XL Axiata Peduli 27 UMKM Perempuan di Kota Malang

07.15 Ivonie 32 Comments

 


Acara pelatihan "Dukung Efektivitas Pemanfaatan Modal UMKM Perempuan" yang diselenggarakan oleh XL Axiata Peduli bekerja sama dengan Sisternet telah dimulai dengan penuh semangat di Bale Bagus, Ubud Cottages Malang. Acara yang berlangsung selama 3 hari, mulai dari tanggal 6 November hingga 8 November 2023, menghadirkan kombinasi pelatihan offline dan online untuk mendukung UMKM Perempuan.

Acara pelatihan offline ini diawali dengan sambutan hangat dari Dodik Ariyanto, Group Head East Region XL Axiata, yang menyampaikan komitmen XL Axiata dalam mendukung UMKM perempuan sebagai bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR). Acara ini juga dihadiri oleh perwakilan walikota Malang, Drs. Alie Muliyanto, M.M., sebagai staf ahli walikota Malang.

Pemberian Modal dan Seleksi Ketat

XL Axiata, melalui Program CSR-nya, telah memberikan dukungan modal kepada 27 UMKM Perempuan terpilih di Kota Malang. Total modal yang disalurkan mencapai 150 Juta Rupiah. Seleksi ketat dilakukan untuk memilih UMKM yang layak mengikuti pelatihan ini, dan para peserta berasal dari kelompok UMKM yang beragam, termasuk Yayasan Benih Baik, Peak Performance.id, Koperasi Amangtiwi, Reseller Unofficial, Momdigipreneur, serta BloggerCrony.

 

Narasumber dan Materi Pelatihan




1.       Pelatihan offline ini diisi oleh narasumber yang berkompeten di bidangnya:

2.       Bu Shanti Maya, S.Psi. CHRP: Co-founder Peak Performance Indonesia, membawakan sesi "Teman Bertumbuh Wanita".

3.       Tyas Windarti: Mentor UMKM, Business Practitioner, dan Founder Reseller Unofficial.

4.       Nadhifa Delila: Digital Marketing Specialist.

5.       Akbar Muhibar: Fasilitator Literasi Digital BloggerCrony.

Materi pelatihan melibatkan aspek-aspek penting seperti manajemen bisnis, pemasaran digital, dan literasi digital, yang diharapkan dapat memberikan bekal yang cukup untuk kemajuan UMKM Perempuan.

Pemanfaatan Modal dan Rangkaian Pelatihan Online




Pemberian modal oleh XL Axiata merupakan langkah awal dalam mendukung efektivitas pemanfaatan modal UMKM Perempuan. Setelah pelatihan offline berakhir, peserta juga akan melanjutkan pelatihan online selama 3 bulan, mulai bulan November hingga Februari 2024. Ini diharapkan dapat memberikan pemahaman mendalam dan mendukung perkembangan bisnis para UMKM Perempuan.

Acara pelatihan ini menjadi momentum berharga dalam mendukung perempuan pengusaha mikro di Kota Malang, memperkuat bisnis mereka, dan memberikan dampak positif bagi ekonomi lokal. Semoga, pemberdayaan UMKM Perempuan ini akan terus menjadi fokus bagi berbagai pihak untuk menciptakan perkembangan yang berkelanjutan.

Selain mengenalkan para peserta dengan pengetahuan bisnis dan keterampilan digital, acara ini juga menjadi ajang networking yang sangat berharga. Para peserta dapat saling bertukar ide, membangun kolaborasi, dan menciptakan sinergi yang dapat membawa UMKM mereka ke tingkat yang lebih tinggi.

 

Ubud Cottage Malang yang Istimewa




Saya senang banget ketika tahu acara ini diadakan di Ubud Cottages Malang, sebab hotel ini memiliki reputasi yang cukup baik di Malang. Sebagai tempat pelaksanaan pelatihan offline, Ubud Cottages Malang memberikan pelayanan maksimal dengan kebersihan yang sangat baik. Fasilitas yang disediakan pun sangat memadai, mencakup ruang pelatihan yang nyaman, area istirahat yang menyenangkan, dan fasilitas teknologi yang mendukung kelancaran acara.

Ambience Ubud Cottages Malang juga patut diacungi jempol. Dengan sentuhan dekorasi yang khas Bali, para peserta benar-benar merasakan pengalaman seperti berada di pulau dewata. Suasana yang tenang dan alami di sekitar Ubud Cottages Malang memberikan tambahan nilai bagi acara ini, menciptakan lingkungan yang mendukung pembelajaran dan interaksi antar peserta.

