5 Cara Memulai Usaha Jual Madu Bagi Pemula, Mudah dan Efektif

05.08 aurabiru 13 Comments

 

Sumber : Pixabay

Salah satu ide bisnis yang bisa dilirik saat ini adalah jual madu. Sejak pandemi beberapa tahun belakangan ini, kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatan semakin meningkat. Selain mengonsumsi vitamin, masyarakat juga mulai rutin minum madu murni asli.

Manfaat madu memang sangat banyak, salah satunya adalah meningkatkan imunitas yang saat ini sangat dibutuhkan. Karena banyaknya virus mewabah di lingkungan sekitar. Membuka usaha jual madu tidak harus beternak madu, kamu bisa menjadi reseller.

Tips Jual Madu Bagi Pemula

Berikut ini beberapa tips memulai bisnis jual madu yang bisa kamu coba, seperti:

Melakukan Riset Pasar

Sebagai pemula di bisnis apapun, kamu harus melakukan riset pasar untuk mencari tahu segmentasi  pasar. Mulai dari jenis madu, hingga menganalisis kompetitor.

Perlu kamu ketahui, di Indonesia terdapat beberapa jenis madu murni asli dan campuran. Namun, madu murni asli jauh lebih berkhasiat daripada yang olahan atau campuran. Oleh karena itu, kamu harus memahami jenis madu apa yang kira-kira akan kamu jual.  Setelah itu, kamu bisa menentukan target pasar seperti apa yang kamu inginkan.

Dari sinilah, kamu bisa memutuskan konsep bisnis apa yang paling tepat untuk kamu.

Menentukan Jenis Madu yang Hendak Dijual

Setelah mempelajari jenis madu, kamu bisa memilih akan menjual yang mana. Pada dasarnya terdapat tiga jenis madu, yaitu hasil ternak, hasil berburu di hutan atau olahan. Jika secara khusus jenis madu dibedakan berdasar daerah asalnya.

Namun, kebanyakan pembeli akan mencari madu murni asli, baik dari hasil ternak maupun berburu di hutan. Untuk harga madu, yang murni memang jauh lebih mahal.

Memilih Model Bisnis

Setelah mempelajari beberapa madu dan konsep bisnis yang kamu kehendaki, saatnya menentukan bagaimana cara mendapatkan madu tersebut. Apakah melalui dropship atau bermitra dengan peternak lebah madu.

Menjadi reseller atau dropship pastinya harus memilih produk yang sudah terkenal. Sehingga produk tersebut akan cepat laris di pasaran. Sementara bekerja sama dengan peternak lebah madu lebih menguntungkan karena kamu dapat mengetahui kualitas madu secara langsung. Bahkan akan jauh lebih leluasa untuk melakukan branding merek dagang sendiri.

Jika mempunyai modal yang cukup besar, kamu bisa melakukan budidaya sendiri, loh. Namun, membudidaya sendiri juga membutuhkan effort yang lebih besar, karena harus mengeluarkan biaya tambahan untuk belajar, dan memproduksi sendiri.

Mengemas Produk

Tips selanjutnya adalah mengemas produk sebelum memasarkannya. Ketika kamu menjadi reseller atau dropship, maka tidak perlu lagi memikirkan kemasan cukup mempromosikan saja.

Berbeda jika menghasilkan madu sendiri, maka perlu memikirkan proses pengemasan yang tepat dan sesuai standar.

Mempromosikan Produk

Langkah terakhir dalam berbisnis adalah memasarkan produk. Setelah semua siap, kamu bisa memilih teknik pemasaran yang tepat untuk jual madu. Melihat maraknya digitalisasi belakangan ini, akan lebih efektif jika memasarkan produk secara online.

Kamu bisa menggunakan marketplace yang banyak di internet atau bergabung dengan Sayurbox. Sayurbox merupakan salah satu platform yang menghadirkan segala kebutuhan, mulai sayuran, ikan segar, daging, sembako hingga kategori kesehatan. Memasarkan produk melalui Sayurbox akan memudahkan kamu untuk menjangkau pelanggan dengan lebih luas.

