Liburan Seru Bersama Paddle Pop dan Nana Mirdad ke Planet Mochi Uranus

09.04 Ivonie 46 Comments

 

liburan seru bersama paddle pop

Liburan sekolah tahun ini berbeda dengan liburan tahun-tahun sebelumnya. Pandemi yang belum juga berakhir apalagi sekarang malah jumlah positif Corona kembali meningkat, membuat kita harus berdiam diri di rumah untuk kedua kalinya. Padahal jika tidak ada pandemi, kita pasti sudah disibukkan dengan agenda liburan dan jalan-jalan bersama keluarga tercinta.

Liburan hanya di rumah aja pasti akan membosankan bagi anak-anak jika orang tua tidak mengisinya dengan kegiatan yang menyenangkan. Tapi kalau bisa sih tidak hanya menyenangkan namun juga tetap ada muatan edukasinya agar anak-anak mendapatkan ilmu dan wawasan baru.

Untungnya saya dapat informasi neh tentang event Liburan ke Planet Mochi yang diadakan oleh Paddle Pop. Program Liburan menyenangkan dan bermanfaat ini tentunya diadakan secara virtual yaitu lewat zoom. Program ini diadakan selama musim liburan anak-anak sekolah, sebanyak 4 kali yaitu:

  • 25 Juni 2021: Liburan ke Planet Mochi bareng Mona Ratuliu dan Wonder Fest
  • 3 Juli 2021: Main ke Planet Saturnus bareng Enno Lerian dan Rumah Dandelion
  • 10 Juli 2021: Main ke Planet Uranus bareng Nana Mirdad dan Mungilmu
  • 17 Juli 2021: Main ke Planet Jupiter bareng Meli Bajaj dan Buumi Playscape

Saya kebetulan bisa ikutan yang tanggal 10 Juli 2021, seneng banget dong karena bintang tamunya itu spesial yaitu Nana Mirdad dan keluarganya. Nana Mirdad dan Andrew White ini termasuk pasangan selebritis yang banyak penggemarnya karena mereka begitu harmonis dan menerapkan gaya hidup sehat. Trus mereka juga tetap mesra kayak orang pacaran meskipun sudah memiliki buah hati: Jason dan Sarah.

Main ke Planet Uranus bersama Mungilmu




Acara liburan virtual: Main ke Planet Uranus ini dibuka oleh Bu Guru Azka dari Mungilmu, beliau menyapa Keluarga Nana Mirdad dan Andrew White serta para peserta zoom. Dia juga mengenalkan partnernya yaitu Kak Arina yang akan mengajak para peserta zoom memecahkan misteri Planet Mochi. Wiih emang ada ya planet yang namanya Mochi? Kok baru denger ya hehehe

Oh iya, sebelumnya kami sudah mendapatkan printables dari Paddel Pop yang nanti akan dipergunakan untuk membuat craft bertema antariksa terutama Planet Uranus. Dunia luar angkasa termasuk salah satu hal yang menarik bagi anak-anak. Mereka bisa mengenal nama-nama planet selain bumi, bulan, bintang dan seluruh isi galaksi.




Seruu banget acaranya karena Bu Guru Azka dan Kak Arina berhasil mencairkan suasana dengan gaya bercerita yang asyik. Mereka selalu mengajak anak-anak berinteraksi melalui pertanyaan-pertanyaan yang memancing anak-anak untuk berebutan menjawab.

Paling asyik saat peserta diajak menyusun matahari dan planet-planet di orbitnya. Anak-anak langsung deh berlomba menempelkan gambar matahari dan 9 planet ke orbit. Dari aktivitas ini mereka jadi tahu bahwa setiap planet berotasi mengelilingi matahari sesuai dengan orbitnya masing-masing sehingga tidak bertabrakan. Trus anak-anak diajak mencari Singa Paddle Pop yang sedang bersembunyi di Planet Mochi. Setelah mengunjungi satu per satu planet mulai dari Merkurius, Venus, Bumi dan lainnya akhirnya anak-anak menemukan Singa Paddle Pop di Planet Uranus.