Dengan demikian, acara pelatihan "Dukung Efektivitas Pemanfaatan Modal UMKM Perempuan" yang diadakan oleh XL Axiata Peduli x Sisternet di Ubud Cottages Malang bukan hanya menjadi ajang pembelajaran bisnis, tetapi juga menjadi momen berharga untuk membangun komunitas dan menginspirasi pertumbuhan UMKM perempuan di Kota Malang. Semoga modal yang diberikan dapat memberikan dorongan signifikan bagi bisnis para perempuan pengusaha kecil ini dan mendorong pertumbuhan ekonomi lokal yang berkelanjutan.

 

 

 

 

32 komentar:

  1. XL selalu aktif untuk berbagi kebaikan ya :D

    BalasHapus
  2. Wow, XL Axiata ini keren banget program CSR nya. Selain memberikan modal kepada UMKM terpilih, ternyata menyelenggarakan berbagai pelatihan untuk usaha agar meningkat pesat baik secara offline maupun online. Semoga dapat berkesinambungan nantinya aamiin.

    BalasHapus
  3. Inget Ubud Cottage jadi inget dapet panggilan dari Bu Yudha almarhum untuk make up karyawannya untuk buat portofolio hotel. Dua kali dipanggil ksana. Eh pernah juga staycation di sana, eh jadi curcol.
    Emang keren acara XL Axiata untuk UMKM di Malang. Semoga perjalanan pelatihan untuk UMKM terpilih berjalan lancar

    BalasHapus
  4. UMKM UMKM terntunya amat sangat membutuhkan dukungan seperti ini. Dan apa yang dilakukan oleh XL Axianta ini harus kita dukung penih. Apalagi menghadirkan narasumber narasumber terpercaya

    BalasHapus
  5. Keren nih XL, mendukung para perempuan supaya terus berkarya! Semoga program XL kedepannya menjangkau area disini ya. AAmiiin

    BalasHapus
  6. Wahh seru banget ya acaranya, ada pelatihan offline dan onlie buat ngedukung UMKM Perempuan. Narsumnya juga expert banget ya mba. Apalagi di Malang kan mulai banyak bermunculan UMKM baru yang butuh peendampingan, ikutan acara ini pasti nambah wawasan banget. Next semoga bisa gabung huhuhu.

    BalasHapus
  7. Hebat nih UMKM dapat bantuan biar usaha lebih maju lagi .dulu mpo juga pernah ikutan sister net XL berkumpul dengan teman komunitas yang menggeluti passion yang sama

    BalasHapus
  8. Pelatihan yang sangat bermanfaat. Salut sama kerjasama XL Axiata dan sisternet.
    Karena bekal terbaik untuk memajukan UMKM adalah berjejaring, ilmu serta modal.

    BalasHapus
  9. sebagai pengguna XL dari 2013 aku merasa bangga deh dengan bagaimana XL Axiata peduli terhadap UMKM perempuan di Indonesia

    BalasHapus
  10. Bagus banget ini programnya XL Axiata dengan memberikan pelatihan bagi pelaku UMKM wanita di Kota Malang. Semoga setelah pelatihan "Dukung Efektivitas Pemanfaatan Modal UMKM Perempuan" dapat memberikan semangat untuk pelaku UMKM Malang ya.

    BalasHapus
  11. Mantul nih programnya mendukung pengusaha UMKM khususnya yang perempuan dengan pendanaan/ modal supaya lebih bisa membesarkan bisnisnya gitu ya. Kalau ada acara2 kyk gini selain nambah pengetahuan ttg bisnis juga bisa networking siapa tahu bisa kolaborasi juga yaa.

    BalasHapus
  12. Salut ama XL Axiata yg konsisten mendukung perkembangan UMKM yg dikelola perempuan. Semoga makin luas efek dominonya, dan makin banyak perempuan yang makin berdaya. Btw, mbak.. Kapan2 review hotelnya dong. Aku kok jd penasaran ama hotel ini

    BalasHapus
  13. Seru dan pasti makin menambah ilmu buat pesertanya terutama yg menggeluti UMKM. Semoga dari pelatihan ini para peserta makin bisa mengembangkan usahanya dan makin update pengetahuannya.