Akhir Kata

Sudah siap membuka usaha jual madu sendiri? Itulah beberapa langkah yang harus kamu coba. Mulai dari melakukan riset pasar, menentukan model bisnis, serta jenis madu yang hendak kamu jual hingga berpromosi. Ingat, sebagai pemula kamu tetap harus terus belajar untuk mengembangkan bisnis. Untuk mendapatkan madu berkualitas, klik : https://www.sayurbox.com/category/kesehatan-1-c49b120a/sub-category/kesehatan-honey-1-c64c2514.

 Semoga bermanfaat! Terima kasih.

 

 

 

 

 

13 komentar:

  1. Madu itu sering dicari apalagi di musim seperti ini karena bermanfaat banget untuk kesehatan, apalagi madu yang asli. Tak hanya karena bermanfaat dalam kesehatan, tetapi madu banyak dicari karena rasanya yang lezat. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus
  2. Madu ini produk yg evergreen dan longlasting bangetttt
    Jadinya bagus utk dijadikan komoditas bisnis
    Apalagi kyk jaman now

    BalasHapus
  3. Jualan madu kayaknya mudah ya karena banyak yang membutuhkan. Kalo jualan online memang lebih enak reseller atau dropshiper, gak repot pengemasannya. Cukup promosi di media sosial yang kita miliki atau di market place

    BalasHapus
  4. Prospek jualan madu sepertinya oke ya mbak. Makin banyak orang tabu manfaat dan kandungan madu. Tinggal penjualnya aja harus pinter bikin kemasan dan promo yg bisa.memikat pembeli

    BalasHapus
  5. Sepertinya bisnis jualan madu ini menjanjikan banget. Apalagi kan madu banyak dicari buat meningkatkan imun juga. Pasti bakalan laris manis. Eh, ternyata sayur box juga jualan madu ya. Ini mah dijamin asli dong.

    BalasHapus
  6. Madu emang selalu dibutuhin orang ya, Mbak. Apalagi sejak pandemi dan sekarang cuaca juga gak menentu, madu sering dijadikan stok buat imunitas tubuh.
    Cocok banget buat dijadikan bisnis.
    Btw aku kalo belanja di Sayurbox juga kadang cari-cari produk kesehatan.

    BalasHapus
  7. Sejak pandemi memang makin banyak masyarakat yang mengkonsumsi madu ya mbak. Bahkan walau kini pandemi berakhir pun, konsumsi madu tetap tinggi. Jadi kalau mau usaha jualan madu memang harus tahu seluk beluk tentang madi dan gimana memasarkannya. Seperti yang diuraikan di artikel ini

    BalasHapus
  8. selain kualitas yang lebih bagus, rasa madu hutan juga beda dengan lainnya ya, mbak. jadi pingin menjadi reseller madu. hahaha

    BalasHapus
  9. Ah iya..
    Madu ini bisa menjadi ladang potensial untuk membuka usaha karena pastinya back to nature kini sedang diyakini banyak orang agar tetap bisa sehat. Penting untuk memikirkan ladang potensial produsen madu terpercaya. Belanja di Sayurbox dan mendapatkan madu asli dari peternaknya langsung.

    BalasHapus
  10. Suplemen alami ini,bener-bener bagus buat tubuh kita ya mbak. Khasiatnya uda ga dipungkiri lagi. Jadi keinget aku mba,uda lama banget jarang konsumsi madu. Thx sharingnya mba :)

    BalasHapus
  11. Madu tuh sudah jadi kebutuhan primer ya apalagi musim ngga menentu seperti ini kita butuh booster biar tetap sehat dan saya tahan tubuh kuat, jadi prospek jual madu itu bagus banget ya..

    BalasHapus
  12. Bener mba sejak pandemi madu selalu ada di rumah, jadi booster , anak-anak juga suka

    BalasHapus
  13. Sebelum memutuskan menjual madu, harus riset dulu dan jaring pertemanan yang lebih banyak, karena jualan antar teman di awal itu lebih mudah. Juga harus akrab dengan madu dulu, jadi tahu jenisnya.

    BalasHapus