Dari acara liburan ke Planet Mochi atau Uranus ini anak-anak mendapatkan pengetahuan antara lain:

  • Planet Uranus adalah planet ke 7 dari Matahari
  • Uranus planet yang dingin karena posisinya yang cukup jauh dari matahari
  • Uranus punya 27 satelit alam (wiih banyak banget ya)
  • Uranus ditemukan tahun 1781 oleh astronomer William Herschel
  • Uranus sering disebut dengan raksasa es seperti planet Neptunus karena suhunya mencapai -200C (duuh nggak kebayang super dupeer dingiiiin di sana)

Permainan Edukatif Printables Planet Mochi



Acara Liburan ke Planet Mochi persembahan Paddle Pop makin seru karena anak-anak bisa membuat kreasi dari printables. Aira, anak kedua saya yang saya ajak nonton acara ini senang banget ketika saya ajak membuat kreasi printables ini. Berikut ini adalah kreasi yang kami buat bersama:

DIY Roket Sedotan







Cara membuat roket sedotan ini mudah banget, apalagi bahan-bahannya juga udah tersedia di rumah. Tinggal eksekusi aja, cepat banget bikinnya. Adapun bahan-bahannya sebagai berikut:

  • sedotan kertas atau plastik yang lurus
  • satu lembar kertas HVS dan printables gambar roket
  • gunting kertas
  • isolasi double tape (kebetulan di rumah habis, jadi saya pakai isolasi biasa)

Cara membuat:

  • gunting gambar roket dan kertas HVS dipotong kecil dengan ukuran separuh dari panjang roket
  • gulung kertas lalu rekatkan dengan isolasi double tape, buat satu sisi gulungan kertas tertutup
  • double tape yang di gulungan kertas dibuka lalu direkatkan di gambar roket
  • setelah merekat, masukkan sedotan ke dalam gulungan tersebut
  • coba tiup sedotannya hingga roket meluncur ke Planet Mochi

Roket dari Mochi




Kalau roket yang ini kita membuatnya dari es krim Mochi Paddle Pop. Anak-anak paling suka berkreasi dengan makanan sebab setelah mainannya jadi bisa langsung dimakan es krimnya hehehe

Bahan yang dibutuhkan antara lain:

  • 3 buah es krim Mochi Paddle Pop
  • printables gambar kepala roket
  • piring kecil
  • meses warna-warni
  • gunting kertas
  • isolasi

Cara membuat:

  • gunting gambar kepala roket dan bentuk dengan merekatkannya menggunakan solasi
  • membuat badan roket dari 3 es krim Mochi yang ditumpuk di atas piring
  • taruh kepala roket di bagian paling atas badan roket
  • taburi bagian dasar piring dengan meses warna-warni

Itulah cerita keseruan kami liburan ke Planet Mochi bareng Nana Mirdad dan Andre White sekeluarga serta Mungilmu.  Senang bisa ikutan dalam acara yang seru dan edukatif ini, Aira mendapatkan pengetahuan baru tentang nama-nama planet. Apalagi dia juga berkreasi menggunakan printables Mochi yang mengasah kreatifitas dan motorik halusnya. Semoga sharing saya ini bermanfaat, terimakasih. 

46 comments:

Tak Hanya Cek Kendaraan Sebelum Pergi, Intip 4 Cara Menghindari Kecelakaan Lalu Lintas

08.21 Ivonie 23 Comments

 

Sumber Foto : Freepik.com

Ada banyak faktor yang menjadi penyebab kecelakaan lalu lintas. Oleh karena itu, sebagai pengendara kamu diharuskan untuk mawas diri dan tetap waspada akan hal hal yang bisa terjadi. Sebagai bentuk antisipasi, berikut ini beberapa cara menghindari kecelakaan lalu lintas yang perlu kamu perhatikan.