    BalasHapus
  14. Cakep banget program CSR XL. Semoga semakin maju UMKM di Indonesia. Perempuan Indonesia juga semakin berdaya.

    BalasHapus
  15. Saatnya UMKM naik kelas. Saatnya ibu-ibu hebat menghasilkan produk yang unggul. Semoga semakin banyak lagi acara sejenis sehingga dapat melahirkan UMKM baru yang akan membuat perekonomian Indonesia semakin kuat.

    BalasHapus
  16. XL nih emang keren, beberapa kali udah sering tau soal program peduli UMKM-nya. Hebat lah UMKM Indonesia semoga makin maju dan berjaya, perekonomian kuat.

    BalasHapus
  17. bagus banget nih programnya UMKM bisa memberdayakan perempuan sehingga mandiri dan bisa menaikkan derajat keluarganya

    BalasHapus
  18. Salut dengan XL dan Sisternet yang konsisten bantu UMKM. Dulu awal ada event di Jakarta, di kantornya XL. Aku ikut pelatihan fotografi, mentornya fotografer terkenal yang udah biasa kerja sama artis, gratis pula.

    BalasHapus
  19. Semoga pertumbuhan UMKM ke depannya makin bagus nih dengan dukungan seperti ini. Siapa tau kan yaa... pebisnis andal di masa depan berawal dari pendampingan yang dilakukan begini.

    BalasHapus
  20. Wah bagus banget programnya ya, jadi angin segar untuk para pengusaha UMKM agar bisa bangkit lagi berkarya setelah pandemi usai dan juga resesi...

    BalasHapus
  21. XL keren banget nih programnya membantu umkm semakin berkembang, jadi kabar baik pula bagi umkm yang sempat meredup karena pandemi beberapa tahun kebelakang, menjadikan umkm bangkit kembali dan lebih baik dari sebelumnya.

    BalasHapus
  22. Salut buat XL Axiata yang mendukung UMKM dengan pemberian modal diikuti dengan pelatihan terkait bisnis dan keterampilan digital. Secara ya, kondisi UMKM lokal sempat menurun pada dua tahun pertama pandemi Covid-19. Semoga ini bisa jadi penyemangat UMKM untuk terus bertumbuh ~

    BalasHapus
  23. Alhamdulillah XL ikut peduli dengan UMKM Indonesia, insyaaAllah abis ini para pelaku UMKM wanita ini makin sukses bisnisnya ya maaaaaak.. Semoga semakin banyak lagi pihak yang peduli dengan perkembangan UMKM Indonesia

    BalasHapus
  24. Terima kasih XL atas dukungannya. Semoga barokah dan menebar manfaat yang besar bagi masyarakat

    BalasHapus
  25. Alhamdulillah ya kalau ada intensifnya juga jadi para pengusaha UMKM makin maju. Apalagi pembicara di acara ini juga expert di bidangnya.

    BalasHapus
  26. wih mantul banget bisa dapet pendanaan UMKM dari XL. Pengen juga dong buat usaha aku, gimana caranya mba

    BalasHapus
  27. keren banget, semoga berkah dan makin lancar jaya ya mbak bisnis umkmnya. untuk xl, adain di palembang juga dongg.. biar umkm di sini juga bisa berkembang

    BalasHapus
  28. Acara XL Axiata Peduli yang bekerja sama dengan Sisternet sangat insighful yaah..
    Karena ini yang dibutuhkan oleh UMKM perempuan, untuk senantiasa bisa berkembang di tengah gempuran sosial media yang bisa menjadi lahan untuk usaha bertumbuh di era digital..

    BalasHapus
  29. Semoga dengan adanya program dari XL Axiata itu dapat terus membangkitkan UMKM Indonesia semakin terdepan. Produk lokal terus bergaung tidak kalah dengan produk luar

    BalasHapus
  30. Senang yaaa kalau perempuan diberikan support untuk terus berkembang. Saat ini UMKM bisa dijadikan tonggak kokohnya perekonomian masyarakat jika bertumbuh dengan positif.

    BalasHapus
  31. Seneng banget kalo perempuan di support kayak gini. jadinya, perempuan bisa makin berkembang.

    BalasHapus
  32. XL Axiata memang selalu berkomitmen untuk menggandeng para wanita dengan segala maccam program termasuk pendanaan usaha juga ada. komunitas blogger sekaligus usahawan yg digandeng mereka juga ada seingetku mba.

    BalasHapus