawat kesehatan gigi dan mulut. Harganya juga terjangkau aman lah dikantong

    BalasHapus
  6. Selain menggosok gigi secara teratur, menggunakan obat kumur juga penting ya. Kini kita bisa pakai Betagine Mouthwash yang praktis pula kemasannya bisa dibawa ke mana2. Merawat kesehatan gigi dan mulut memang jangan sampai menunggu adanya keluhan ya ntar makin rempong hihihi :D

    BalasHapus
  7. Aku baru ngeh ini si Betadine Gargle ada yang kecilnya ya mak, karena aku biasa beli botol gede itu. Tapi memang semenjak pandemi nih aku jadi rajin kumur juga, apalagi kalau pas habis keluar rumah.

    BalasHapus
  8. Betadine Mouthwash and Gargle cocok buat pas puasaan gini, bisa mengurangi bau mulut dan menjaga kesehatan gigi yah. Boleh buat kumur anak yang lagi sariawan juga ya mba?

    BalasHapus
  9. Aku gak milih keduanya sih kalo boleeeeh... sakit hati dan sakit gigi (lah judulnya aja sakit yak)

    Aku rajin loh sikat gigi dan memang sejak kecil diajarin gosok giginya jangan keras keras juga sama ibuku tapi dengan cara yang benar bair gak ngilu

    BalasHapus
  10. Obat kumur itu ternyata penting untuk menjangkau bagian bagian yang tidak tekena gosokan sikat dengan lebih baik. Nafas lebih segar dan pastinya lebih bersih

    BalasHapus
  11. Obat kumur seperti betadine ini terbukti ampuh sih menjaga kesehatan gigi dan mulut. Jadi jarang sakit gigi dan radang tenggorokan setelah pakai obat kumur ini.

    BalasHapus
  12. Karena sudah pernah merasakan sakit gigi, saya bisa bilang sakit gigi itu sakit yang paling sakit. Apalagi kalau lagi sakit gigi, terus ada tetangga hajatan yang sepanjang hari setel lagu dangdut koplo dengan volume keras.

    Obat kumur betadine ini bagus juga buat menjaga kebersihan mulut, teritama sela-sela gigi yang susah dijangkau sikat gigi

    BalasHapus
  13. Semoga terhindar dari sakit gigi karena sangat tidak nyaman, so bener maak menjaga kesehatan gigi WAJIB jangan menunggu gigi rusak.

    Betadine produk antiseptic lamaaa yg telah dipercaya sekarang produknya beragam ya.

    BalasHapus
  14. Selain sikat gigi juga bisa dengan memelihara kesehatan gigi dan mulut dengan berkumur menggunakan Betadine mouthwash. Ada kemasan kecil cocok untu traveling.

    BalasHapus
  15. sakit gigi nggak enak banget
    aku udah jera sih nyabut gigi dan bolak balik ke dokter karena sakit gigi
    jadi memang penting banget untuk jaga kesehatan gigi
    setelah sikat gigi, pake moutwash buat gigi lebih bersih

    BalasHapus
  16. Dirumah Aku Juga pakai betadine mouth wash antiseptic mba setelah sikat Gigi.. berasa nafas Seger n tambah oede Aja seharian bebas bau mulut

    BalasHapus
  17. Nah, aku tuh termasuk dulu praktisi sikat gigi keras-keras.
    Biar kinclong gitu, maksudnya.
    Ya ampyuuun, ternyata itu keliru!

    Setuju.
    Sakit gigi itu menyiksa banget!
    Aku pernah alami saat kuliah dulu.

    Alhamdullillah itu menjadi kisah pertama dan terakhir bagiku karena aku mengambil hikmah, merawat gigi itu memang penting!

    Btw,
    Aku pernah lho ikut webinar Betadine Mouthwash and Gargle ini saat launching, dapat tips menjaga kesehatan gigi dan mulut juga termasuk cara gargle.

    Seru pisan dan bergizi webinarnya!

    BalasHapus
  18. Wah ya, dari dulu Betadine ini emang recommended ya mbak
    Apalagi dengan adanya Betadine Mouthwash and Garglel

    BalasHapus
  19. wah makasih ya mba informasinya, terlebih saat puasa begini aku memang butuh banget obat kumur untuk menjaga kesehatan gigi dan nafas.

    BalasHapus
  20. Saya nih, sering banget menyikat gigi dengan cara yang kuat. Mikirnya makin kuat ya, jadi makin bersih hahahah. Ternyata gak gitu konsepnya. Ckckck. Terus mana pernah tuh pakai obat kumur, mikirnya cuma untuk menghilangkan aroma tak sedap aja, ternyata bisa membunuh bakteri yaa.. Besok-besok mesti pakai obat kumur nih~

    BalasHapus
  21. Penting banget memiliki ilmu mengenai sikat gigi dengan cara yang benar. Karena salah merawat gigi efeknya bisa jangka panjang dan gigi jadi mudah rusak. Kan sedih yaa..
    Jangan lupa juga menggunakan Betadine obat kumur antiseptik, yang bantu jaga kesehatan gigi dan mulut.

    BalasHapus
  22. saat puasa begini kesehatan gigi dan mulut harus diutamakan supaya puasa bisa berjalan lancar tanpa hambatan ya, salah satunya dengan berkumur dengan Betadine

    BalasHapus
  23. Betadine jadi andalah sejak pandemi ini, sebagai langkah pencegahan supaya tidak terkena virus ya kan. Akhirnya lama-lama jadi terbiasa pakai betadine kumur secara rutin.

    BalasHapus
  24. Aku belum coba nih mba obat kumur yang merek betadine, aku pakai merek betadine biasa untuk luka. Jadi mau coba nih, apalagi lagi puasa gini

    BalasHapus
  25. Nah, penggunaan obat kumur ini yang saya sering lupa. Padahal obat kumur efektif menghilangkan kuman di rongga mulut ya.. Harus mulai dibiasakan nih...

    BalasHapus
  26. Perlu banget stock ini terutama di saat bulan puasa.
    Sangat wajib menjaga kesehatan gigi dan mulut.

    BalasHapus