1. Menjaga Jarak dengan Kendaraan Lain


dok. Pribadi




Untuk menghindari kecelakaan lalu lintas, menjaga jarak dengan kendaraan lain menjadi salah satu hal yang terpenting. Sehingga, kamu pun perlu memastikan jarak antara kendaraan satu dengan yang lain tidak terlalu dekat. Hal ini bertujuan untuk menghindari adanya kecelakaan, terutama kecelakaan beruntun di tol.

Selain itu, kecepatan antar kendaraan juga perlu diperhatikan. Hal ini dikarenakan banyak pengemudi yang sekarang mulai abai dengan keselamatan dengan melajukan kendaraan dalam kecepatan yang tinggi terutama saat mengendarai di jalan tol.

Banyak diantara mereka beralasan sedang terburu-buru. Namun hal tersebut dapat menyebabkan kecelakaan dan memiliki dampak yang negatif.

2. Memastikan Kondisi Kendaraan Dalam Keadaan Baik

Sebelum kamu melakukan perjalanan, pastikan bahwa kendaraan yang kamu tumpangi dalam keadaan dan performa yang baik. Hal ini sebagai salah satu cara menghindari kecelakaan lalu lintas.

Oleh karena itu, kamu wajib untuk melakukan pengecekan seperti oli, mesin hingga tekanan angin yang terdapat pada ban kendaraan kamu.

Hal-hal tersebut sebagai langkah antisipasi agar nantinya kamu bisa berkendara dengan aman, nyaman dan menghindari terjadinya kecelakaan.

Ketika kamu melakukan pemeliharaan dan pengecekan sejak ini, hal tersebut akan mampu menjadi salah satu bentuk deteksi dini agar tidak menimbulkan kejadian yang tidak diinginkan.

3. Berkendara Dalam Keadaan yang Fit




Bagi kamu yang sedang berkendara, tak hanya perlu mengecek kondisi mobil atau motor saja. melainkan, kamu juga perlu memastikan bahwa kamu menyetir dalam keadaan yang sehat.

Hal ini bertujuan agar nantinya kamu terhindar dari kecelakaan lalu lintas yang mampu menyebabkan cacat maupun meregang nyawa.

Sehingga, sebelum kamu berkendara pastikan kondisi tubuh dalam keadaan yang sehat dan bugar.

Selain itu, pastikan juga kamu tidak dalam efek obat maupun alkohol yang bisa menyebabkan kantuk maupun kehilangan fokus. Cara menghindari kecelakaan lalu lintas ini bisa kamu lakukan dan terapkan untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

4. Berada di Jalur yang Sesuai

Ketika kamu berkendara, pastikan kamu untuk mengurangi terjadinya distraksi atau gangguan ketika berkendara. Hal ini bisa dilakukan dengan lebih fokus dan melihat jauh ke depan.

Fokus tersebut akan bertujuan untuk melihat apakah terdapat bahaya yang ada di jalan raya. Hal ini sebagai bentuk langkah antisipasi yang kamu lakukan untuk hindari kecelakaan.

Selain itu, kamu pun perlu untuk membiasakan agar tidak berpindah-pindah jalur dengan semena-mena.

Kamu perlu membiasakan diri untuk berada di satu jalur dan melakukan antisipasi apabila berhadapan dengan pengemudi yang kerap kali berpindah jalur seenaknya.

Jika kamu menemukan pengemudi yang melakukan hal tersebut, lebih baik kamu segera menjauh sebagai cara menghindari kecelakaan lalu lintas.

Oke teman-teman Itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menghindari terjadinya kecelakaan lalu lintas. Untuk meminimalisir setiap resiko, kamu bisa mendaftar asuransi kecelakaan diri dari Garda Me memberikan perlindungan utama berupa santunan meninggal dunia atau cacat tetap keseluruhan akibat kecelakaan yang terjadi.

 

23 comments: